Indo Blog Net

kesehatan

Penting! 9 Barang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal

camilan sehat saat liburan

Menjelang akhir tahun biasanya Anda sudah mempersiapkan rencana liburan bersama keluarga tersayang, bukan? Meski saat ini pandemi virus Corona belum berakhir, namun bukan berarti Anda tak bisa pergi berlibur, lho. Anda bisa tetap berlibur dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Lagipula berlibur juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan emosional Anda. Sebab dengan berlibur tentunya Anda akan merasa bahagia dan rileks.

Nah, agar liburan berjalan lancar dan Anda tetap sehat sepulang dari berlibur, Anda harus mengetahui barang apa saja yang wajib dibawa saat liburan di masa new normal ini. 

9 Barang Wajib Dibawa Saat Liburan di Masa New Normal 

Tak sama dengan masa sebelum adanya pandemi virus Corona, sekarang ini ada barang-barang tambahan yang wajib dibawa jika Anda pergi liburan. Barang-barang yang wajib dibawa ini tentunya akan mendukung keamanan dan kesehatan Anda selama liburan.

Yuk, simak barang wajib dibawa saat liburan di masa new normal ini.

1. Masker

masker di masa new normal

Credit: oldnavy.gap.com

Tak hanya wajib dipakai, Anda juga wajib membawa masker cadangan. Sebaiknya masker berbahan kain digunakan tidak lebih dari 4 jam.

Jadi, saat Anda beraktivitas di luar ruangan seharian dan harus menggunakan masker, jangan lupa untuk menyimpan masker cadangan di tas Anda. 

Dan saat liburan, Anda bisa membawa masker lebih banyak sesuai dengan berapa lama waktu liburan Anda. Misalnya jika Anda berlibur selama 3 hari, bawalah masker cadangan 7 hingga 9 lembar.

Pastikan Anda selalu menggunakan masker yang bersih setiap harinya dan ganti masker secara rutin setiap 4 jam digunakan. 

2. Cairan pembersih tangan

cairan pembersih tangan yang aman

Credit: lemonilo.com

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah penularan virus Corona. Oleh karenanya cairan pembersih tangan ini jadi barang wajib dibawa saat liburan. 

Cairan pembersih tangan ini berupa sabun cuci tangan serta hand sanitizer. Sabun berfungsi membersihkan tangan dari virus, termasuk virus Corona. Anda bisa membawa sabun tangan cair berukuran kecil agar praktis dibawa kemanapun. 

Selain sabun, Anda juga perlu membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 % agar efektif membasmi virus yang menempel di tangan Anda. Hand sanitizer digunakan saat Anda kesulitan menemukan air untuk mencuci tangan. 

Mengapa keduanya menjadi barang wajib dibawa saat liburan di masa new normal ini?

Sebab menggunakan hand sanitizer secara berlebihan berisiko membuat tangan Anda kering, khususnya bagi mereka yang kulitnya sensitif terhadap kandungan alkohol yang cukup tinggi. Jadi jika Anda dapat menggunakan air untuk cuci tangan sebaiknya pilih sabun cuci tangan. 

3. Tisu

tisu saat new normal

Credit: amazon.in

Bukan hanya tisu basah saja, tapi juga tisu kering. Tisu basah diperlukan untuk membersihkan barang-barang yang akan Anda sentuh, khususnya barang-barang yang ada di tempat umum, misalnya tombol ATM, permukaan meja dan kursi tempat Anda duduk, dan lain-lain.

Sebaiknya gunakan tisu basah yang mengandung alkohol agar lebih efektif membunuh virus. Sedangkan tisu kering bisa Anda gunakan untuk menyentuh area wajah pada saat tangan Anda dalam keadaan kotor (belum cuci tangan). Anda bisa pilih tisu khusus wajah yang teksturnya lembut sehingga nyaman di kulit. 

4. Alat makan dan minum

kebersihan peralatan makan

Credit: shopee

Alat makan dan minum ini berupa sendok, garpu, sumpit, serta sedotan. Jika memungkinkan akan lebih baik jika Anda juga membawa kotak bekal sendiri agar lebih terjamin kebersihannya. Jadi saat Anda memesan makanan, Anda dapat menggunakan tempat makan pribadi.

Baca juga: 5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan, Jangan Salah Pilih Ya!

Bukan hanya dapat mencegah penularan virus saja lho, menggunakan alat makan dan minum sendiri juga bisa meminimalisir sampah dari penggunaan wadah plastik sekali pakai. 

5. Botol minum

botol minum untuk liburan

Credit: pinterest.com

Tak hanya alat makan saja, botol minum juga jadi barang wajib dibawa saat liburan di masa new normal ini. Apalagi mengingat pentingnya menjaga asupan cairan agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu Anda jadi lebih segar dan sehat.

Membawa botol minum juga bukan hanya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi tapi juga mencegah penularan virus Corona yang mungkin saja berasal dari gelas yang dipakai bergantian dengan orang lain (misalnya gelas di tempat Anda membeli makanan).

6. Perlengkapan sholat

barang wajib dibawa saat new normal

Credit: ayunastore.com

Perlengkapan sholat juga termasuk salah satu barang yang wajib dibawa saat liburan di masa new normal. Menggunakan perlengkapan sholat pribadi tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penularan virus.

Sebab, perlengkapan sholat yang tersedia di masjid atau mushola umum merupakan barang publik yang dipakai oleh banyak orang secara bergantian.

Akan lebih aman dan bersih jika Anda membawa perlengkapan sholat sendiri, seperti mukena dan sajadah. Selain itu sebisa mungkin jangan pinjamkan alat perlengkapan sholat pribadi ke orang lain untuk mencegah penularan virus. Sepulang dari liburan langsung cuci alat perlengkapan sholat Anda.

7. Camilan sehat

camilan sehat saat liburan

Credit: simplyscratch.com

Ya, ini penting lho di masa pandemi ini, dimana Anda harus menjaga kesehatan sebaik mungkin agar tidak mudah terserang virus. Camilan sehat yang Anda bawa selama liburan akan menjaga tubuh agar tetap fit. 

Camilan sehat ini bisa berupa buah, kacang-kacangan yang dipanggang tanpa bumbu, keripik sayuran, coklat hitam (dark chocolate), kue kering yang sehat, dan lain-lain. Dengan membawa camilan sehat, ini juga dapat mencegah Anda jajan sembarangan saat tiba-tiba lapar melanda. 

8. Suplemen 

vitamin saat liburan

Credit: nourishindonesia.com

Suplemen ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda selama liburan. Sebaiknya pilih suplemen yang alami, seperti madu, jamu, ekstrak rempah seperti kunyit, kayu manis, atau jahe, dan lain-lain.  

Suplemen probiotik juga penting untuk Anda bawa, sebab menjaga kesehatan pencernaan sangat penting untuk imunitas tubuh Anda agar tetap kuat. 

9. Obat-obatan

Terakhir, barang wajib yang harus dibawa saat Anda liburan di masa new normal yaitu obat-obatan. Diantaranya obat pereda nyeri, obat mual/mabuk perjalanan, obat maag, obat alergi, obat masuk angin, hingga obat tetes mata.

Obat-obatan ini tidak selalu harus obat yang menggunakan bahan kimia, lho. Anda bisa pilih obat yang alami sehingga lebih aman bagi tubuh Anda. 

Obat pereda nyeri, mual, atau masuk angin misalnya, ini bisa Anda temui dalam bentuk minyak herbal alami. Obat maag dan obat alergi pun ada yang berbentuk cairan (minyak herbal/essential oil).

Obat-obat alami juga tidak kalah ampuh dengan obat kimia. Justru bisa jadi pilihan yang lebih aman dan baik untuk tubuh.

Nah, itulah beberapa barang wajib dibawa saat liburan di masa new normal ini. Apakah ada barang wajib lainnya yang menurut Anda penting untuk dibawa? Yuk, share jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top