Indo Blog Net

Kuliner

Bebek Songkem Rendah Kolesterol, Pilihan Para Dokter

BEBEK SONGKEM, Bebek Pilihan Para Dokter!

TRIIINGG!! Cacing-cacing di perut langsung berteriak girang, manakala menyaksikan spanduk “Bebek Songkem” yang menggoda iman itu. Iya dong, kebanyakan dari kita (para penggemar bebek) kerap dibikin galau bin risau dengan aneka “efek samping” setelah mengonsumsi bebek. Konon kabarnya, bebek adalah “tersangka utama” melonjaknya angka kolesterol dan asam urat. Niat mau makan enak, ehh… ntar malah ujung-ujungnya kopdar ama dokter penyakit dalam dong. Nggak mau banget kan?

Makanya, saya tergiur dengan eksistensi “bebek sehat” yang bercokol di Bangkalan Madura ini. Lokasi warungnya nggak jauh dari Bebek Sinjay yang super ngehits dan fenomenal itu. Tapi, kali ini kami memantapkan jiwa dan raga *tsaaah* untuk menjajal kuliner Bebek Songkem yang karakternya emang ‘anti-mainstream’ banget.

Kami bertemu dengan Bapak Bambang Hermanto, owner Bebek Songkem.

dscn0252

Kenapa dinamai Bebek Songkem? Dalam bahasa Jawa, songkem sama artinya sungkem, sering dikaitkan dengan sungkem pada orang-orang yang kita hormati, seperti orangtua, kyai dan tokoh.

Di setiap desa di Madura, minimal ada seorang kyai, yang dengan sukarela mengajari ngaji anak-anak desa tanpa digaji. Sebagai bentuk tanda terima kasih wali murid pada kyai tersebut, maka pada hari-hari tertentu, wali murid membawakan oleh-oleh spesial berupa bebek atau ayam.b

Berbeda dengan bebek lainnya (apalagi bebek goreng khas Surabaya yang digoreng pakai minyak jelantah iteeeeem banget!), proses pemasakan bebek songkem ini menggunakan metode khusus yang mengeliminasi lemak kolesterol dalam daging bebek.

Setelah diberi bumbu lengkap, bebek dimasukkan ke dalam panci pengukus, yang di dalamnya telah diberi potongan pelepah daun pisang. Proses pengukusan dilakukan selama 4-6 jam, sehingga daging bebek menjadi empuk, plus bebas kolesterol. Bumbunya pun meresap sempurna.

Ketika dimasak itulah, posisi leher dan kepala bebek ditekuk menunduk seperti orang sungkem.

Seperti saya singguh di atas, sebagai ganti air, dipakai batang pohon pisang (gedebog). Kata Pak Bambang Hermanto, gedebog inilah yang jadi “pahlawan super” untuk membasmi aneka potensi kolesterol dll-nya yang kerap disangkutpautkan dengan si bebek.

“Ketika dikukus, lemak-lemak bebek akan menempel semua di gedebog itu. Makanya, sesudah matang, bebek resmi bebas kolesterol,” ungkap Pak Bambang.

Karena cara mengukus dengan menggunakan pohon pisang belum ada istilahnya. Nah, di kampung bebek songkem tadi, cara masak seperti itu diberi istilah “songkem”, karena masakan spesial ini khusus diberikan kepada kyai atau orang yan gsangat kita hormati. Bebeknya dibuat berposisi “nyongkem”.

img_0551

Piye rasane, Mak?? Enyaaaakkk…!! Ada aroma ‘entah-apa-sebutannya’ yang gak bakal kita temuin di masakan2 lain loh. Mungkin, itu berasal dari batang pisang (gedebog) yang jadi pendamping si bebek dalam menghadapi panas-membaranya api kompor nan bergejolak *jiyaah*

Ada aroma yang tradisional dan otentik banget gitu lah… Susah mendeskripsikannya! Lebih baik kamu, kamu dan kamuuu langsung dolan ke Madura aja!

Sambel mangganya dooong, juara..!! Yang paling asik dari makan di sini adalah, no worry deh, soal kolesterol dll-nya. Ini lumayan banget untuk mengobati hati yang gundah-gulana. Jadi, jadiii, mau kulineran bebek, tanpa digelayuti rasa bersalah?

Kalau ingin yang versi bebek goreng, di sini juga tersedia. Bebek yang udah dikukus tadi, digoreng sreeeeeng dengan kematangan sempurna. Enak! Dan Bebas Kolesterol! Sip markosip kan?

Yuk, cuzzz mareee ke : Bebek Songkem Pak Salim Jl. Raya Ketengan 85 Burneh Bangkalan Madura (031) 799.5523 0877.5092.0092 dll

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • How to Brand Yourself on Instagram? 📲
.
Wondering how to BRAND YOURSELF on Instagram to attract the right followers, Guys?
.
Building a strong brand on Instagram isn’t only important for your business, but it is essential for attracting the right audience, aka your future customers 😍
.
In this post, we’ll teach you how to brand yourself on Instagram by optimizing your INSTAGRAM profile to convert new visitors into followers:
.
1⃣ Combine Your Personal and Professional Instagram Account
.
In other words, your Instagram profile should show off your personality, while still letting your followers know you’re running a business! 🤓
.
2⃣ When It Come To Branding Yourself on Instagram, Keep Your Username Simple
.
Choosing a username that’s as close to your name or online brand name as possible. You want your username to be simple and memorable
.
3⃣ Use the Name Field to Share Your Top Targeted Keywords
.
Try to think about keywords that your follower is searching for on Instagram — maybe it’s your business niche or the products you sell 🛍
.
Once you’ve found the right keywords, put them into your name field
.
4⃣ Branding Yourself on Instagram is All About Optimizing Your Instagram Bio
.
You have a limited space to make an impression, and it’s important that you can instantly let your visitors what your business actually is 😉
.
Instead of making your bio all about you, try to focus on your target customer and how your Instagram profile will help or inspire them
.
5⃣ Add a Call-To-Action for the Link in Your Bio
.
Use a call-to-action for the link in your bio. We recommends using that last line to tell users what’s in it for them to click your link
.
Credit: later.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top