Entrepreneur

Bisnis Kreatif Kang Miing Sasar Anak Muda

kaos ukm

Bicara mengenai UKM sekarang ini, banyak  anak-anak muda yang kreatif menciptakan peluang usaha untuk dirinya sendiri dan untuk orang lain. Contohnya saja kreatifitas teman saya yang biasa dipanggil Kak Miing, berawal dari hobi desain dan mengumpulkan barang-barang yang unik, akhirnya ia mempunyai ide kreatif  membuat kreasi barang-barang unik dengan desainnya sendiri.

Awalnya Kak Miing masih membuat satu produk saja yaitu tote bag. Dengan modal seadanya, ia mencari bahan berupa kain dan kemudian dijahit dengan bantuan temannya kemudian didesain dan akhirnya disablon.  Penjualan juga tidak dilakukan melalui online ataupun Bukalapak karena pasti membutuhkan modal lebih besar. Tetapi karena hasil jahitan yang rapi dan desain juga bagus kekinian anak muda, makanya produknya banyak direspon  kalangan muda. Pemasarannya hanya dari mulut ke mulut dan antar teman. Merembet akhirnya pada permintaan via media sosial.

bisnis kreatif

tote bag

 

Untuk mendekatkan dengan segmen anak muda dan mengetahui selera pasar, Kang Miing   mengambil inisiatif membuka lapak setiap hari Minggu mulai sore sampai malam di kawasan Pasar Lama Tangerang. Setiap hari Minggu di kawasan ini diadakan PAMUMINGSOLAM singkatan dari Pasar Muda Minggu Sore Sampai Malam). Di lapak ini, nggak hanya Kak Miing  yang menggelar dagangan, tetapi anak muda kreatif lain yang memiliki barang-barang unik juga turut menggelar lapak. Permintaan pun deras mengalir, tak sebatas totebag, sekaligus juga topi yang di sablon dengan desain  apik, pouch dengan  berlogo sosial media juga kaos yang di desain bertuliskan berbagai inspiratif.

bisnis kreatif

pouch

Permintaan yang banyak tentu saja harus diseimbangkan dengan  stock bahan baku pembuatan. Modalnya juga nggak dipungkiri, banyak. Untuk menyiasatinya, Kak Miing membuat beberapa produk dengan stock terbatas. Misalnya untuk tote bag hanya dibuat 15 item, pouch 6 item, kaos juga cuma selusin. Tapi justru kesannya seperti barang limited edition, padahal ini cuma siasat untuk memenuhi permintaan pelanggan.

bisnis kreatif anak muda

kaos

Mengenai harga dari masing-masing item berbeda.  Tote bag  ada yang dipatok seharga 50 ribu, menurut saya ini sangat terjangkau karena bahan yang digunakan bagus dan tebal, jahitannya rapi belum lagi desainnya  kece. Pouch berlogo sosial media dijual seharga 20-30 ribu, topi yang desainnya sesuai keinginan dipatok 50 ribu. Saya sudah beberapa kali membeli produk Kak Miing karena  suka dengan kreatifitasnya.

Saya pernah bertanya “kenapa nggak buat tote bag nya sekalian banyak kan pembeli bisa milih” ? Langsung ia angkat tangan dan nyeletuk “nyerah kak, nggak kuat modal” sambil tertawa.

Sangat disayangkan kalau bisnis kreatif anak muda seperti ini tidak dikembangkan, menurut saya ide-ide kreatif seperti ini mesti ditularkan ke anak muda lain. Apalagi produknya banyak digemari.  Menurut hemat saya produk seperti ini cocok masuk ke sudut-sudut ruang publik seperti bandara. Tinggal diciptakan desain yang cocok untuk dijual di tempat yang strategis yang menjadi lalu lalang para traveller di dalam dan luar negeri. Seandainya UKM seperti ini diberi ruang saya yakin mereka bisa berkembang.

tutyqueen

Traveller, Blogger,Social Media Enthusiast, Like Photography

Latest posts by tutyqueen (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regranned from @polytron.communityid -  Yeay! Workshop Polytron Community ID:'Explore Indonesia & Grow your Social Media with Prime 7 #BREAKRESISTANT' bersama Ashari Yudha, Traveller Blogger @catatanbackpacker baru saja selesai. Terima kasih untuk teman-teman di Bekasi yang sudah berkenan hadir dan belajar. Sampai jumpa di kota lain!

#Prime7 #BREAKRESISTANT #PrimeSeries #Polytron #PolytronIndo #PolytronSmartphone

PolytronPrime.com - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top