Menulis Yuk

Asyiknya Belanja Kaos Budaya Jogya T-Shirt

Setiap kali pergi ke tempat pariwisata seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, banyak sekali saya temui toko-toko yang menjual beragam souvenir sebagai oleh-oleh. Tapi yang paling sering di beli saat berkunjung ke tempat wisata adalah baju kaos yang bertuliskan nama kota atau tempat wisata tersebut. Jadi, berasa nostalgia aja kalau memakai kaosnya.

Beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan November 2015 saya berkunjung ke Yogyakarta. Tentu saja destinasi favorit adalah Malioboro.  Nggak ketinggalan, selagi di sana, saya mengujungi pusat pembuatan kaos Jogya. Lokasi pabriknya  berada di tengah perkampungan tepatnya di Jalan Jambon Dusun Banturan Rt/Rw: 01/19 Trihanggo, Sleman Yogyakarta. Pemandangan di sekitranya begitu indah dengan hamparaan sawah yang menghijau. Betah rasanya berlama-lama di sana. Kami saling berfoto-foto di sana. Kebetulan, saya bersama rombongan sewaktu mengunjungi pabrik Jogya T- Shirt.

Memasuki area lokasi pabrik yang membuat kaos dengan tema budaya, saya dan teman-teman sudah merasakan suasana Jawa yang khas.  Patung Semar dan becak (alat transportasi yang sudah jarang di temui) menjadi sasaran untuk berfoto-foto ria. Biasalah Ibu-Ibu masih suka narsis, tak mau kalah dengan yang muda. Di Showroom ini juga di pajang kaos terbesar yang pernah tercatat di Rekor MURI.

Saat saya beserta rombongan dari Jakarta berkunjung ke Jogya t-shirt, kebetulan hari kerja, showroom tidak terlalu ramai sehigga kami bisa leluasa memilih kaos yang akan dibeli. Biasanya pengunjung akan lebih ramai di musim liburan sekolah. Pabrik yang berdiri sejak tahun 2001 sekaligus dijadikan showroom terdiri dari 2 lantai.  Ada ruangan khusus untuk produksi di lantai bawah, dan ada juga ruangan khusus yang memajang t-shirt siap jual di lantai atas.

Sebelum membeli kaos dengan beragam gambar wayang, abdi dalem, becak, andong, beragam bangunan di Yogyakarta dan ikon budaya setempat, saya dipersilakan melihat proses produksi dari mulai proses penyablonan hingga jahit. Ini merupakan pengalaman tersendiri yang sangat berkesan.

Menurut informasi yang saya dapat, ribuan kaos sudah diproduksi di showroom ini. Sehari bisa terjual 1300 kaos berbahan katun, dan 1500 kaos berbahan polyester. Kaos Jogya t-shirt juga bisa dibeli secara online. Mungkin ada yang berminat memesan dalam jumlah yang banyak bilang langsung memesan.  Tampil kompak dengan kaos yang sama, sudah menjadi hal yang kekinian. Ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan juga loh.

12571304_1168593839839948_1484054308_n

Untuk harga kaos bervariasi. Tergantung jenis bahan, ukuran, dan model. Harga kaos katun dipatok mulai dari Rp 47.500-Rp 500.000 tergantung ukuran. Khusus untuk kaos yang di batik, harganya Rp 500.000. Tinggal pilih, ada harga ada rupa pastinya. Kaos dengan bahan polyester dihargai 17.500. Jika membeli 3 potong, cukup membayar Rp 50.000 saja. Kualitasnya sudah cukup bagus,  bahannya adem dan nyaman digunakan.

Prospek bisnis t-shirt ini sangat bagus dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), karena Jogya t-shirt memberikan pengalaman berbelanja sekaligus berwisata yang cukup unik dengan ciri khas tersendiri. Manajemen Jogya t-shirt sudah bekerja sama dengan agen travel pariwisata di Yogyakarta, sehingga saat ada wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, akan ditawarkan untuk mengunjungi lokasi Jogya t-shirt. Seperti halnya saya dan rombongan diajak ke lokasi Jogya t-shirt. Senang sekali, tinggal duduk manis di bus tanpa harus bertanya-tanya dan sampai ke tujuan. Harapan saya semoga Jogya t-shirt semakin berkembang dan terkenal hingga ke mancanegara. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan budaya Indonesia dan produk karya anak bangsa.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai Mitra Blogger dan Netizen Bekasi!  Yang suka jalan2 dan tertarik mengabadikan perjalananmu dalam visual foto yang menarik ! Kayaknya sayang banget melewatkan kesempatan ini.  Ngelmu foto bersama Polytron Prime 7 dan  travel blogger keren Ashari Yudha @catatanbackpacker

Gratis loh, plus berkesempatan ikutan lomba IG berhadiah merchandise dan lomba blog berhadiah uang tunai. 
Kesempatan terbatas!!! Buruan daftar ya >> bit.ly/PolytronBekasi

Info lebih lanjut hubungi @miramiut : 0858 8335512

Ditunggu pendaftaran paling lambat Minggu, 17 Desember 2017, pukul 12:00 Wib.

#Breakresistant
#Prime7
#ARSC #smartphonepolytron

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top