Indo Blog Net

Lingkungan

Aroma Lavender yang Punya Sensasi Tersendiri, Bisa Tanam di Rumah Juga

Tahu kan lavender? Semenjak banyak yang tahu bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, akhirnya tanaman ini jadi ngetren. Walau tanaman lavender ini bukan tanaman tropis. Tapi sudah banyak yang mulai membudidayakan tanaman ini, karena selain warna bunganya yang indah, aromanya wangi dan banyak manfaatnya.

Selain itu menanam tanaman ini sangat mudah karena tak terlalu banyak perawatannya. Katanya lavender ini tumbuh di ketinggian 500-1300 mdpl, jadi agar bisa tumbuh dengan baik ditambahkan batu kerikil di media tanamnya.

Hal ini agar batu kerikil ini bisa menyerap panas dan udara yang lembab dan ini menyebabkan lavender bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman Lavender

Lavender ini termasuk tumbuhan semak, rumput-rumputan dan tumbuhan menahun. Akar dari lavender termasuk akar tunggang tapi dibagian sisinya tumbuh akar serabut. Warna putih dengan panjang sekitar 1-2 meter. Akar yang berguna untuk menyerap zat nutrisi dari tanah dan agar tanaman ini tegak berdiri.

Tanaman ini mampu mencapai tinggi 60 cm dengan batang berkayu dengan banyak cabang. Batangnya berbentuk bulat dan tegak. Tulang daunnya sejajar, ujung daun meruncing dengan tepi daun bergerigi. Dengan bentuk oval berwarna hijau muda sampai dengan tua dan halus permukaannya.

Sedangkan bunga tersusun di tangkai secara spiral dengan ukuran kecil. Punya warna ungu kebiruan. Bunga tersusun dalam tangkai sebanyak 6-10 kuntum dengan aroma yang wangi. Dikelililingi dengan bulu-bulu halus yang menghasilkan minyak atsiri sehingga bunganya sangat bermanfaat karena bisa diambil minyak atsirinya.

Tanaman lavender ini tumbuh di seluruh dunia dan ia membutuhkan sinar matahari penuh, termasuk tanaman hardy tanaman yang bisa tumbuh di berbagai iklim. Oh ya kalau melihat warna bunga lavender yang ungu, warna royaliti.

Warna yang melambangkan keanggunan, kemewahan dan kehalusan. Saat memberikan bunga ini menandakan kekayaan dan kebijaksanaan.

Cara Membudidayakan Lavender

Karena tanaman lavender ini banyak macamnya, kalau mau menanam kita harus cari tahu jenis mana yang mau ditanam dengan melihat kelebihan dan kekurangannya. Kemudian kita harus mencari bibit yang berkualitas. Sesudahnya menyiapkan media tanam, seperti polybag atau pot, tanah gembur, kompos, pasir, batu kerikil, cetok dan sterofoam. Dan tahap penyemaian bibit tahap yang menentukan sekali.

Caranya sterofoam dimasukan di dasar pot atau polybag. Kemudian masukan campuran tanah, kompos dan pasir dengan bandingan 1:1:1. Memasukan bibit ke dalam tanah dengan cara melubangi tanah . Satu bibit untuk satu pot. Bibit ditutup dengan tanah dan disiram denagn air secukupnya. Kemudian menaruh pot di tempat yang terkena sinar matahari.

Manfaat Lavender

Dan budidaya tanaman lavender juga bukan hanya untuk tanaman hias juga ditanam untuk diambil manfaatnya, karena salah satunya menghasilkan minyak atisri yang bisa diproduksi untuk wangi-wangian aromaterapi dan bisa digunakan untuk beberapa produk seperti sabun, minyak wangi, balsem dan masih banyak lagi. Beberapa manfaat dari tanaman lavender ini seperti:

  1. Sebagai pengusir nyamuk. Tanaman hias yang mulai disenangi karena bisa mengusir nyamuk dari rumah
  2. Pengharum dengan aroma yang khas. Ekstrak bunga lavender sudah diproduksi masal untuk digunakan produk kesehatan dan kecantikan sebagai wewangian atau untuk menambah aroma
  3. Untuk menghilangkan stres. Ternyata aroma lavender ini membuat kita rileks dan tenang. Efek relaksasi ini dikarenakan ada efek anti neurudrepresive. Dan efek sedatif dari aroma ini akan membantu kita tidur lebih nyenyak. Bisa digunakan saat mandi dengan meneteskan minyak lavender ke dalam air untuk mandi
  4. Untuk Kesehatan mental. Kandungan linaool pada ekstrak bunga lavender dapat membantu mengurangi kecemasan dan memberikan perasaan santai. Efek linaool ini nantinay bisa digunakan untuk obat dan terapi kesehatan mental
  5. Perawatan kulit dan rambut. Bunga lavender mampu memberikan kesimbangan pH kulit sehingg bisa menyembuhkan iritasi kulit dan melembabkan kulit yang kering.
  6. Pencegah kanker.Bisa menyembuhkan luka luar dan bunganya mengandung polifenol yang bisa mencegah munculnya radikal bebas.

Tuh kan, banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman lavender ini. Jadi gak ada salahnya loh menanam tanaman ini. Selain cantik bentuk dan warna bunganya yang ungu, manfaatnya banyak. Jika ditaruh di teras depan rumah, saat sore-sore sambil minum teh dari ekstrak bunga lavender rasanya nikmat dan aromanya membuat kita jadi santai.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top