Blogging

Birthday Trip: Sebuah Cara untuk Mengucap Syukur

Setiap tanggal 1 November, biasanya gue akan melakukan sebuah petualangan atau perjalanan seorang diri. Ya, seorang diri! Karena momen tersebut merupakan hari yang sangat berarti bagi gue. Ya, 1 November is MY BIRTH DAY! Gue pengen melakukan sebuah perjalanan sambil refleksi diri seorang diri. Entah kenapa, pada momen tersebut gue bisa benar-benar merewind semua perjalanan hidup gue sampai memasuki usia yang baru. Kalau boleh jujur, usia memang terkadang bisa membuat orang jauh lebih dewasa dalam bertindak, berpikir dan juga dalam menyikapi hidup. Seperti yang gue rasakan.

Gue merasa banyak berubah. Bahkan jauh berubah jika dibandingkan dengan masa-masa dimana gue merasa diri gue menjadi bukan diri gue yang sesungguhnya. Ya, gue masih suka hedon dan berkumpul dengan orang-orang yang ternyata menurut gue tidak penting. Setiap ulang tahun yang gue cari hanya ke-ria-an semata. Senang-senang, pesta, hura-hura dan endingnya TEPAR alias mabok. Setiap tahun ritual itu sering gue lakukan bersama teman-teman yang tadinya gue anggap baik. Pergi ke kota lain, Negara lain, ke pulau lain hanya sekedar untuk party. Tapi, ternyata they are not good buddies. They are bulshit! Yang akhirnya gue memilih menjauh dan menemukan teman-teman yang memiliki jiwa dan visi misi yang lebih manusiawi dan memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk sesama ciptaan Tuhan.

Hmm, terkesan bangga bukan?

Sebenarnya gue bukan bangga. Justru sedikit malu jika mengingat kejadian stupid yang pernah gue lakukan. Padahal momen sakral tersebut seharusnya gue mengucap syukur karena masih diberi umur yang panjang untuk bisa menikmati dunia ini. Masih bias merayakan hari lahir dalam keadaan sehat walafiat.

Life is changes…

Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut pun akhirnya gue Hempaskan dalam agenda hidup gue. Setelah merenung dan meresapi apa makna pergantian tahun yang sesungguhnya, maka gue pun mulai melakukan intropeksi dan refleksi diri seorang diri. Setiap menjelang pergantian tahun, gue memilih mengasingkan diri dari teman-teman. merencanakan perjalanan seorang diri. Mungkin dengan cara inlah gue bisa mengucapkan terimakasih yang lebih “khusuk” pada sang Maha Pencipta. Bukan lagi hura-hura berkumpul bersama teman-teman. Meski pada momen tersbeut banyak teman yang mencari dan menagih untuk party. Hello!!!! Ngana pikir gue anak juragan?!

Ada beberapa momen seru yang gue rasakan saat Birthday Trip adalah, ketika gue sedang berada di Vietnam. Gue menjelajahi Negara Uncle Ho itu seorang diri. Hingga akhirnya gue tiba di sebuah desa kecil yang disebut SAPA. Berada di Vietnam utara. Desa yang terletak dibawah gunung dan berbukitan itu benar-benar sangat indah. Gue melakukan trekking bersama beberapa turis asing lainnya. menjelajahi bukit-bukit tersebut dengan suhu udara yang cukup dingin. Gue berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai Negara. Senangnya di momen Ultah gue mendapatkan teman baru, cerita baru dan pengalaman hidup yang baru juga. Amazing bukan?

Begitu juga ketika gue berada di Hongkong, Bangkok, Singapura, Korea, Manado, Medan, Bali, Lombok dan beberapa kota dan negara lainnya. Gue benar-benar mencari momen yang “bermanfaat” bagi hidup gue sebagai bahan renungan, bahwa hidup itu harus disyukuri. Harus dinikmati dan juga harus bisa menyadari kalau In God, we are nothing! Ya, dimata Tuhan kita tidak ada apa-apanya. Jadi nggak perlu sombong. Toh akhirnya kita akan mati juga. So, selama masih hidup pakailah hidup Anda bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jangan egosi kalau kita yang terbaik. Agama kita terbaik dan kita yang bakalan masuk surga dan sebagainya. Tidak ada jaminan Anda atau gue bakal masuk surga kalau kelakuan kita sema hidup saja mencerminkan keburukan. Hmmm… Kok jadi ceramah nih gue?

Pengalaman seru lainnya, dalam Birthday trip, ketika gue memiliki kota KEBUMEN sebagai kota tujuan. jujur, meski sudah besar begini, gue masih asing dengan nama Kebumen. Apa itu? Dimana itu? dan apa yang menarik disana? Karena penasaran, gue mulai googling ke mbah. Ternyata, di Kebumen banyak tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi. Maka, berangkatlah gue kesana. Tidak pakai mobil, tidak naik pesawat, melainkan naik kereta Ekonomi.

Kenapa??

Ya, karena gue benar-benar kepengen menemukan makna sebuah perjalanan. Bukan untuk gaya-gayaan. Karen ague yakin, dalam setiap perjalanan hidup, Tuhan menyelipkan sebuah pelajaran hidup juga. Dan ternyata dugaan gue tidak keliru. Sepanjang perjalanan, gue berkenalan dengan seseorang asli Kebumen viagra comprar online. Ngobrol ngalur ngidul dan dia memberikan pencerahan pad ague akan kota Kebumen. Tempat-tempat indah seperti pantai dan goa serta wisata alam lainnya pun dia beberkan.

img_5751

Dan, satu hal…

Dengan berbaik hati, dia menawarkan diri untuk menjadi guide-nya selama trip di Kebumen. Serta menawarkan rumahnya menjadi tempat tinggal gue. Hebat bukan? Semua benar-benar unpredictable.

Tapi, ada hal yang lebih membuat gue speechlees adalah, ketika tiba di rumahnya, bertemu sama kedua orangtua yang sudah sangat renta. Dirumah yang sangat sederhana (karena gue tidak mau menyebutnya miskin). Kehidupan yang sangat pas-pasan namun “KAYA” akan kebahagiaan. Keluarga yang dianggap miskin, namun disana gue menemukan bergelimangan kebahagiaan. Dengan kehidupan yang sangat pas-pasan, kedua orangtua renta senantiasa menyuguhkan gue hidangan hasil olahan sendiri. Masak pakai kayu bakar. Menanak nasi pakai tungku yang sudah hitam legam. Namun rasanya nikmattt sekali.

Menjelang mahgrib mereka sholat berjamaah. Gue hanya bisa menatap dan memandang dengan haru. Karena Tuhan telah memberikan gue saudara dan orangtua baru yang benar-benar begitu baik hati.

Perjalanan hidup itu tidak bisa kita tebak. Jika kita berbuat baik, Tuhan juga akan memberikan yang terbaik. bahkan dibalik setiap cobaan sekalipun terselip maksa hidup yang sesungguhnya.

Bagaimana dengan tahun ini? Apakah gue akan melakukan perjalanan? Berhubung agenda kerja yang cukup padat, maka memasuki usia baru ini gue “terjebak” dirutinitas kerjaan. Namun, akan gue bayar di weekend depan. Mungkin gue akan naik gunung sebagai cara untuk intropeksi dan merefleksikan diri.

So, do good and good will come to you! Happy Birthday To Me… (Smile…)

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top