Indo Blog Net

Menulis Yuk

Berbagai Macam Batik Madura di Bangkalan

Batik Madura

Wilayah paling banyak terdapat batik adalah Pulau Jawa, salah satunya Madura yang terkenal dengan batik Maduranya. Selain itu ada lagi jenis batik lainnya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Berbicara Batik Madura tentu sangat menarik sekali terlebih yang membicarakan adalah mereka yang konsen banget dengan dunia batik ataupun para penggemar kain batik. Indonesia dengan berbagai macam suku, adat dan budaya memiliki berbagai macam jenis dan motif batik yang tersebar luas diberbagai penjuru. Wilayah paling banyak terdapat batik adalah Pulau Jawa.

Tidak asing jika Batik sudah diakui dunia sebagai milik Indonesia dan tentunya kita harus bangga juga turut melestarikan batik ini minimal mempunyai beberapa koleksi entah dari lokal maupun luar daerah sebagai pakaian sehari hari atau dipakai pada acara resmi seperti pernikahan, seminar, rapat dan lain sebagainya.

Batik Madura di Bangkalan

Di Madura sendiri yakni Kabupaten Bangkalan ada batik yang memang asli daerah setempat. Seperti Batik Tanjung Bumi dengan nama “Batik Gentongan” yang terkenal lumayan mahal karna prosesnya yang cukup rumit dan detail berbeda dengan batik biasanya.

Tapi tahukah kalian kalau ternyata Bangkalan mempunyai batik daerah lainnya. Namanya adalah Batik Patengteng. Batik ini berada di Daerah Kecamatan Modung, Desa Patengteng dan sekitarnya namun sayangnya saat ini tidak ada orang yang meneruskan usaha membatik patengteng sehingga bisa dikatakan mati suri atau jika terus dibiarkan akan menjadi cerita saja.

Batik Patengteng sudah tersebar dimana-mana dan bisa jadi para sesepuh di Bangkalan mempunyai batik ini karna sempat eksis di zaman era Kolonial. Sempat beberapa kali dihidupkan namun kembali lagi harus mati dikarenakan banyaknya faktor, salah satunya kurangnya modal serta minat masyarakat untuk mengembangkan batik patengteng.

Kami sudah mendatangi Desa Patengteng dan mencari tau mengenai Batik Patengteng ke generasi penerus yang tersisa meski beliau tidak lagi menekuni dunia Batik. Kami datang bersama pemilik Toko Batik Madura di Bangkalan yakni Peri Kecil karena Beliau juga prihatin dengan mati-nya Batik Patengteng.

Sudah mendengar banyak kisah Batik Patengteng, petualangan dilanjut mencari tahu berbagai motif batik patengteng yang pernah beredar di masyarakat dulu. Kami menemukan banyak batik yang masih tersimpan awet meski ada beberapa yang rusak atau bahkan dijadikan lamon yakni kain batik yang dibakar untuk mengusir nyamuk.

Kedepan mungkin kami akan menelisik berbagai motif batik yang berada di Bangkalan dan tidak menutup kemungkinan mencari tahu batik lain di Madura yakni Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Credit image: crativelab.tempo.co

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top