Indo Blog Net

Kuliner

Berbagai Manfaat Dibalik Hangatnya Wedang Sekoteng

Berbagai Manfaat Dibalik Hangatnya Wedang Sekoteng

Dulu ibuku suka sekali bikin sekoteng. Apalagi di Bandung kota yang berhawa dingin minum sekoteng paling cocok. Tapi aku sih kurang suka dengan rasanya. Kalaupun minum hanya ambil segelas saja tanpa nambah lagi. Namun akhirnya aku bisa berubah jadi menyukai sekoteng. Ini semua gara-gara saat kuliah harus bikin laporan sosiologi dan harus menginap di kosan temanku.

Nah, namanya kerja kelompok kadang gak efisien, banyak ngobrolnya. Hingga sudah jam 11 malam tapi laporan belum selesai, padahal besok pagi harus dikumpulkan. Saat itu gerimis dan tukang sekoteng lewat. Temanku memangil abang penjualnya dan minumlah aku di sana. Entah karena memang hawanya lagi dingin dan perut butuh yang hangat-hangat rasanya sekoteng kok jadi enak. Mulai saat itu aku jadi suka sekoteng.

Minuman Sekoteng

Sekoteng itu minuman khas Jawa Tengah dengan rasa jahe dan dihidangkan dalam keadaan panas. Dan untuk isinya bisa ditambahkan roti, pacar cina, kacang tanah atau kacang hijau. Kalau orang Jawa sekoteng itu artinya nyokot weteng yang mempunyai arti menggigit perut. Dan sekoteng ini sebenarnya adalah minuman tradisi Cina. Karena istilah sekoteng juag berasal dari bahasa Hokkian  su kho tung atau si guo tang, isinya buah-buahan yang terdiri dari empat buah.

Di Cina sendiri terdiri dari empat buah yang dikeringkan seperti kacang , buah jali, kelengkeng dan biji teratai. Nah karena su kho tung ini oleh lidah orang Indonesia susah dilafalkan, akhirnya jadilah sekoteng. Selain namanya beda bahan isinya juga jadi berbeda sama sekali. Karena di Indonesia sudah disesuaikan dengan bahan dan buah yang ada di Indonesia.

Manfaat Minuman Sekoteng

Jadi sekoteng ini minuman asal negeri Cina, dan ternyata ada banyak manfaat meminum sekoteng, yaitu:

  1. Menghilangkan pusing. Hal ini karena terdapat jahe dalam sekoteng yang berguna meringankan pusing dengan cara melancarkan aliran darah ke otak. Dan juga bisa meringankan mual.
  2. Menghilangkan rasa nyeri saat haid. Jahe yang ada di sekoteng mempunyai kemampuan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Khasiat jahe bisa disamakan dengan ibuprofen atau asam mefenamat.
  3. Mencegah morning sickness. Jahe bisa meminimalisir morning sickness pada ibu hamil.
  4. Mengatasi Osteoporosis. Senyawa kimia yang ada dalam sekoteng mempunyai kemampuan untuk mengurangi zat kimia yang mampu memicu peradangan di sendi dan merangsang tubuh menghasilkan asam salisilat yaitu zat yang bisa menghilangkan rasa sakit.
  5. Mual dan muntah paska operasi.

Namun perlu hati-hati mengkonsumsi sekoteng, karena ada efek samping yang pada setiap orang akan berbeda. Misal pada ibu hamil, ibu menyusui atau penderita diabetes. Tapi kalau tidak ada efek negatif tentunya sekoteng adalah minuman yang menyehatkan.

Resep Minuman Sekoteng

Mau membuat sekoteng sendiri? Maka kita butuh bahan-bahannya terlebih dahulu seperti:

Bahan pelengkap:

  1. 75 gram kacang tanah (yang sudah digoreng).
  2. 75 gr biji delima (yang sudah direbus).
  3. 50 gram kolang-kaling (yang sudah direbus kemudian iris-iris tipis).
  4. 2 potong roti tawar (potong dadu).
  5. 75 gram kacang hijau (yang sudah direbus).

Bahan untuk membuat air jahe:

  1. 1 liter air
  2. 75 gram jahe (geprek).
  3. 2 batang serai (geprek).
  4. 2 lembar daun pandan (ikat simpul).
  5. 175 gram gula pasir.

Cara Membuatnya

  • Untuk membuat air jahe: mula-mula rebus air bersama semua bahan untuk membuat air jahe hingga mendidih, kemudian kecilkan api dan biarkan tetap hangat hingga saat waktu disajikan.
  • Tata semua bahan pelengkap didalam mangkuk saji.
  • Terakhir, tuang air jahe hangat ke dalam mangkuk tersebut lalu sajikan.

Nah, silahkan mencoba dan nikmati secangkir sekoteng di sore hari sambil duduk-duduk santai di teras rumah.

Sumber gambar: purwokertoguidance.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top