Indo Blog Net

Kesehatan

Belimbing Wuluh Rasanya Asam tapi Kaya Manfaat

Manfaat Belimbing Wuluh

Ternyata manfaat tanaman belimbing wuluh unutuk kesehatan cukup banyak juga seperti: Gusi berdarah atau sakit gigi, Mengobati jerawat, Sebagai obat batuk, dll

Bagikan Jika Bermanfaat

Kalau lihat pohon belimbing wuluh teringat akan pohon belimbing yang ada di depan rumah ibuku. Buahnya selalu lebat setiap kali berbuah. Tapi kenyataannya tak pernah dipanen dibiarkan begitu saja sampai buah membusuk sendiri. Buahnya bergelantungan di batangnya. Bisa berderet-deret.

Saking banyaknya ada saja yang suka meminta pada ibuku. Padahal belimbing wuluh itu ternyata kaya manfaatnya. Mungkin ibuku tidak tahu manfaat kesehatan dari belimbing, hanya tahu bisa digunakan untuk bumbu masak. Biasanya masakan jadi segar karena rasa asamnya.

Ciri Fisik Tanaman Belimbing Wuluh

Ciri fisiknya: tanaman belimbing wuluh ini termasuk pohon kecil dengan tinggi 10 meter. Batang tidak begitu besar dengan permukaan yang kasar dan terdapat benjolan-benjolan. Daunnya termasuk daun majemuk yang menyirip dengan jumlah daun ganjil antara 21-45 pasang  anak daun. Bunganya kecil, bentuknya bintang dan bergerombol dengan warna merah keunguan.

Sedangkan buahnya termasuk buah buni dengan bentuk bulat lonjong persegi. Buahnya banyak air dengan rasa yang asam. Warnanya saat muda berwana hijau dan saat tua kekuningan. Buahnya bergerombol dan bergantungan di batang.

Di dalam buahnya terdapat biji yang bentuknya kecil. Tanaman belimbing wuluh mengandung saponin, tanin, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, asam format, dan peroksida.

Manfaat Belimbing Wuluh

Ternyata manfaat tanaman belimbing wuluh unutuk kesehatan cukup banyak juga seperti:

  1. Gusi berdarah atau sakit gigi. Caranya mudah dengan menghancurkan buah belimbing wuluh secara kasar. Kemudian oleskan pada bagian yang sakit. Diamkan selama satu jam dan kumur-kumur dengan air hangat.
  2. Mengobati jerawat. Caranya hancurkan belimbing wuluh dan digunakan sebagai masker. Memang agak perih rasanya tapi justru akan mengempeskan jerawat. Gunakan masker ini satu minggu sekali
  3. Sebagai obat batuk. Caranya dengan mencampur adas, tiga buah belimbing wuluh, gula dan air. Kemudian direbus sampai airnya tinggal sedikit. Kemudian disaring saat sudah dingin. Diminum   saat pagi dan malam sesudah makan.
  4. Mengobati linu karena rematik. Caranya menghancurkan buah belimbing wuluh dengan daunnya dicampur dengan air kapur sirih. Kemudian oleskan di bagian sendi yang sakit 2-3 kali dalam sehari.
  5. Meringankan nyeri otot. Ini dilakukan dengan cara satu genggam daun belimbing dan 10 butir cengkeh dan 15 merica putih dihaluskan, kemudian tambahkan cuka putih. Siap untuk dibalurkan di otot-otot yang nyeri.

Untuk merawat tanaman belimbing wuluh ini tak terlau sulit.  Salah satunya dengan cara penjarangan. Caranya dengan memotong ranting yang kurang produktif. Tujuannya agar nutrisi yang ada difokuskan ke pertumbuhan buah saja. Akibatnya buah yang dihasilkan akan lebih besar.

Tanaman belimbing wuluh juga butuh air maka penyiraman sangat diperlukan terutama pada musim kemarau atau saat tanah di sekitarnya kering. Begitu juga pemupukan rutin perlu dilakukan seperti dengan menggunakan pupuk NPK. Tujuannya agar nutrisi bagi tanaman tercukupi kebutuhannya.

Ternyata buah belimbing wuluh bukan hanya digunakan untuk bumbu masak saja ya. Manfaat buat kesehatannya juga ada. Jadi kalau halamannya masih cukup luas di rumah bisa coba menanam pohon ini. Kalau sudah agak rimbun bisa dilakukan penjarangan ranting.

Juga perawatannya yang mudah, tidak merepotkan dengan banyak penanganan. Jadi ingin juga mulai menanam pohon ini, secara halaman belakang rumah masih ada ruang untuk tanaman.

Sumber gambar: jogja.tribunnews.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top