Menulis Yuk

Belajar Berjiwa Nasionalis Dari Supporter Timnas Indonesia

Sepak bola merupakan suatu hal yang masif digemari oleh kebanyakan orang. Tidak hanya kaum laki-laki. Demam sepak bola juga sudah menjalar ke kaum hawa. Lihat saja pada piala dunia Brazil 2014. Para penonton laki-laki dan perempuan membaur seakan menegaskan bahwa sepak bola adalah tontonan yang tidak mendeskriditkan gender tertentu. Sepak bola menjadi sebuah hiburan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Sebuah kemenangan di suatu pertandingan sepak bola tentu menjadi tujuan semua tim. Selain pemain, official dan pelatih. Suporter memegang peranan penting yang kadang sering kali terlupakan. Di Indonesia sendiri antusiasme terhadap sepak bola begitu tinggi. Tengok saja supporter setiap tim di Indonesia seperti Aremania, Jakmania, Bonex dan Bobotoh Persib yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap klubnya.  Kendati antar supporter sering terjadi konflik perpecahan bahkan mungkin kerusuhan. Mereka akan bersatu ketika para punggawa merah putih berlaga untuk membela Garuda di dada. Mereka akan mengesampingkan tim daerah yang mereka bela untuk satu nama Timnas Indonesia.

Saya sempat terfikir bagaimana bisa seorang supporter olahraga itu begitu loyal dan fanatik terhadap Timnas Indonesia. Mereka rela untuk mendatangi stadion bola jam 6 pagi padahal pertandingan mulai jam 6 malam. Mereka juga rela tidak makan demi membeli tiket masuk stadion untuk menonton negaranya bertanding. Sungguh jika dicerna dengan akal sehat fenomena ini seperti tidak masuk akal/

Lantas apa yang mendasari seorang supporter bola begitu loyal dan fanatik menonton pertandingan bola Timnas Garuda. Saya sempat bertanya kepada salah satu supporter ketika menonton pertandingan Indonesia melawan malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Jawabannya simpel sekali. “Saya lahir di Indonesia, besar di Indonesia, makan dan minum dari sumber alam di Indonesia. Bagaimana saya bisa diam ketika mereka sebelas orang yang ada di lapangan sedang main bola membawa garuda di dada mereka. Hanya inilah yang saya berikan. Teriakan dukungan sebagai suntikan semangat kepada mereka yang sedang main!!” begitu kata seorang supporter yang sempat berbincang-bincang dengan saya.

Jawaban bapak paruh baya itu membuat saya tertegun. Pelajaran berharga bisa saya petik dari seorang supporter bola itu. Meskipun tim Indonesia tidak selalu menang bahkan lebih banyak kekalahan. Supporter tetap setia dan selalu membludak memenuhi stadion untuk mendukung tim kesayangan berlaga.  Bahkan jika Timnas menang mereka pun tidak merasakan dampak kemenangan itu. Hanya atas nama jiwa nasionalis mereka datang sebagai pemain ke 12 di stadion.

Namun semaraknya supporter tidak diiringi dengan kebijakan yang arif dari pemerintah terkait.  Lihat saja pembekuan PSSI oleh kemenpora yang sekarang sudah genap satu tahun. Pembekuan PSSI membuat kecewa para supporter yang ingin menyaksikan Timnas berlaga di ajang internasional. Liga Indonesia berhenti tanpa ada kejelasan.  Persipura yang seharusnya berlaga di ajang AFC harus merelakan angkat kaki dari liga elit antar tim di asia itu. Ujungnya FIFA menurunkan surat dan ikut turun tangan dalam kasus pembekuan PSSI ini. Sebelumnya juga beredar kasus isu korupsi di kalangan PSSI. Sebuah fenomena yang kontraproduktif dengan perjuangan supporter untuk mendukung tim kesayangannya.

Supporter Indonesia

Supporter Indonesia

Terlepas dari itu semua, supporter sejatinya hanyalah penikmat bola yang ingin negaranya maju melalui sektor olahraga. Tidak perlu muluk-muluk untuk berlaga di piala dunia. Hanya juara piala AFF saja, para supporter akan bangga dan berpesta pora. Jiwa nasionalis supporter sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika masih ada supporter yang bermusuhan dan berkonflik karena membela tim dan egoisme masing-masing, saya berpendapat itu adalah aksi dari segelintir oknum pemicu kerusuhan yang tidak bertanggung jawab.

Jika Anda merasa jiwa nasionalis dalam dirimu masih rendah. Hanya satu saran saya, pergi ke stadion melihat pertandingan tim Indonesia. Anda akan dibuat merinding ketika gagahnya suara lagu kebangsaan  Indonesia Raya gemuruh dikumandangkan. Ribuan supporter bak seorang prajurit perang yang ingin berangkat ke medan laga. Majulah sepak bola tanah air, kami suporter Indonesia selalu bersamamu.

 

Source image: tookapic.com

Editor: Indoblognet

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger dan Netizen Gorontalo, kalian keren ya ! Terima kasih atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official. 
Semoga makin sering diadakan event-event di sana. Netizennya semangat untuk belajar  dan berkembang. 
Proud...proud of you guys !! #bloggergorontalo #mbcommunication #klinksolusihidupmu #Klinkmember15olusi #indoblognet #kkidsomegaGorontalo

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top