Menulis Yuk

Belajar Bahagia Melalui Buku “Aku Bisa Bahagia” [Book Review]

 

Judul buku : Aku Bisa Bahagia
Penulis : A.K
Tahun terbit : Cetakan ketiga, Mei 2015
ISBN : 978-602-02-5853-9
Ketebalan : 318 halaman
Cover : Soft Cover
Penerbit : Quanta
Harga buku : 69.800

Menurt KBBI, bahagia didefinisikan sebagai keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Banyak orang menginginkannya, namun tak melakukan apapun. Padahal untuk menjadi bahagia seseorang harus berusaha, tidak bisa diam dan menungggu orang lain mengulurkannya.

Agar berbahagia orang harus mengusahakannya, bahkan dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Ada banyak alasan untuk bahagia, dan Anda-lah yang harus menentukannya. Lalu bagaimana caranya? Pertama Anda harus menentukan tujuan hidup terlebih baru kemudian hal-hal yang membuat Anda bahagia. Pilihlah apa saja yang membuat Anda bahagia. Tapi, ingat bahwa bahagia itu ada di sekitarmu, bukan di tempat lain. Bisa jadi berasal dari hal-hal kecil yang Anda miliki. Satu hal lagi, untuk bahagia Anda sendiri harus bahagia. Tak mungkin kebahagiaan itu datang jika Anda belum mampu merasakannya.

Kunci bahagia adalah bersyukur. Kapan saja, dimana saja, bahkan ditengah kesibuka kita. Jauhkan diri dari mengeluh terus-menerus atas hal-hal tak mengenakkan yang terjadi dalam hidup. Jangan menghitung kehilanganmu, akan tetapi kebahagianmu dan syukuri. Karena syukur akan membuat Anda kaya.

Kunci kebahagiaan berikutnya adalah berdamai dengan masa lalu. Tak perlu mengingat keburukan yang terjadi di masa silam, justru ambilah pelajaran. Maafkanlah diri sendiri untuk kesalahan atau keburukan yang pernah Anda lalukan di masa lalu. Lepaskanlah dan jauhkan benci dari hati Anda pada orang yang pernah melukai hati Anda. Bagaimanapun juga hal semacam itu justru memupuk luka. Lanjutkanlah hidup dan terimalah sesgala sesuatu dengan ikhlas. Karena segala hal yang terjadi dalam hidup, bahkan musibah selalu ada hikmah.

Selanjutnya, membiasakan diri ntuk berpikir positif. Kunci kebahagiaan yang satu ini memberikan dampat yang baik bagi Anda. Bangunlah dengan bahagia dan berpikir positif, lepaskan pikiran buruk dair hati dan kepala anda. Bila Anda memiliki cita-cita dan harapan, visualisaikan. Dengan demikian Anda akan semakin khusyu’ berdoa. Tak lupa buang kecemasa dan berburuk sangka. Hal-hal semacam itu justru membuat kebahagiaan Anda berkurang. Kalaupun ada orang yang tidak mempercayai Anda, abaikan. Menuruti orang-orang semacam ini hanya menghabiskan waktu saja. Teruslah berusaha. Dan andai usaha itu tidak berhasil, maka Anda tidak akan menyesal. Karena Anda sudah berusaha. Singkirkan pemikiran bahwa anda memiliki takdir yang buruk, percayalah satu hari sesuatu yang baik akan terjadi.

Tak hanya positive thinking, tetapi juga positive doing. Buatlah daftar keinginan. Hal-hal yang menyenangkan bagi Anda. Pekerjaan yang menyenangkan, lingkungan yang nyaman. Bergaullah dengan mereka yang mendukung mimpi Anda. Manfaatkan sebaiknya apa yag sudah Anda miliki, lakukan dengan sebaiknya. Jangan lupa tersenyum dalam hidup Anda, karena senyum membuat cerah hari Anda. Tertawalah, karena dala tawa mengandung hormon endorfin yang baik bagi Anda. Biasakan berterima kasih pada siapa saja, karena memberi efek baik. Teruslah berbahagia, karena bahagia itu menular. Tak lupa untuk terus berjuang dalam meraih impian, jika jalan seperti tertutup segeralah mencari jalan. Tak perlu bersikap berlebihan jika kau menemui kegagalan. Tegakkan diri bersikaplah baik-baik saja. Tal perlu mengeluarkan amarah, yang justru memperburuk keadaan.

Meski bahagia itu menular, sebelum menularinya Anda harus berbahagia terlebih dahulu. Ana tak bisa membawa kebahagiaan bagi orang lain jika Anda sendiri tak merasaknnya. Dahulukanlah dirimu, bukannya orang lain. Perkaran orang lain, itu bukan tanggung jawabmu. Abaikan mereka yang tidak memikirkanmu. Nikmatilah hidupmu, lakukan satu hal yang membuatmu bahagia setiap harinya. Buang kegagalan dan dekatlah dengan mereka yang beraura positif. Tak lupa berikan penghargaan dan pujian pada diri sendiri saat Anda berhasil mencapai sesuatu. Berbahagialah seperti apa adanya, dan pertahankah kebahagiaan itu ada dalam diri Anda.

.

.

.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Happy beautiful Sunday, everyone 😍 Ngaku nih, siapa yang pagi ini udah nontonin videooo? Hihi πŸ˜†πŸ˜„
.
Tau gak sih guys, Penelitian Nielsen Consumer Media View 2017, menunjukkan bahwa minat menonton video online terus meningkat, lho. Penetrasi internet kian meroket sehingga perilaku penggunanya juga bergeser, deh πŸ˜€
.
Berdasarkan survey Nielsen Cross-Platform 2017, terjadi peningkatan akses internet hampir di semua tempat. Akses internet meningkat di kendaraan umum sebesar 53 persen, kafe atau restoran 51 persen, bahkan di lokasi konser juga bertambah 24 persen dibandingkan dua tahun lalu 😎
.
Data juga menunjukkan frekuensi menonton konten video melalui internet meningkat hampir di semua usia. Saat ini Youtube masih menjadi raja sebagai penyedia konten video online. Selain mengonsumsi online video sebagai hiburan, konsumen juga cenderung mencari berita online video di beberapa laman media massa πŸ“°
.
Sumber: m.republika.co.id
.
#indoblognet #mbcommunication #sundayfunday #weekend #onlinevideo #survey #content #internet #youtube

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top