Blogging

Sharing dan Belajar SEO bersama Blogger KLink Membership Academy – Seru!!!

belajar seo bersama blogger klink membership academy

Belajar SEO mungkin bagi banyak blogger jadi semacam hal yang menakutkan. Bikin pusing untuk mempelajarinya dan menerapkannya di blog masing-masing.

Jujur saya akui, pas awal saya mempelajarinya pun seperti itu. Apalagi saat itu, saya tidak punya “teman” yang bisa membantu saya dalam hal ini. Hanya dengan keinginan menaikkan traffic, akhirnya saya mempelajarinya dan menerapkannya sendiri.

Beruntungnya saya saat itu, karena asik menelusuri Google Plus, saya ketemu dengan salah satu blogger baik hati – empunya Waroong.net yang mengenalkan saya tentang setting blog agar SEO friendly, cara menggunakan YOAST SEO untuk wordpress self-hosted yang saya pakai.

Sejak itulah, traffic blog pun mulai terlihat menanjak dan hingga akhirnya stabil sekarang ini – walaupun saya tidak update tulisan di blog.

Belajar SEO agar Bisa Memberi Informasi Lebih

Sekalipun tujuan awal saya belajar SEO adalah untuk mendapatkan traffic – dan ini adalah tujuan umumnya orang menerapkan optimalisasi mesin pencari di blog, sekarang ini saya menemukan tujuan baru. Dengan mempelajari SEO, saya bisa membagi informasi ke lebih banyak orang. Ke orang-orang yang memang membutuhkan informasi tersebut.

belajar seo

SEO itu….

Sebut saja tulisan soal iPhone mati tiba-tiba di blog pribadi saya. Tulisan itu banyak dicari dan muncul di halaman satu Google serta banyak menolong orang. Mereka yang memang mencari informasi terkait iPhone mereka yang mati dan kemudian menerapkan cara yang saya tuliskan di blog.

Inilah sebenarnya kebahagiaan saya dalam menerapkan SEO dalam blog. Ini yang membuat saya semakin suka sharing di blog.

Blogger K-Link Membership Academy: Berbagi Cara Menulis SEO Friendly Post dengan 15 Blogger

Ketika diminta mbak Ika, founder Mitra Branding – empunya indoblognet.com ini, untuk sharing soal SEO ke blogger, saya sih senang-senang aja. Karena artinya, akan makin banyak blogger yang paham SEO dan akan semakin banyak orang yang terbantu lewat tulisan blogger.

belajar seo friendly post

Blogger KLink Membership Academy Batch 1 – Belajar SEO

Setelah yang sebelumnya, SEO Learning Camp – ditunda, akhirnya tanggal 23 Maret 2018 kemarin, saya diminta sharing soal cara menulis SEO Friendly Post ke para blogger K-Link, tepatnya ke 15 blogger terpilih. Blogger-blogger ini tergabung pada Blogger K-Link Membership Academy.

Dalam kesempatan itu, saya berkesempatan membagikan teori terkait SEO on Page dan apa saja yang harus diperhatikan agar tulisan para blogger bisa jadi nomor satu di mesin pencari. Bertempat di Dynamic Youth Lounge K-Link, saya yang super gugup di awal, membuat para blogger merasa ngebul kepalanya karena belajar SEO ini.

Belajar SEO Friendly dalam Tulisan

Untuk materi, saya tidak bisa bagikan di sini, namun secara garis besar, apa yang saya share di acara ini rasanya sudah sering didengar oleh blogger. Saya pernah menuliskannya juga di tulisanbloggerindonesia.com – tempat saya share tips terkait ngeblog dan SEO. Fokusnya memang pada yang ada di gambar ini:

belajar seo on page dengan k link

Ceklis untuk menulis SEO Friendly

Masih banyak blogger yang melupakan hal ini memang. Padahal hal-hal ini penting untuk menunjang performa tulisan mereka di mesin pencari – di luar masalah kata kunci tentunya ya.

1. Judul Mengandung Kata Kunci

Judul tulisan bisa jadi beda dengan url. Seringkali, yang saya perhatikan adalah blogger, terutama pengguna blogspot, tidak memanfaatkan ini. Judul dan url sama. Contoh, jika menargetkan kata kunci: produk review k link, maka dalam judul harus masuk ketiga kata itu.

2. Url Juga Harus Mengandung Keyword

Url tulisan, bisa dan saran saya malah harus diedit. Pastikan urlnya itu singkat, padat dan jelas – serta tidak terpotong otomatis (pengguna blogspot biasanya). Jangan sampai menggunakan url atau permalink post yang terlalu panjang di blog (max 7 kata) – kecuali kalau kamu menulis di media online lain ya, itu pasti ngikut aturan si media online.

3. Meta Description – Isi Ringkasan dengan Baik

Merupakan ringkasan singkat atas isi tulisan kita. Di ringkasan ini, kita juga memasukkan kata kunci yang kita targetkan. Seringkali yang satu ini dilupakan. Letaknya, untuk blogspot user, ada di sebelah kanan dashboard tulisan kita. Untuk pengguna wordpress, ini sama seperti excerpt atau kutipan.

belajar seo on page

Kalau di wordpress self-hosted dan pakai plugin YOAST SEO, setting meta descriptionnya di sini

 

4. Subheading – Pemenggalan Tulisan (Apalagi Tulisan Panjang)

saya pernah share di sini, bahwa dengan belajar SEO, sebenarnya saya juga belajar untuk menulis lebih baik. Termasuk dengan menggunakan subheading ini. Mengajarkan saya untuk membagi tulisan saya dalam 3 tahap, pembuka, isi dan penutup. Selain itu, menggunakan subheading sebagai pemisah dalam tulisan, saya menerapkan SEO on Page sekaligus memberi kemudahan ke pembaca juga.

5. Alt Teks Image Harus Diisi

Dalam hal gambar yang digunakan dalam blog, saya perhatikan ada 2 yang sering dilupakan blogger, yaitu mengunggah gambar tanpa mengganti nama file gambarnya (masih menggunakan IMGXXX) dan alt teks image tidak diisi. Padahal, kotak alt teks image pada gambar ini disiapkan oleh WordPress ataupun blogspot untuk mengoptimalkan tulisan kita di mata mesin pencari.

Praktek Keyword Research 

Yang beda dalam sharing kemarin dan yang saya suka adalah bagian praktek. Kemarin itu memang belum praktekkan semua yang saya share karena waktunya sudah habis. Namun, kami sempat untuk praktek melakukan penelitian atas kata kunci yang akan digunakan dalam blog.

Dengan menggunakan Ubersuggest yang kini jadi bagian dari NeilPatel.com, saya sharing cara mendapatkan kata kunci yang tepat.

Sekarang ini, untuk sebuah tulisan di blog, saya sih selalu sarankan untuk menggunakan long-tailed keyword. Karena sekarang ini memang orang kalau mencari di mesin pencari pun tidak hanya pakai 1 kata kan?

Terima Kasih untuk KLink dan Mitra Branding

Saya mendapatkan kebahagiaan saat sharing kemarin di depan Blogger KLink Membership Academy itu. Memang, sekarang ini, KLink sedang giat-giatnya meningkatkan peran digital dalam perusahaan mereka. Namun, yang saya suka adalah bahwa KLink tidak melupakan peran blogger dalam hal ini.

Membangun digital yang kuat dengan blogger dan mengadakan rangkaian acara yang bisa menambah nilai para blogger, ini yang saya suka dari KLink.

Terima kasih untuk Klink yang telah menyediakan waktu dan tempatnya. Selain itu, terima kasih untuk Mitra Branding yang telah meminta saya untuk sharing dan belajar SEO bareng kemarin.

O iya, sebelum lupa, untuk para blogger, belajar SEO itu penting namun…

Akan jadi sia-sia kalau tidak dipraktekkan dalam blog.

Febriyan Lukito

Seorang blogger Indonesia yang suka menulis dan berbagi melalui tulisan. Sejak Maret 2016, acting asProject leader Indoblognet
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @klink_indonesia_official (@get_repost)
・・・
👩KARTINI ZAMAN NOW 👧
.
.
Sampurasun, Bandung?🙆
.
.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Ladies Beauty Club K-LINK Indonesia mempersembahkan acara spesial untuk Mitra K-LINK yang berada di Bandung dan sekitarnya. 
Apa itu wanita zaman now?
Bagaimana cara menjadi wanita zaman now?
.
. 👉Dapatkan jawabannya di acara Talkshow KARTINI ZAMAN NOW yang bertempat di Serela Riau Hotel Bandung, tanggal 22 April 2018.
.  Kami datangkan narasumber yang akan memberikan kiat-kiat khusus untuk Anda yang pantas menjadi KARTINI ZAMAN NOW.
👱Astri Ivo (Aktris Senior)
.
👱Ai Ratnengsih (Diamond Manager)
.
👱 Atalia Praratya (istri wali kota Bandung)
.
👨Dokter Arief Munandar (Konsultan Kesehatan K-LINK)
.

Dimeriahkan Fashion show oleh Tinong Kebaya 💃💃
.
.

Hadiri dan jadilah dirimu sebagai KARTINI ZAMAN NOW! 😉
.
.
#klink #klinkindonesia #klinksolusihidupmu✔️ #klinkmember15olusi #LBC #Bandung #ladiesclub #harikartini #event

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top