Digipreneur Scale up

Begini Lho Strategi SMESCO dan UKM Hadapi MEA

Aku selalu takjub dengan karya tangan-tangan ajaib orang-orang Indonesia dalam menghasilkan karya-karya unik dan berkualitas. Yups karya-karya orang Indonesia itu bagus unik dan lucu-lucu. Sayang sekali kan kalau dunia tak tau itu?? Maka dari itu SMESCO sebagai lembaga layanan pemasaran KUKM senantiasa berupaya meningkatkan perannya dalam menjembatani UKM yang memiliki produk berkualitas menuju market yang kompetitif.

Apalagi di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tentu tantangannya lebih besar. Percaya nggak kalau orang itu punya kelebihan dan kekurangan. Nah UKM UKM mereka ahli sekali membuat produk mereka tapi terkadang ada yang masih bingung bagaimana memasarkan produknya lebih luas.

Nah maka dari itu muncullah kegiatan SmescoDigipreneurDay. Sebuah event menggandeng komunitaspegiat media sosial dan netizen mempromosikan produk-produk UKM Smesco. Agar pengusaha binaan UKM, program dan kegiatan Smesco lebih terkenal meluas melalui media digital netizen seperti blog, facebook, Instagram, twitter, Youtube dan sebagainya.

Bulan lalu SmescoDigipreneurday mengangkat tema fotografi produk bertema The Power of Content. Jadi membahas bagaimana membuat foto produk yang bagus menarik dan marketable di sosila media seperti Instagram dan lain-lain. Sehingga orang yang melihatnya tertarik  dan ingin membeli.

Bulan ini SmescoDigipreneurday mengangkat dua tema yaitu video coaching dan talkshow bisnis. Yang keduanya sama-sama menariknya.

Video Coaching One Shoot for UKM Go World

2

Yups! Sekarang eranya Video. Apalagi sejak hadirnya jaringan 4G. Lihat saja bertebaran kompetisi-kompetisi video. Iklan-iklan video yang enggak lagi di TV tapi viral melalui youtube. Video perannya sangat besar dalam pemasaran. Kalau kita masih hanya mengandalkan tulisan dan gambar saja hemmmm jangan deh ya…

Di video coaching kali ini ada profesional videografer Bening Kharisma Buwana dan YosaTobingyang siap melatih teknis pembuatan video dan content promosi kepada 40 netizen, Youtuber dan pegiat media sosial.

Mereka semua aktif dan punya antusias tinggi. Apalagi dengan narasumber yang sudah lama berkecimpung di dunia televisi, ini kesempatan emas. Mulai dari teori dan praktek ada di coaching kali ini.

Setelah menerima materi dari dua nara sumber, para peserta di persilahkan praktek dengan langsung mengambil gambar produk-produk yang didisplay di Galeri Indonesia Wow, Gedung Smesco.Eits jangan salah ini bukan sekedar praktek. Tapi hasil praktek mereka di lombakan lho untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Huooo ngiler deh yaaaa…

But.. intinya di coaching video ini diharapkan para netizen dan youtuber bisa membuat conten video yang menarik dan layak di tonton untuk mempromosikan produk-produk UKM.One Shoot for UKM Go World

Talkshow Bisnis One Day, One Goal for UKM Go Global

Di ruangan lain tak kalah serunya membicarakan tips bisnis dari para UKM sukses binaan smesco. Ada Bp. TajudinMaulana UKM sukses BinnanSmesco dengan produk Sarung Celananya yang bermerek Tajmaul ini bercerita kisah suksesnya.

3

Jadi pak TajudinMaulana ini dulunya hanya pegawai yang kapan saja bisa keluar atau di PHK. Lalu pak Tajudin berfikir apa yang bisa ia lalukan agar tidak bergantung. Maka muncullah Ide membuat celana sarung yang ia beri nama Tajmaul ini.

Sebelum pak Tajudin mengenal Smesco usahanya masih biasa saja. Lalu kemudian ia bergabung dengan UKM UKM yang lain di SMESCO dan mendapatkan bimbingan maka kini sarung celananya semakin terkenal. Dulu ia tak memperdulikan packaging, tapi di Smesco beliau diajari bahwa packaging juga menambah nilai jual lalu pak Tajudin pun membuat box packaging yang bagus untuk produk sarung celananya.

Pak Tajudin adalah pengusaha yang sangat memegang kualitas. Ia gak mau produknya ecek-ecek. Maka dari itu pak Tajudin selalu memilih bahan sendiri dan memilih tukang jahit terpercaya. Jadi beruntunglah buat yang mendapatkan sarung celana Tajmaul.

5

Di bulan Ramadhan ini selain sarung, bisnis Hijab juga gak ada matinya. Salah satunya ada Pak Akhmad Rafik  dari Alla Scraft yang bercerita bagaimana mensiasati  agar tetap eksis bisnis Hijab di tengah membanjirnya ribuan bisnis hijab di Indonesia. Nah ini yang menarik.

Pak Ahmad Rafik mengakui bisnis hijab memang gurih untuk masa kini. Agar tetap bersaing Pak Ahmad punya tips sendiri. Pemilihan bahan yang berkualitas, model yang up-to-date, serta nyaman dipakai memang memberi kesan sendiri bagi customernya. Selain memiliki jualan secara fisik All Scraf ini juga memanfaatkan sosial media untuk pemasaran dan jual belinya.

Yang paling khas, yang dijual Alls Scraf adalah Alls Scraf ingin membuat muslimah bangga akan hijab yang dipakai, terlihat indah dan tetap syar’i. Jadi Alls Scraf tetap memiliki peminatnya sendiri. Karena tak semua orang berhijab hanya mau hijab yang murah saja. Tapi banyak yang ingin hijab nyaman inda dan syar’i.

7

Tak hanya sharing dari pada pelaku bisnis umkm yang sukses. Di rangkaian acara ini juga ada sesi UMKM berdigital. Disini kita belajar bagaimanam meningkatkan penjualan dan ekspor produk UMKM by Bdigital.

Jadi Bdigital ini adalah “Business Builder” lokal pertama yang menyediakan sarana dan alat penjualan yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas usaha kecil menengah di Indonesia.

Jika biasanya para pengusaha UKM yang masih merintis usahanya masih kebingungan bagaimana mendigitalkan barang-barang dagangan atau usahanya. Nah disini Bdigital memfasilitasi dan membantu UKM go digital.

Bdigital punya solusi lengkap agar usaha kecil menengah dapat berkembang secara online. Solusi kami mencakup pembuatan website, marketing online hingga social media. Usaha Anda pun otomatis terdaftar di Google Bisnisku. Wah asik baget yah.

8

Sesi terakhir Talkshow bisnis ini di isi oleh Opid Adisuryo  Chief Marketing Officer Pawon dan pengusaha UKM yang menerangkan tentang Kesehatan” manajemen keuangan UKM. Percuma saja kita banting tulang usaha kalau sistem keuangan bisnisnya amburadul tidak jelas.

Maka dari itu Opid memperkenalkan Pawoon, Kasir aplikasi online berbasis cloud server untuk bisnis apapun. Agar UKM memiliki managemen keuangan yang sehat canggih tapi harganya terjangkau.  Semua bisnis UKM, retail, café, resto, babershop, semua cocok menggunakan pawoon. Sudah banyak sekali brand terkenal yang menggunakan aplikasi kasir online pawoon ini.

Keuntungan menggunakan aplikasi karir online Pawoon ini adalah pertama mengurangi kecurangan, membantu pengusaha untuk managemen stok supaya lebih rapi, hemat waktu untuk menyiapkan laporan keuangan. So aplikasi kasir online pawoon ini akan sangat membantu bisnis UKM.

Banyak sekali ilmu yang kita dapatkan mengahadiri agenda SMESCO DIGIPRENEURDAY akan selalu ada hal baru yang akan kita dapatkan. So pantau terus akun MB Communication Indoblognet dan SMESCO yah. Jangan sampai ketinggalan event-event indoblognet.

Ingin tau bagaimana keseruan acara nya? yuk mari cekidooot 😀

 

 

Farichatul Jannah

Farichatul Jannah

•Eks Penyiar Radio •Blogger •Video Blogger •VO •Script Writer •Kontributor Video TV •Product Review
Farichatul Jannah

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top