Indo Blog Net

kesehatan

5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan, Jangan Salah Pilih Ya!

bahan tableware yang aman

Tahukah Anda ternyata pemilihan bahan tableware juga dapat memengaruhi kesehatan, khususnya untuk jangka panjang. Bisa jadi banyak orang yang tidak sadar bahwa beberapa jenis peralatan makan dan minum alias tableware yang mereka gunakan berdampak buruk bagi kesehatan, karena dapat memicu beberapa penyakit tertentu. 

Salah satu jenis bahan tableware yang tidak aman untuk kesehatan adalah plastik. Padahal penggunaan plastik ini sudah sangat umum di masyarakat kita. Selain karena harganya yang terbilang murah, anti pecah, tableware plastik juga memiliki bentuk yang menarik dan ringan. 

Sayangnya terdapat kelemahan dari bahan plastik ini. Bukan hanya tidak ramah bagi lingkungan, tableware berbahan plastik ini juga mengandung bahan-bahan yang tak aman bagi kesehatan, contohnya adalah kandungan BPA (Bisphenol A). 

Setelah adanya penelitian yang menyatakan bahwa BPA ini tidak aman bagi kesehatan, para produsen peralatan plastik mengganti bahan produk mereka dengan bahan pengganti BPA, sehingga mereka dapat mencantumkan label “BPA Free” pada produk mereka.

Baca juga: Cara Jitu Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Namun ternyata menurut penelitian bahan pengganti BPA ini, salah satunya adalah BHPF (fluorene-9-bisphenol), juga termasuk dalam kategori tidak aman bagi kesehatan. Jadi, solusi amannya adalah dengan meminimalisir penggunaan peralatan makan dan minum (tableware) berbahan plastik. 

Lalu jenis bahan tableware apa saja yang aman untuk kesehatan Anda? Mari simak ulasan lengkap mengenai bahan tableware yang penting untuk Anda ketahui.

5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan

Memang dampak negatif dari bahan tableware yang tidak aman bagi kesehatan ini tidak langsung Anda rasakan. Tapi dalam jangka panjang, bahan-bahan yang tidak aman tersebut dapat mengganggu kesehatan.

Yuk, mulai sekarang pelan-pelan kita belajar untuk mengurangi penggunaan tableware yang tidak aman, kemudian beralih ke bahan tableware yang aman seperti berikut ini.

1. Tableware berbahan kaca

bahan tableware kaca

Credit: theloop21.com

Jenis bahan tableware yang aman untuk kesehatan yang pertama akan kita bahas adalah tableware dari kaca. Tableware yang terbuat dari kaca mempunyai banyak keunggulan dibandingkan bahan tableware lainnya. 

Pertama, tableware berbahan kaca memiliki tampilan yang elegan karena nuansa beningnya, apalagi jika terdapat hiasan ukiran yang membuatnya semakin cantik.

Kedua, tableware berbahan kaca ini bersifat solid yang membuat lemak dan minyak tidak menempel, sehingga sangat mudah dibersihkan. 

Kelebihan yang ketiga, variasinya lengkap, mulai dari piring, mangkuk, wadah nasi dan sayur, gelas, botol air minum, teko, hingga wadah camilan pun ada. Tak hanya itu keunggulannya, dibandingkan bahan tableware lainnya, kaca terkenal paling aman untuk kesehatan.

Namun Anda perlu berhati-hati menggunakannya, sebab tableware berbahan kaca mudah pecah. Tidak semua tableware kaca tahan terhadap panas yang tinggi. Anda harus memilih jenis kaca yang cukup tebal jika ingin menggunakannya untuk makanan dan minuman yang panas. 

Tableware bahan kaca juga sebaiknya diletakkan pada tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, terutama anak usia balita. Bukan hanya berisiko tableware Anda pecah tapi juga pecahan kacanya bisa melukai anak Anda. 

2. Tableware berbahan stainless steel

bahan tableware dari stainles

Credit: newbridgesilverware.com

Tableware yang menggunakan bahan stainless steel ini adalah sendok dan garpu. Selain itu juga ada sumpit, pisau, mangkuk, gelas, sedotan, teko, botol minum, dan lain-lain. Tentu saja bahan stainless steel ini juga aman digunakan sebagai tableware. 

Lain halnya dengan jenis bahan tableware dari kaca yang dapat pecah, stainless steel ini anti pecah dan terbilang sangat kuat. Apalagi jika Anda dapat merawatnya dengan baik, tableware berbahan stainless steel bisa digunakan hingga puluhan tahun bahkan lebih.

Keunggulan lain dari tableware berbahan stainless yaitu mudah dibersihkan. Sebab teksturnya rata dan licin sehingga Anda tak perlu bersusah payah membersihkannya dari noda makanan yang menempel. Tableware stainless steel juga tidak menyerap air karena tak terdapat pori pada bahan ini, jadi setelah dicuci lebih cepat kering. 

Tableware yang menggunakan bahan ini memiliki kualitas yang berbeda-beda. Semakin baik kualitasnya maka harganya pun semakin mahal. Tapi jangan khawatir, sebab stainless steel yang berkualitas tinggi mempunyai daya tahan yang lebih bagus pula. 

3. Tableware berbahan keramik

bahan tableware keramik

Credit: aliexpress.com

Keramik juga termasuk salah satu jenis bahan tableware yang aman untuk kesehatan. Tampilannya yang super cantik menjadikannya tak hanya sebagai tableware yang biasa digunakan sehari-hari, tapi juga bisa dijadikan dekorasi atau pajangan unik.

Baca juga: Inspirasi Rak Susun Kayu Minimalis yang Bikin Dapur Makin Cantik & Tips Memilihnya

Anda pasti sudah sering lihat berbagai tableware berbahan keramik dengan berbagai macam warna dan motif. Meletakkan koleksi tableware keramik di ruang makan Anda tentunya akan membuat ruangan terlihat cantik, bukan? 

Tableware berbahan keramik juga aman digunakan untuk makanan dan minuman panas tanpa khawatir pecah. Sebab dalam pembuatannya tableware keramik ini memerlukan proses pembakaran dengan suhu sekitar 1500-3000 derajat celcius.

Maka tak heran jika bahan ini tahan terhadap panas yang tinggi. Bahkan tableware keramik ini umumnya bisa digunakan untuk menghangatkan makanan di microwave.

4. Tableware berbahan kayu

bahan tableware kayu

Credit: athome.kimvallee.com

Jenis bahan tableware yang aman berikut ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai peralatan dengan tampilan artistik. Ya, tableware berbahan kayu memang memiliki nuansa seni dan artistik yang unik. Tapi bukan itu saja lho yang membuat tableware kayu ini layak dijadikan pilihan.

Jika tableware stainless steel berkualitas rendah akan bereaksi terhadap makanan yang mempunyai zat asam tinggi (seperti saus tomat atau air perasan lemon) sehingga meninggalkan rasa seperti besi di lidah atau mengubah rasa makanan, tak demikian dengan tableware kayu. Sebab tableware kayu ini bersifat non reaktif. Tableware kayu tidak akan bereaksi terhadap zat asam dalam makanan. 

Karena berasal dari alam, tableware berbahan kayu ini pastinya lebih ramah lingkungan. Soal daya tahan Anda juga tak perlu meragukannya sebab kayu bersifat tahan banting dan sangat kuat, jadi Anda bisa menggunakannya sepanjang masa. 

Namun, kekurangan dari tableware kayu ini adalah tidak mudah kering seperti halnya tableware berbahan kaca, stainless steel, maupun keramik.

Hal ini membuat tableware kayu menjadi mudah lembab dan kemudian muncul jamur. Jadi setelah mencucinya, pastikan tableware kayu benar-benar kering dengan benar sebelum menyimpannya dan hindari meletakkannya di tempat yang lembab, seperti di lemari tertutup. 

5. Tableware berbahan bambu

bahan tableware bambu

Credit: restaurantware.com

Terakhir, jenis bahan tableware yang aman untuk kesehatan adalah yang terbuat dari bambu. Sama halnya dengan tableware berbahan kayu, tableware bambu juga terbuat dari bahan alami, berasal dari pohon bambu. Jadi Anda tak perlu khawatir dengan keamanannya, keduanya sangat aman bagi kesehatan.

Namun berbeda dengan tableware dari kayu, bahan bambu ini lebih ringan. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan tableware berbahan kayu. Bagi Anda yang menyukai barang-barang yang ramah lingkungan, tentunya tableware bahan bambu juga merupakan pilihan tepat. 

Salah satu tableware bahan bambu yang sudah sering kita jumpai adalah piring. Tapi masih banyak lagi tableware berbahan bambu yang siap dijadikan koleksi, mulai dari sedotan, sendok, garpu, pisau, mangkuk, tudung saji, hingga gelas. Lengkap bukan? 

Itulah beberapa jenis bahan tableware yang aman bagi kesehatan. Bagaimana Anda siap beralih menggunakan peralatan makan yang lebih baik bagi kesehatan? 🙂 

Credit featured image: athome.kimvallee.com

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top