Parenting

Aman Gak Sih Penggunaan Baby Walker Itu?

Sedang pilih-pilih kado untuk bayi? mau kado barang konvensional atau mengaplikasikan teknologi masa kini? Teknologi untuk perawatan bayi memang telah merambah personal care seperti diapers hingga perlengkapan untuk mengasuh bayi seperti stroller dan baby walker. Jika stroller bertujuan mempermudah menggendong bayi maka baby walker diyakini membantu bayi lebih cepat belajar berdiri dan berjalan.

Selama ini diyakini baby walker membantu memacu gerak motorik kasar si bayi. Asumsinya saat berdiri menggunakan baby walker sebagai tumpuan maka bayi akan terbiasa belajar berdiri tegak, menggunakan telapak kaki untuk menapak dan terpacu untuk bergerak. Baby walker membantu bayi belajar berdiri dan berjalan tanpa bantuan orang dewasa. Gerakan memapah balita untuk belajar berjalan seringkali membuat ayah ibu lelah karena harus membungkuk sambil memegang tangan balita dan berupaya menjadikan langkah kaki bayi stabil dan seimbang sehingga tidak mudah goyah atau terjatuh.

Tetapi benarkah baby walker membantu balita berjalan lebih cepat? Jawabnya tergantung pada memilih model baby walker, Jika dilihat dari posisi bayi yang diletakkan di baby walker model sit in (duduk) sang bayi mungkin berada pada posisi yang kurang tepat untuk belajar berjalan. Di dalam baby walker bayi lebih banyak duduk tetapi sambil menggerakkan kaki sehingga baby walker bisa meluncur. Kebayang kan posisi bayi mengayuhkan kaki tapi posisinya tetap duduk alias tidak tegak berdiri.

Selain itu sebagian ahli berpendapat, pengunaan baby walker dari sisi fisiologis medis pun sebenarnya tidak cukup bermanfaat. Lebih lanjut dikhawatirkan babywalker cenderung merugikan karena aktivitas motorik yang terjadi saat anak menggunakan baby walker hanya melibatkan sebagian otot motorik saja yaitu otot – otot betis. Semestinya stimulasi motoris harus melibatkan fungsi otot paha dan otot pinggul agar bayi bisa belajar melangkah dengan benar. Kemampuan berjalan merupakan gerakan yang dihasilkan dari proses koordinasi otot – otot besar. Bila proses pelatihan tidak benar, bayi jadi lambat berjalan. Sebaliknya, semakin intensif dan tepat simulasi fisiknya serta dibarengi asupan gizi seimbang, bayi bisa saja mulai berdiri dan berjalan di usia 9 bulan.

Tips Memilih Baby Walker

Memilih baby walker harus seksama dan tak asal pilih belaka. Beberapa ahli medis berpendapat bahwa baby walker berpotensi mengakibatkan kelainan fisiologis pada kaki bayi. Hal ini disebabkan karena pada baby walker model sit in, sang bayi duduk sambil mengangkang dalam baby walker. Posisi seperti ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kelainan tulang paha. Akibatnya sang balita kelak bisa berjalan mengangkang. Aduh, sayang sekali dong ya?

Meski terdapat berbagai pendapat yang mengkhawatirkan penggunaan baby walker namun pendapat yang menganggap bahwa baby walker membantu menstimulasi bayi belajar tidak sepenuhnya salah. Hanya perlu memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan saja. Beberapa hal berikut perlu diperhatikan saat memilih memanfaatkan baby walker. Yaitu:

1. Memilih type baby walker

Lebih baik memilih model push baby walker (bayi berdiri di belakang walker) daripada sit-in baby walker. Model sit-in tidak banyak menstimulasi gerakan kaki dan berpotensi merusak fisiologis kaki bayi. Model push up baby walker yang berupa mainan beroda dan dapat didorong memungkinkan bayi distimulasi untuk belajar berjalan lebih cepat. Sang balita tertarik untuk melakukan gerakan mendorong sehingga tanpa disadari gerakan tersebut menjadi stimulasi untuk berdiri tegak dan berjalan.

2. Waktu pengenalan baby walker

Hendaknya baby walker dikenalkan pada bayi atau balita yang telah mampu melakukan gerakan duduk atau memiliki kemauan untuk berdiri. Jangan mengenalkan baby walker pada saat bayi belum punya kemampuan menegakkan tubuh karena berpotensi mengganggu pertumbuhan fisiologis sang bayi. Iya juga sih, saat kaki dipaksa berdiri padahal belum tegak benar mungkin bisa menyebabkan kaki bengkok.

3. Pengawasan penuh

Baby walker bukan baby sitter yang bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan bayi. Gerakan baby walker dengan roda yang meluncur cepat bisa tidak terkendali apalagi jika berada di lantai landai atau di area dekat tangga. Sang bayi juga bisa terancam keselamatannya jika dia meluncur bebas mendekati perapian, kolam, colokan listrik dan berbagai benda berbahaya lainnya. Jangan pernah membiarkan bayi tanpa pengawasan ketika bermain bersama baby walker. Cedera pada kepala akibat benturan, luka memar, luka bakar, luka gores bisa terjadi jika sang bayi mengalami kecelakaan saat belajar berjalan menggunakan baby walker tanpa pengawasan. Bawalah bayi di tempat yang lapang ketika ingin melatih motoriknya dan tetap awasi serta bimbing ia saat menggunakan baby walker.

Psst saya menulis artikel ini bukan tanpa tujuan. Mama saya pernah bercerita bahwa di umur balita saya pernah terjungkal dari Baby Walker karena meluncur riang gembira tanpa pengawasan. Sialnya saya meluncur hingga ke arah lantai rumah yang menurun sehingga kecelakaan pun terjadilah. Maka waspadalah ketika memanfaatkan baby walker untuk menyenangkan bayi anda.

Image source: shutterstock.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top