Indo Blog Net

Agama

Bersuci dengan Tayamum

tata cara tayamum

Ketika sakit, kesucian dalam beribdah harus tetap dilakukan. Meskipun penyakit yang diderita tidak membolehkan badan terkena air, tetapi bila hendak beribadah harus dalam keadaan suci. Lalu, bagaimana orang yang dalam keadaan sakit bisa bersuci?

Dalam keadaan sakit memang tidak mudah untuk bersuci, apalagi kalau sakit parah. Tetapi, kewajiban shalat tidak bisa ditinggalkan, termasuk bersuci yang menjadi syarat sah shalat. Cara bersuci dari hadas adalah dengan berwudhu.

Kewajiban Bersuci

Allah Swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah [5]: 6)

Rasulullah Saw bersabda, “Allah tidak menerima shalat salah seorang di antara kalian jika berhadas sampai dia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tata cara melakukan wudhu, yaitu niat, membasuh muka dengan air, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap kepala, membasuh kedua kaki hingga kedua mata kaki, dan terti serta berurutan.

Namun, jika dalam keadaan safar atau sakit yang tidak membolehkan terkena air, maka cara membersihkan hadas dengan tayamum.

Tayamum ini cara bersuci mengganti wudhu atau mandi wajib jika tidak memungkinkan menggunakan air, baik untuk shalat maupun thawaf.

Allah Swt berfirman, “Dan jika kamu sakit, sedang dalam musafir, datang dari tempat buang air, atau kamu telah menyentuh perempuan kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci). Sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (QS. An-Nisa [4]: 43)

Tayamum dilakukan dengan menggunakan debu yang suci dan segala sesuatu yang sejenis dengannya, seperti pasir, kerikil dan kapur. Allah Swt berfirman, “Maka bertayamumlah kalian dengan tanah yang baik (suci).” (QS. An-Nisa[4]: 43)

Cara melakukan tayamum adalah menepukkan kedua telapaj tangan ke dinding atau permukaan sesuatu yang berdebu, lalu meniup dan mengusap kedua telapak tangannya ke wajah, kemudian ke telapak tangan kiri sampai pergelangan dan sebaliknya.

Jabir r.a. meriwayatkan bahwa suatu ketika ia dan sahabat lainnya bepergian. Di perjalanan, salah seorang di anatara kami tertimpa batu hingga kepalanya luka. Orang tersebut mimpi basah lalu ia menceritakan hal tersebut dan bertanya, “Apakah saya mendapatkan kkeringan untuk tayamum?”

Salah seorang di antara kami pun menjawab, “Tidak ada keringanan bagimu, karena kamu masih bisa menggunakan air.”

Setelah mendengar jawaban temannya, sahabat yang terluka pun mandi. Akan tetapi, tak lama setelah mandi ia meninggal dunia. Ketika bertemu Rasulullah Saw, kami menceritakan peristiwa tersebut kepadanya. Rasulullah Saw bersabda, “Kalian telah membunuh laki-laki itu, maka Allah pun membunuh kalian. Mengapa kalian tidak bertanya jika tidak tahu? Sesungguhnya obat keboodohan adalah bertanya. Padahal, orang yang terluka itu bisa dengan cara tayamum. Ia bisa mengeringkan darahnya atau membalut lukanya dengan kain, kemudian mengusap bagian atasnya. Setelah itu lalu membasuh seluruh tubuhnya.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ad-Daruquthni)

Wudhu atau tayamum merupakan syarat sah shalat. Bagi orang yang dalam keadaan sakit, bisa bersuci dengan wudhu jika penyakit yang diderita masih memungkinkan terkena air, tetapi jika penyakitnya tidak boleh terkena air, maka bisa dengan cara tayamum. Bagaimanapun, agama itu mudah dan tidak menyulitkan. Siapa yang memberatkan drinya, maka itu sama dengan menyulitkan diri sendiri.

Sumber foto : www.dailymoslem.com

Latest posts by Yulia Rahmawati (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • SEO Knowledge – Write Better CONTENT 😍
.
Guys, writing content should above all else be pleasant for you, okay 😉 Then you can create epic content that will appeal to your readers and become popular
.
Millions of articles have already been written, and thousands of new articles appear every day
.
Always create your content with a specific strategy in mind 🤓
.
You’ll get help from:
.
✔ Keyword/topic research
✔ Evaluating keyword competition
✔ On-page SEO
✔ Link building (hint: friendship!)
.
When you create content, always do some research. Find keywords over which you can compete 🕵
.
Try to create the best content possible in order to leave your competitors far behind. Conduct additional research, and your experience will give you an edge
.
Learn the intents of your users. Determine what they want to get and what problem they are trying to solve 🤔
.
It’s important to create better content that will excite your readers. So they won’t feel the need to search for other websites or additional information
.
Always try to give the most exhaustive and relevant answers. This will be valued by both your readers and search engines ❤
.
Search traffic doesn’t depend on how often you publish new content. It depends on the quality of the content, and how it’s promoted
.
So create the best possible content and share it with the world, Guuuys!! 🎉🎉
.
Credit: meerakothand.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top