Kesehatan

Barista Profesional Yang Mendunia Ini Punya Solusi Atasi Sakit Maag

muhammad aga barista profesional

Bagi penikmat kopi, profesi barista begitu spesial. Kepiawaian mereka meracik kopi yang nikmat,  memberikan andil besar menghidupkan dunia sehingga menjadi lebih segar, semakin berwarna,  dan menyulap mood menjadi bahagia.

Apalagi ketika barista itu mampu menjadi story teller bagi dunia perkopian, kehidupan petani kopi akan semakin meningkat.

Pasalnya, 50 persen kopi enak itu menurut barista yang menjuarai ajang Indonesia barista  Championship 2018, Muhammad Aga, ditentukan oleh kualitas kopinya. Bagaimana biji kopi itu diperlakukan dengan baik oleh para petani, mulai dari cara pemilhan bibit, menanam, memupuk, memetik, menjemur, sampai cara menyimpannya di tempat yang baik.

kopi enak

Fine robusta lampung, kopi robusta dengan grade tertinggi.

Sedikit saja, keliru dalam penyimpanan, akan sangat mempengaruhi rasa. Di sinilah seorang barista bak seorang juru kunci dalam memilih kopi-kopi berkualitas dan menyajikannya.

Banyak cerita yang bisa dikuak oleh seorang barista, dari sekedar menyajikan kopi yang nikmat. Selama ini kita yang awam hanya mengenal kopi itu pahit, sekalipun manis itu karena campuran gula, creamer, atau susu. Padahal biji kopi itu sangat kaya cita rasa : asam, manis, fruty, caramel, coklat dan sebagainya.

cita rasa biji kopi

Cita rasa yang terkandung dalam biji kopi. Sumber gambar : coffeeland.co.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Barista yang begitu mencintai pekerjaannya, tentu tak ingin meninggalkan kepahitan rasa penikmat kopi. Ia akan merasa sangat puas, jika dari secangkir kopi yang dihidangkannya mempu memberikan sensasi rasa  beragam, yang membuat adrenalin penikmatnya terus berpacu memberikan kesegaran baru.

Kepuasan itu yang selalu tertanam di hati  Muhammad Aga. Bahagianya adalah ketika secaangkir kopi yang diraciknya mampu mengusir kebetean dan mood negatif sehingga kembali produktif dan bahagia menikmati hari.

Cita rasa kopi yang unik memang mampu mengikat emosi penikmatnya sehingga rasanya tak hidup jika belum meneguk kopi.

Kandungan kafein dalam kopi memang mampu menyulap suasana hati dan kerja otak untuk berelaksasi.

Menurut informasi yang saya peroleh dari majalah Otten Coffee, secara umum kandungan kafein 100 mg atau kurang lebih  secangkir kopi, sudah berhasil memberikan efek pada suasana hati dan menguatkan konsentrari (fokus) pada pekerjaan yang rumit.

Tapi ada juga yang baru bisa merasakan manfaat maksimal kafein pada kopi ketika menenggak sebanyak 300 – 400 mg. Bahkan konon, berat badan seseorang  mempengaruhi reaksi terhadap kafein yang masuk.

solusi sakit maag Muhammad aga

Namun, terlepas dari perbedaan tiap orang dalam ‘bercengkrama” dengan kafein, sebagai penikmat kopi, saya percaya dengan penelitian yang menganalisa tentang manfaat minum kopi bagi tubuh, seperti menajamkan daya ingat, konsentrasi, melepaskan kepenatan, mengusir kebosanan, meningkatkan daya tahan tubuh dan memompa kepercayaan diri dalam memutuskan sesuatu.

Intinya secangkir kopi membantu kontrol diri saat kelelahan dan membantu membuat keputusan yang lebih baik.  Ahh…saya jadi begitu terafirmasi dengan manfaat kopi.

Bahkan katanya lagi nih, kopi memberikan efek pada terapeutik. Dalam artian mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan jangka panjang, meredakan nyeri, dan melindungi paru-paru dari komplikasi akibat rokok dan kerusakan akibat stroke.

Tetapi dibalik positifnya kafein kopi, kita pun harus waspada dengan gangguan asam lambung dan maag yang selama ini  mahfum ditengarai oleh kopi.

muhammad aga solusi sakit maag

Hmm..bisa jadi ya hahaha…karena kayaknya saya mulai terjangkiti maag karena suka merasa  mual dan tidak nyaman di perut alias mules-mules haha. Penyebabnya sih saya tahu benar : suka males sarapan, tetapi secangkir kopi udah ludes duluan.

Kalau secara medis, kafein memang dapat meningkatkan produksi asam dan menyebabkan peradangan pada lambung.

Selain itu, kafein juga membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah yang menyebabkan asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Seperti yang dialami oleh penderita refluks asam lambung (GERD).

Dalam kondisi kopi dekafein (kandungan kafein rendah) sekalipun, ada yang melarang orang dengan Maag mengonsumsi kopi, karena kafein yang sudah masuk ke dalam tubuh dapat merangsang produksi asam di lambung. Makanya nih, menyeruput kopi saat perut kosong tidak dianjurkan.

Lantas bagaimana dong solusi sakit maag bagi penikmat kopi ? Terus, nasib para barista gimana ya jika kena maag. Soalnya, kopi dan barista udah kayak jantung. Nggak bisa dipisahkan. Lah, gimana mau nyeduh kopi enak, kalau baristanya nggak maksimal meracik dan mengolah rasa di lidah.

Solusi Sakit Maag ala Barista Muhammad Aga

Selama delapan tahun memantabkan karir sebagai barista, soal maag diakui Muhammad Aga memang cukup mengganggu.

Bagaimana nggak ya, I’st winner Barista Indonesia Championship 2018 ini sebelum menyajikan kopi untuk para pelanggannya, ia harus melakukan kalibrasi atau yang dikenal dengan proses mengenali cita rasa kopi, sampai belasan gelas pada pagi hari.

Syarat mutlak biar tidak terkena gangguan maag, ya harus sarapan dulu, katanya. Kalau nggak siap-siap deh maag menyerang.

Gejala maag kadang kurang kita sadari, seperti cepat merasa kenyang ketika makan, dan sebaliknya kenyang berkepanjangan setelah makan, sering bersendawa, mual. Dan, biasanya kita baru aware kena maag kalo sudah merasa nyeri ulu hati atau merasa panas dan nyeri di tengah dada yang terkadang terasa sampai punggung dan leher saat makan atau setelahnya.

Apalagi kalau kita sedang stress, akan semakin memacu asam lambung meningkat. Kalau sudah begini, mau ngapain juga nggak enak, apalagi seorang barista yang bertugas menyeduh puluhan bahkan ratusan gelas per harinya, harus setidaknya mencicipi kopi  buatannya seenak di lidah penikmatnya.

Solusi sakit maag Aga, biasanya dengan minum Promag. Apalagi sekarang Promag sudah ada kemasan cairnya, jadi lebih praktis tinggal tenggak.

Rasanya pun seger semriwing, hangat di perut.  Kemana-mana, pemilik kafe Coffee Smith ini, tidak ketinggalan membawa Promag. Apalagi doi ganteng ini rajin ikutan kompetisi. Otomatis stamina harus selalu fit.

cerita dibalik barista profesional

Mitra Bloggr Indoblognet Jakarta #CeritaDibalikBarista bersama Promag, Kamis, 27 September 2018. Foto : Dede Aryanto

Promag sebagai ahinya lambung memiki kandungan formula Hydrotalcite yang bekerja cepat atasi maag dan melindungi lebih lama. Kandungan ini juga  membantu membentuk lapisan dinding lambung sehingga mengurangi rasa nyeri yang disebabkan asam lambung naik.

Selain itu, Promag  mengandung famotidine yang berfungsi menurunkan produksi asam lambung, dan simethicone yang fungsinya mengurangi gas berlebihan di saluruan pencernaan.

Meski sudah ada Promag, Aga juga memberikan tips supaya penikmat kopi tetap bisa menyeruput kopi dengan nikmatnya.

1.Pilih kopi dengan tingkat keasaman rendah. Gampangnya, bisa tanya langsung ke baristanya atau minta dipilihkan kopi dengan kadar keasaman rendah. Sebenarnya, menurut Aga, kafein bukan hanya dimiliki oleh kopi, tetapi juga ada pada coklat dan cola. Cuma memang, kopi berkafein lebih nyaring bunyinya.

Tingkat keasaman kopi umumnya hanya berada di level pH 5, masih tergolong aman          dikonsumsi, dibanding bir atau bahkan soda.

2. Hindari mengonsumsi kopi yang masih fresh, misal baru selesai disangrai  kemarin, lantas kita minum besoknya, ini udah pasti kena maag.

3. Kopi yang dicampur susu juga bagus mengurangi produksi asam lambung

4. Kalau yang suka kopi dingin, pilih kopi hitam. Asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah dibandingkan pada kopi panas. Pasalnya air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi bisa mengeluarkan  asam yang lebih pekat. Sementara es batu lebih bersifat mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya ramah di perut penderita asam lambung.

5. Mulailah membeli kopi dalam bentuk biji yang bisa kita giling dan seduh sendiri di rumah karena lebih sehat. Sebelumnya cek dulu masa kadaluarsa roasting datenya.

6. Minumlah kopi pada waktu yang tepat. Aga menyarankan di atas jam 20:00 sudah tidak mengonsumsi kopi, karena akan mengganggu fungsi metabolisme tubuh.

Menurut ahli gizi  Lyndi Cohen, ahli gizi asal Sydney, Australia, kopi sebaiknya dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah.

Fungsi hormon kortisol atau yang disebut hormon stress ini berperan meningkatkan kewaspadaan, dan membantu mengubah cadangan energi menjadi gula sehingga data dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar.

Fungsinya mirip dengan kafein, yang jika dikonsumsi bertabrakan, akan ada fungsi ganda yang menyebabkan manfaat minum kopi menjadi tidak maksimal.

Waktu hormon kortisol rendah adalah pada pukul 09:30 – 11:00 Wib,  makanya agar manfaat minum kopi dapat optimal, sebaiknya menyeruput kopi saat waktu tersebut.

Menurut ahli gizi dari Australia, Lyndi Cohen, kopi baiknya dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan pagi hari biasanya hormon ini sedang di puncak-puncaknya.

Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Fungsi lainnya, membantu mengubah cadangan energi menjadi gula agar mudah dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar.

solusi sakit maag

Fungsi ini mirip dengan  kafein. Itulah sebabnya jika tingginya kortisol bertabrakan dengan kafein, akan ada fungsi ganda antara kafein dan kortisol yang menyebabkan manfaat kopi jadi tidak efektif.

Untuk itu, lebih disarankan, menyeruput kopi antara pukul 09:30 – 11:30 saat kadar kortisol dalam tubuh menurun, digantikan oleh kafein yang akan bekerja optimal membangkitkan rasa awas atau menguatkan konsentrasi.

Lyndi juga menyarankan, coffee time berakhir sebelum jam makan siang atau makismal pukul 14:00. Jika ingin tetap mengkonsumsi kafein, bisa menggantinya dengan teh.

Pastikan perut tidak dalam keadaan kosong ketika menyeruput kopi, setidaknya satu atau dua jam setelah makan. Dan, usahakan minum air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi. Fungsi air putih dapat menimalisir aktivitas asam di perut.

Solusi sakit maag dari Muhammad Aga ini semoga membuat hari-hari penikmat kopi tambah menyenangkan ya. Semakin leluasa menyeruput kopi tanpa khawatir lagi terkena maag.

Kenali gejala maag sejak dini, uituk mempermudah kita dalam menanggulanginya. Sebenarnya solusi sakit maag bisa dilakukan tanpa obat. Asalkan, kita mampu  mengatur pola makan yang baik. Prinsipnya, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong lama.

Kekosongan ini menyebabkan asam lambung yang sudah diproduksi tidak mempunyai bahan untuk dicerna atau digilas, yang pada akhirnya dinding lambung jadi korban sasaran.

Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, karena lemak sulit dicerna oleh lambung. Perbanyak minum air putih  sangat baik untuk mengurangi sifat asam dari makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita.

Porsi makan juga sebaiknya tidak terlalu banyak. Lebih baik sedikit, tetapi frekuensinya sering. Bila kita disiplin dalam mengatur pola makan, Insya Allah maag akan membaik tanpa diobati. Selamat Nikmati Harimu 🙂

solusi sakit maag Promag

Mitra blogger Indoblognet di Bandung saat event Cerita Dibalik Barista #NikmatiHarimu bersama Promag, 1 Oktober 2018.

 

 

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top