Berbagi Kasih Sayang

Bahagianya berbagi Hewan Aqiqah

 

Aqiqah dalam bahasa arab artinya pengurbanan hewan dalam syariat islam sebagai penggadaian (penebus) seorang bayi yang dilahirkan

Atau dengan kata lain Aqiqah/Akikah adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan)

Makna Aqiqah

Kata Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth’u). Al-Ashmu’i berpendapat: Aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.

Dalam pelaksanaan aqiqah disunahkan untuk memotong dua ekor kambing yang seimbang untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Dari Ummi Kurz Al-Kabiyyah Ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing”. (HR. Tirmidzy dan Ahmad)

Bayi laki-laki disunnahkan untuk disembelihkan dua ekor kambing dan bayi wanita cukup satu ekor kambing saja. Dari Ammi Karz Al-Ka’biyah berkata bahwa saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Untuk bayi laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang setara dan buat bayi wanita satu ekor kambing”. Namun bila tidak memungkinkan, maka boleh saja satu ekor untuk bayi laki-laki, karena Rasulullah SAW pun hanya menyembelih satu ekor untuk cucunya Hasan dan Husein. “Adalah Rasulullah SAW menyembelih hewan aqiqah untuk Hasan dan Husein masing-masing satu ekor kambing ?”. (HR Ashabus Sunan)

Berhubung anakku perempuan namanya Assyifa Kaisyafani artinya harus menyembelih hewan kurban satu ekor kambing dan pada saat itu tahun 2012 belum di aqiqah. Kami berniat untuk aqiqah di masjid saja sekalian pada saat itu bertepatan dengan hari raya idul adha 1434H. Niatnya bukan karena pamer atau pamrih tapi memang untuk memenuhi kewajiban insan sebagai seorang muslim dan berbagi dengan sesame muslim ({}).

Alhamdulillah setelah disembelih kambingnya dapat dibagi-bagikan dengan tetangga sekitar, walaupun sedikit tapi sama rata, subhanallah indahnya berbagi.

 

 

 

 

 

 

Latest posts by Triyunigarsianty (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kamu udah mempraktekkan PERSONAL BRANDING belum siiih? 🤗
.
Personal branding sekarang ini memang udah jadi salah satu ALAT PEMASARAN yang ampuh banget yah di era informasi dan media sosial sekarang ini 😋
.
Meski gak mempromosikan produk atau perusahaanmu secara langsung, KESAN yang kamu timbulkan lewat personal branding bisa LEBIH DALAM daripada marketing secara hard sell, lohhh 😎
.
Memang sihhh, butuh USAHA EKSTRA, hihi.. Karena dalam proses pembentukan brand personal banyak hal yang harus kamu lakukan sendiri
.
Ketika kamu menjadikan dirimu sebagai alat marketing, KEPRIBADIAN serta KEAHLIANMU menjadi sangattt penting untuk ditonjolkan, dan hal-hal seperti ini tentu gak bisa didelegasikan dong, yaaa 😉
.
Meski berat, personal branding merupakan strategi BISNIS CERDAS yang akan bermanfaat dalam jangka panjang, guys! 😍 Dengan penerapan yang baik, brand personalmu dapat menjadi investasi berharga
.
Credit: id.techinasia.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #personalbranding #marketing

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top