Gaya Hidup

Aplikasi ProSehat Dukung Ibu Hamil

 

Kehamilan adalah proses alami yang terjadi pada perempuan. Sayangnya tidak semua perempuan bisa atau dapat mejalani proses kehamilan normal. Sebetulnya semakin dini diketahui seorang perempuan hamil, seharusnya proses kehamilannya bisa segera ditangani, sehingga meminimalkan dampak negative. Pada beberapa kasus kehamilan, bisa terjadi gangguan. Karena itu para perempuan perlu mengetahui tanda-tanda kehamilan yang terjadi. Ini memungkinkan antisipasi agar jika ada gangguan bisa segera di tangani.

Gangguan apa saja yang bisa terjadi pada kehamilan? Banyak! Salah satunya, dengan tidak mengetahui dirinya hamil, perempuan bisa melakukan banyak kesalahan yang dapat menyebabkan keguguran. Kerja berat, salah satunya.  Saya punya pengalaman ketika bertugas ke sebuah kabupaten di Sumba Barat. Saya bertemu perempuan muda yang seharusnya belum boleh hamil. Usianya baru sekitar 15 tahun. Saya menemuinya sedang menimba air dari sumur padahal dirinya dalam keadaan hamil besar.

Ketika saya tanyakan, apakah ia mau mandi? Karena menimba air begitu banyak? Jawabannya sangat mengejutkan, karena ia menjawab: Ini disarankan keluarganya, orang hamil harus bergerak agar proses kehamilannya lancar. Oh My God! Beraktifitas/bergerak pada ibu hamil memang disarankan tapi bukan kerja berat/kerja keras.

Apa ada perempuan yang tidak tahu dirinya hamil? Banyak! Pada kasus di mana haid tidak teratur, banyak perempuan yang tidak sadar kalau dirnya sedang hamil. Atau sebaliknya, karena asupan gizi yang baik, ada perempuan yang tidak merasakan perubahan saat hamil. Artinya, tubuhnya nyaman-nyaman saja, makan enak dan aktivitas juga enak.

Kehamilan,  menyebabkan terjadinya perubahan hormonal. Perasaan mual sampai muntah, nyaris setiap pagi. Bahkan ada yang sepanjang hari. Pada sebagian perempuan rasa mual dan muntah hanya di trimester pertama. Ada juga yang mengalami mual selama masa kehamilan. Jika rasa mualnya biasa-biasa saja, dalam pengertian si calon Ibu tetap bisa makan, maka bisa dipastikan kehamilannya tak bermasalah. Berbeda dengan perempuan hamil yang rasa mualnya menyebabkan semua yang di makan di muntahkan, ini bisa berakibat fatal. Karena ada calon bayi yang juga membutuhkan asupan gizi untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk kebutuhan Gizi lainnya ibu hamil memerlukan Kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, Fe, Zn, Cu, dan multivitamin jika di butuhkan. Semua nutrisi dan kebutuhan gizi sebaiknya di konsumsi pada kadar normal atau secukupnya jangan terlalu berlebihan. Pada kondisi ibu hamil kekurangan gizi dapat menyenakan gangguan selama hamil, Ibu jadi tidak sehat. Bahkan bayi bisa lahir dengan berat badan yang tidak mencukupi.

Pada kondisi  bayi dengan Berat badan Lahir Rendah (BBLR)-kurang dari 2500 gr, bayi berpeluang banyak mendapatkan gangguan pada masa tumbuh kembangnya. Karena itu penting Ibu hamil mendapatkan asupan gizi yang sesuai kebutuhan. Selain memperhatikan nutrisi, ibu hamil juga harus memperhatikan jenis obat apa yang perlu di minum dan tentu nya aman untuk sang ibu dan janin. Seperti yang kita ketahui banyak  ibu hamil mengalami keluhan seperti mual, muntah, sakit kepala, sembelit/ susah BAB.

Untuk menjalani kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat juga, Ibu hamil disarankan menghindari obat-obatan. Tapi pada kondisi tertentu, seperti mual  dan muntah yang luar biasa, maka Ibu hamil perlu mengkonsumsi obat anti mual/muntah. Namun Ibu hamil juga pasangan dan keluarga harus cerdas dalam memahami obat-obatan yang perlu dikonsumsi.

Dr Bram

Saya beruntung bisa hadir dalam sebuah talkshow dengan tema tema Ibu Pintar Mencapai Kehamilan Optimal  yang dilakukan Pro Sehat dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional.  Dengan narasumber dr. Bram Pradipta SpOG, yang memaparkan banyak informasi   bermanfaat terkait Ibu hamil dan Kehamilan

Yang sering dirasakan Ibu hamil adalah rasa mual dan rasa sakit kepala. Untuk mengatasi mual dan muntah, karena ada perubahan pada Ibu hamil, di mana menurut dr. Bram Pradipta SpOG, katup lambung pada Ibu Hamil lebih mudah terbuka dan tertutup, maka di sarankan pada Ibu hamil untuk makan dalam porsi kecil tapi sering.

Obat muntah untuk keamanan obat  menduki kategori B dan di minum hanya bila di perlukan saja dan sesuai anjuran dokter. Jadi jangan dijadikan kebiasaan. Jika sudah tidak mual dan muntah, obat anti mual muntah juga tidak perlu dikonsumsi.

Bram Pradipta SpOG juga mengingatkan pentingnya Ibu Hamil mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan. Karena kekurangan nutrisi saat hamil akan berdampak pada Ibu dan bayi yang akan dilahirkan. Yang tebruruk, Bayi tumbuh dan berkembang tidak normal alias memiliki gangguan. Pepatah bilang, sesal kemudian tidak berguna, makanya buat prempuan yang ingin hamil, ada baiknya dipersiapkan dengan baik, Sehingga bisa menjalani kehamilan dengan sehat hingga melahirkan.

Untuk itu perlu informasi yang baik dan terpercaya. Kini ada aplikasi ProSehat . Berbagai informasi bisa di dapat dari sana, termasuk konsultasi dengan para dokter dan membeli obat-obatan atau vitamin. Teknologi terus berkembang mempermudah kehidupan manusia. Di era serba digital berbagai aplikasi dalam telepon pintar juga terus bertambah. Salah satunya ProSehat. Sebuah aplikasi yang lahir dari kesegelisaan dr. Gregorius Bimantoro – Founder ATOMA-PROSEHAT.

Sejujurnya, sebagai perempuan, saya berbahagia dengan adanya aplikasi ProSehat. Karena ProSehat menyediakan kemudahan akses untuk konsultasi, menebus resep dokter, membeli obat bebas, vitamin dan suplemen kesehatan. Pengguna dapat langsung memperoleh manfaat dari genggaman lewat aplikasi berbasis sistem Android yang saat ini merajai pasar ponsel pintar. Untuk menjamin keamanan dan keaslian produk kesehatan, maka ProSehat bekerja sama dengan berbagai apotek lokal dan resmi yang tersebar di berbagai lokasi terutama kota Jakarta.

Bagaimana masyarakat/konsumen bisa mempercayai, bahwa konsultasinya bukan dengan robot atau mesin? Tim pendiri ProSehat yang berlatar belakang dokter, membuat mereka sangat memperhatikan keselamatan pasien. Oleh karena itu, setiap resep obat atau permintaan pesanan obat yang masuk melalui aplikasi ProSehat akan disaring dan diverifikasi oleh apoteker yang bersertifikat dan berpengalaman. Resep-resep yang bermasalah, baik kurang lengkap atau dikhawatirkan adanya modus penyalahgunaan akan dikonfirmasikan ulang oleh tim CS ProSehat mengenai keaslian resep tersebut. Tuh, terlihatkan, konsultasi atau verifiaksi obatnya bukan oleh robot atau mesin.

ProSehat memiliki fitur-fitur yang sangat membantu:

Aplikasi Android yang bertujuan membantu keluarga Indonesia mendapatkan akses kesehatan ini sangat mudah dipakai. Fitur utama untuk kirim resep dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Langsung kirim foto atau unggah resep dokter dari galeri foto di ponsel cerdas Anda. Jangan lupa menuliskan diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahkan proses verifikasi resep
  2. Lanjutkan proses pemesanan dengan mengisi detail pengiriman dan pasien. Disini mungkin Anda perlu daftar menjadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan
  3. Ikuti perjalanan pesanan Anda dari menu Pemesanan untuk melihat verifikasi resep dari apoteker, ketersediaan stok, sampai kepada pengiriman produk ke lokasi Anda

Menebus obat resep sekarang jadi lebih mudah, dimana sebelumnya ketersediaan obat yang diresepkan di apotek maupun waktu tunggu persiapan obat seringkali tidak jelas. Pengguna aplikasi ProSehat kini dengan tenang bisa menunggu sambil beristirahat di rumah, obat akan diantar dari apotek resmi dengan pembayaran melalui transfer bank maupun cash-on-delivery (COD) khusus area Jakarta. ProSehat tetap melayani pesanan dari penjuru Nusantara, kami menawarkan metode pengiriman yang sesuai kebutuhan keluarga Indonesia.

Pengalaman adalah guru terbaik, oleh karena itu setelah aktif di bidang kesehatan digital selama hampir satu dekade ProSehat merangkum 4 masalah penting yang kerap ditemui oleh masyarakat Indonesia dalam hal akses layanan obat. Masalah tersebut adalah:

  1. Antrian obat yang lama dan tidak jelas prosesnya dalammenebus obat resep,
  2. Stok obat yang tidak tersedia baik akibat produksi pabrik maupun distribusi
  3. Lupa beli obat resep yang harus rutin ditebus, terutama bagi penderita penyakit kronis
  4. Kesadaran konsumen akan pentingnya memahami informasi dan keamanan obat, belum lagi ketidaktahuan harga obat.

Empat hal di atas adalah alasan mengapa ada ProSehat.com. Bahkan memenangkan Seedstars World Jakarta pada pertengahan September 2015 lalu. Jika ada yang mempermudah aktifitas kita, mengapa tidak kita manfaatkan? Bayi sehat  lahir dari Ibu hamil yang sehat juga.

Yuk Install aplikasi ProSehat sekarang melalui Google Play Store atau klik link app.prosehat.com. Banyak promo yang bikin dompet tetap aman.Aplikasi ProSehat

Elisa Koraag

I am a Mom, Wife, Writer, Traveller. I love my family and i am a blogger. I care about human, specially women and children isuues

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top