Opini

Berapa Ya, Usia Ideal Anak-anak Boleh Masuk Masjid?

“bunda..bunda..bunda dimana?” sosok lelaki kecil berteriak dari balik tirai pemisah shaf laki-laki dan perempuan di masjid Al Ukhuwwah saat sholat jamaah Isya di bulan Ramadhan baru dimulai. Anak kecil itu kebingungan mencari bundanya berada di tengah jamaah wanita yang nyaris seragam mengenakan mukena putih. Sementara sosok kecil lain berlari-lari dari sudut satu ke sudut lain tanpa beban menginjak-injak sajadah jamaah wanita.

Usai sholat Isya, saat khotib baru naik mimbar hingga usai berceramah suasana di halaman masjid lebih ramai lagi. Suara anak-anak berteriak dan tertawa riang gembira seolah menenggelamkan suara pak khotib. Masih saya ingat jelas khotbah tahun lalu di Ramadhan hari pertama “bukan masalah berapa rokaat sholat tarawih yang akan kita jalani tetapi bagaimana kita ikhlas dan khusyu sehingga sholat terasa nikmat dan Allah pun meridhoi” . Alamaak ceramah tersebut menyentil saya secara tak langsung karena sepanjang sholat Isya pikiran saya dipenuhi rasa sebal gara-gara kaki-kaki kotor anak kecil berlarian menginjak sajadah yang masih harum pewangi karena baru saya cuci. Hadeeh rasanya saya melalui malam itu dengan kesia-siaan karena sibuk merutuk anak-anak kecil yang “tak tahu diri”

Lalu mendadak saya mengingat masa kecil saya bersama teman-teman sebaya dengan semangat mengikuti sholat tarawih di masjid dekat rumah. Jangan-jangan kami melakukan hal yang sama tetapi tak terekam dalam ingatan. Saya jadi berpikir berapakah sebenarnya usia ideal untuk mengajak anak-anak untuk beribadah di masjid? Dalam agama Islam sholat berjamaah lebih afdol daripada sholat sendiri. Masjid adalah pusat peradaban, tempat bersilaturahim dan menjalin tali persaudaraan. Bagi laki-laki dewasa sholat berjamaah di masjid sebenarnya wajib hukumnya. Maka mengenalkan anak-anak keutamaan sholat di masjid dirasa cukup penting.

Jika melihat kembali kisah-kisah di zaman nabi Muhammad SAW sepertinya tidak ada patokan khusus usia anak diperkenankan masuk masjid. Bahkan dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah pernah memanjangkan rukuknya saat mengimami sholat jamaah karena cucu beliau sedang duduk di punggung beliau. Artinya usia kanak-kanak di zaman Rasul diperbolehkan untuk belajar mengikuti sholat berjamaah.

Namun saya mengukur diri sendiri dengan mempertanyakan apakah anak-anak saya sudah berlaku tertib di masjid sebagaimana yang diharapkan jamaah lainnya? Saya baru memperkenalkan sholat berjamaah di masjid saat mereka berusia lima tahunan. Dengan harapan di usia tersebut mereka lebih mudah diajarkan cara berwudhu yang benar serta diarahkan dan dikondisikan agar disiplin dan tidak mengganggu jamaah lainnya. Saya tak tega jamaah lain terganggu karena suara tangisan bayi dan balita jika memaksakan membawa anak-anak saya saat masih usia balita. Bisa saja kemudian mereka merasa tak nyaman ketika mengikuti sholat berjamaah dalam waktu lama dan berteriak atau menangis keras. Bahaya lainnya adalah si bocah mungkin saja mengotori masjid. Pernah lo kejadian tetangga membawa cucunya yang usianya belum genap tiga tahun untuk sholat ashar berjamaah di masjid. Eh si batita ngompol di masjid dan shaf yang kebanjiran pipis jadi bubar jalan deh. Kasihan petugas kebersihan masjid yang harus bekerja keras membersihkan najis kan?

Jadi memang tidak ada batasan usia tertentu usia minimal sang anak diperkenankan masuk masjid. Tetapi perlu diperhatikan bagaimana cara mengkondisikan sang anak agar tidak mengganggu kegiatan beribadah. Jika misalnya sang anak cenderung hiperaktif ada baiknya menunggu sang anak berumur 7 tahun untuk belajar sholat di masjid. Usia 7 tahun adalah usia yang dianjurkan Rasulullah untuk mulai mengajarkan sholat wajib. Jika ingin lebih dini mengajarkan anak-anak pentingnya sholat di masjid mungkin tips dari salah satu tetangga saya bisa ditiru. Sang ibu ini rajin membawa anak-anak balitanya ke masjid setiap sholat lima waktu tetapi beliau tidak ikut jamaah sholat. Di teras masjid beliau mengkondisikan anak-anak untuk tertib dan seolah mengikuti gerakan sholat sang imam. Adakala anak-anaknya bubar sendiri tetapi ibunya tak pernah melepaskan anaknya nyelonong masuk masjid. Baru ketika jamaah sholat usai ibu tersebut sholat sendirian dan gantian si ayah menjaga mereka.

doa

Anak-anak kita adalah investasi akherat yang sangat berharga. Akhlak dan kepribadian mereka kelak menjadi tanggung jawab kita saat dimintai pertanggungjawaban. Tetapi hendaknya proses memperkenalkan mereka untuk memahami ibadah-ibadah wajib seperti sholat berjamaah tidaklah mengganggu jamaah lainnya agar niat baik kita pun dipandang sebagai sebuah kebaikan di mata Allah dan sesama manusia.

 

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah 😉
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu 😆 Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp 😅 Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top