Indo Blog Net

blog

Ayo, Cek Lagi Tulisan Artikel Blog Kita Sebelum Pencet Tombol Publish

Ayo, Cek Lagi Tulisan Artikel Blog Kita Sebelum Pencet Tombol Publish

Hai, sudah pada update blog belum hari ini? Sudah? Setiap kali memencet tombol publish, biasanya pada suka ngecek-ngecek artikelnya lagi enggak? Untuk melihat lagi apa yang kurang, misalnya? Enggak ya? Begitu selesai menulis artikel blog, langsung publish, dan tinggal pergi?

Ah, sama sih kita. Tapi itu saya lakukan dulu. Sekarang, saya mencoba untuk selalu melakukan cek ulang lagi terhadap artikel blog yang hendak saya publish. Terutama beberapa hal berikut ini.

Hal-hal yang Harus Dicek Ulang dan Dipastikan Sudah Benar Sebelum Kita Mem-publish Artikel Blog

resolusi tahun baru untuk blogger indonesia

1. Target keyword

Sebagian dari teman-teman pasti sudah tahu, betapa pentingnya keywords yang kita sasar atau targetkan dalam sebuah artikel blog atau artikel online lainnya. Terutama sih yang kemarin sudah ikut Kelas Konten NgeblogPro, pasti tahu banget bahwa target keyword itu semacam “hidup-mati”-nya sebuah artikel blog.

Uhuk. Sekalian promosi boleh ya? 😆

Karena itu, pastikan lagi target keyword-nya memang sudah benar. Benar katanya, dan juga benar perletakannya.

Benar katanya ini pastinya harus dicek dengan keywords research tool, seperti dengan menggunakan Ubersuggest, Keywords Planner, ataupun Keyword Everywhere. Pastikan teman-teman memilih keywords yang memang sesuai ya.

Benar perletakannya berarti pastikan target keyword tersebar merata di seluruh artikel blog dalam jumlah yang pas–nggak terlalu banyak, dan juga nggak terlalu sedikit. Kalau yang menggunakan WP berbayar, pastinya bisa tertolong dengan plugins seperti Yoast SEO atau All In One SEO.

Kalau yang ngeblog di Blogspot, tetap bisa kok dicek secara manual. Lakukan saja Ctrl + F lalu masukkan target keyword, dan lihat. Apakah merata tersebar ke seluruh artikel, dengan kepadatan yang pas?

2. Judul apakah sudah cukup clickable?

Judul seperti apa yang cukup clickable? Awas, jangan salah kaprah dengan ‘clickbait’ ya? Coba simak dulu artikel tentang membuat judul yang clickable tapi nggak clickbait ini.

Terus, nah, apakah judul artikel teman-teman yang akan dipublish sudah cukup clickable, alias bikin orang pengin ngeklik? Kalau belum, yuk, coba ulik lagi.

3. Meta description / snippet

Ayo, Cek Lagi Tulisan Artikel Blog Kita Sebelum Pencet Tombol Publish

Meta description adalah bagian yang menjelaskan mengenai artikel blog kita dan akan muncul di hasil pencarian di search engine.

Nah, karena begitu pentingnya si meta description ini, maka jangan sampai lupa diisi atau dibiarkan kosong ya. Pastikan juga ada target keywords teman-teman di situ.

4. Image

Image-image yang ada dalam artikel blog kita tak hanya sebagai pemanis dan penghias saja. Konten visual bisa menjadi pendukung tulisan yang berperan penting. Misalnya saja, infografis.

Infografis yang menyajikan data dan fakta bisa menjadi salah satu unsur artikel yang memperkuat tulisan kita. Nah, jadi, jangan lupa untuk dicek lagi juga ya.

Pengecekan terhadap konten visual ini meliputi:

  • Sudah cukup ramah di mata? Maksudnya, jika ada tulisannya apakah font-nya cukup mudah terbaca? Warnanya nggak bikin sakit mata? Atau kalau foto, pastikan jangan terlalu gelap atau blur. Teman-teman bisa melakukan pengolahan atau editing dulu sebelum memasang konten-konten visual ini.
  • Alt Attributes. Jangan lupa untuk mengisi metadata image ya, meliputi image title, alternative text, dan terutama alt attributes, yang menjadi unsur penting karena bagian inilah yang terbaca oleh bot Google Images.

5. Link: Internal dan Eksternal

Masih adakah yang takut dan ragu untuk memberikan eksternal link, karena percaya bahwa eksternal link itu bisa membuat performa blog menjadi buruk?

Semoga sudah tak ada lagi ya? Karena akan menjadi apa jadinya dunia internet kita kalau tak ada tautan yang menghubungkan konten-konten berkualitas yang sudah teman-teman publish, baik itu internal maupun eksternal? Tentunya, nggak akan ada lagi www, atau world wide web 😉

Jadi, pastikan selalu ada internal dan eksternal link dalam artikel blog teman-teman ya. Dan satu lagi, pastikan tautannya berkualitas, menuju laman ataupun web bukan spam dan berkonten yang sudah di-blacklist oleh Google.

6. Format reader-friendly

Pastikan konten artikel blog teman-teman juga mudah dibaca, terutama bagi mereka yang suka skimming alias membaca cepat. Sudah tahu kan, bagaimana perilaku para pembaca online kita? Sebagian besar dari mereka bahkan tak mau bersusah payah tinggal lama di blog kita lo!

Jadi, pastikan format artikel kita reader-friendly; dengan cepat bisa di-scanning oleh para skimmer, dan langsung pada pokok persoalannya.

Bagilah artikel blog teman-teman dalam beberapa bagian yang dipisahkan dengan subheading atau subjudul. Tujuannya apa? Ya, sama. Memudahkan orang untuk membaca dan menemukan bagian-bagian penting yang mereka butuhkan.

7. Call to Action

Setelah semua pikiran kita tertuang, jangan lupa juga untuk memberikan kesimpulan. Akan lebih baik lagi jika ada call to action.

Seperti apa sih call to action? Ya, misalnya saja, persilakan pembaca untuk meninggalkan komen. Ajak pembaca untuk juga bercerita pengalaman mereka. Atau, bisa juga mengajak pembaca untuk share artikel kita.

Dengan adanya call to action ini, kita sudah melakukan satu bagian terpenting dalam blogging, yaitu memelihara engagement dengan pembaca. Dengan terjalinnya engagement ini, kita sudah membuat pembaca senang dan bisa saja mereka akan dengan senang hati kembali lagi, untuk membaca artikel blog kita yang lain.

Nah, setelah ke-7 hal di atas sudah lengkap, sekaranglah saatnya teman-teman mem-publish artikel blog. Publish, and good luck.

Adakah hal lain yang perlu dicek juga, selain ke-7 hal di atas? Barangkali saya ada yang kelupaan, boleh ditambahkan di kolom komen ya.

Selamat menulis!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Congrats! ! ! 
Inilah pemenang Hampers eksklusif lomba foto #KartiniAndalanFimela dari @andalanfemininecare dan @fimeladotcom
Selamat kepada: 
@cindaranii
@primasariamirati
@nadia.fathiya
@yesiintasari
@nings.ahh.yeah
@yulianasari.17
@aprilliaarifiyanti
@no_vie92
@karinnmarzuki
@the_sisworo_s
______
Hadiah dipersembahkan  oleh @andalanfemininecare dan @fimeladotcom
___
Bagi para pemenang silahkan DM alamat pengiriman barang ke Instagram @ dengan fotmat: 
Nama: 
No.HP: 
Alamat Lengkap: 
Kec/Kelurahan: 
Kode pos: 
___
#Kuisgratis #lombafoto #kuisgratisterbaru #lombafototerbaru #kuisberhadiah #infokuis #infolomba #infolombaapril #giveaway #LomaFotoInstagram #LombaFoto #fotochallange #pemenangkuis #FreshInspiration #BeraniAlami #KartiniAndalanFimela

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top