Gaya Hidup

Atasi Kaki Kapalan dengan 3 Cara Mudah Ini

Kulit Anda kapalan? Terasa menebal serta kasar di bagian tumit dan permukaan bawah kaki? Terasa nyeri, kering serta pecah-pecah? Perlu Anda ketahui hal semacam ini umum terjadi bila kulit mendapat tekanan dan gesekan keras yang secara terus menerus. Memang bukan masalah serius, akan tetapi jika dibiarkan kulit bisa infeksi dan terasa sakit sekali.

Lalu apa penyebabnya? Apakah pemakaian high heels menjadi pemicunya? Ya, pemakaian sepatu hak tinggi memang menjadi salah satu pemicunya selain memakai sepatu kesempitan atau sepatu yang terlampau longgar. Memakai high heels atau sepatu yang sempit di tengah padatnya aktivitas akan memberi tekanan berlebih pada kaki Anda. Kaki dipaksa menopang bobot tubuh Anda sewaktu berjalan. Sebaliknya jika sepatu Anda longgar kulit kaki akan bergesekan dengan jahitan di bagian dalam sepatu. Tidak heran jika kemudian tubuh bereaksi alami dengan menebalkan bagian tersebut agar tidak terjadi pengelupasan secara konstan.

Pencegahan

Untuk mencegah agar kapalan tidak terjadi pilihlah sepatu yang nyaman. Perhatikan benar ukuran dan model sepatu yang hendak Anda kenakan. Jika tidak cermat, bisa-bisa kapalan menghampiri dan mengurangi keindahan kulit kaki Anda. Gunakan pula kaus kaki yang lembut dan pas di kaki untuk mengurangi gesekan antara kulit dan bagian dalam sepatu. Sebagai perlindungan tambahan olesi kaki dengan selapis tipis vaselin petroleum jelly sebelum mengenakan kaus kaki. Penggunaan vaselin juga membuat gesekan kulit kaki yang menyebabkan kapalan jadi berkurang.

Untuk Anda penggemar high heels, selang-selinglah pemakaiannya dengan flat shoes gaya milik Anda. Sehingga kaki bisa beristirahat, jika tidak kulit akan akan bekerja keras dan menumpuk keratin untuk mengurangi tekanan di bagian tersebut. Efeknya kapalan atau kalus tidak akan berkurang, malah kian tebal.

Mengatasi Kapalan

Kehadiran kapalan memang bisa bikin gemas. Apalagi jika kapalan tidak hilang-hilang. Untuk mengatasinya Anda memilih untuk menghilangkan bagian yang menebal dan kasar itu dengan pisau atau cutter. Sebisa mungkin jangan. Sebab jika Anda tidak hati-hati tindakan semacam itu justru menimbulkan infeksi.

Agar kulit kaki bisa sehalus kaki bayi ada tiga hal sederhana yang bisa Anda lakukan :

1. Rendam kaki dalam air hangat

Isi bak atau ember kecil Anda dengan air hangat lalu tambahkan cuka apel ke dalamnya. Tetapi jika Anda memiliki diabetes, cuka apel ini tidak perlu ditambahkan. Lakukan selama 15-20 menit sebelum tidur malam. Gunakan scrub atau batu apung untuk menggosok bagian yang kasar selama limat menit saja. Tidak perlu berlebihan hingga kaki berdarah dan memicu terjadinya infeksi. Lakukan setiap hari hingga kapalan menipis dan kulit anda pun menjadi lembut kembali

2. Olesi kaki dengan moisturizing cream

Fungsi moisturizing cream adalah melembutkan sekaligus menghaluskan kulit Anda yang kapalan. Lalukan setiap malam pada bagian yang kapalan dan kenakan kakus kaki agar krim dapat meresap ke dalam kulit. Selanjutnya bersihkan kaki Anda dan sikatlah dengan sikat lembut.

3. Gosok kulit kapalan dengan batu apung

Untuk menghilangkan kulit yang menebal, Anda bisa menggosok kaki Anda dengan batu apung sebelum atau setelah mandi, baru kemudian olesi dengan moisturizing cream. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi penebalan kulit. Adapun penggunaan krim berbahan aktif urea yang jauh lebih kuat dan efektif untuk mengatasi kalus tidak bisa diaplikakan sembarangan. Sebaiknya dilakukan jika dokter Anda menganjurkan.

Nah, tidak sulit ‘kan? Dengan cara-cara sederhana kini Anda bisa memiliki kulit kaki yang cantik dan cantik seperti semula. Selamat mencoba!

.

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top