Menulis Yuk

Aku Temukan Jawa Berselera Global di Furniture Indonesia 2016

lukisan jokowi dari potongan kayu

Wow! Senang sekali hari ini aku berkesempatan untuk meliput pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016 di Jakarta Convention Centre (10-13 Maret 2016). Memasuki Hall B Jakarta Convention Center, mataku sudah dimanjakan dengan pemandangan berbagai furniture dari rotan dan kayu yang indah nan menakjubkan. Setelah gong pembukaan ditabuh oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin sebagai tanda peresmian pembukaan, para tamu undangan langsung mengunjungi stand-stand pameran yang diikuti 300 exhibitor domestik dan asing ini. Kabarnya ada 1978 buyer dari 87 negara loh yang siap “bertransaksi” di sini. Wahhh keren nih. Semoga aja banyak produk kita yang bikin lapar mata mereka.

Mengunjungi pameran yang menarik berasa berwisata. Aku sangat menikmatinya. Makanya suka lupa waktu kaki berdiri berjam-jam cuma untuk melongoin yang menarik. Seperti ketika kakiku berayun ke stand Bapak A. Kuswidiarso, asal Semarang.  Ealah, wong Jowo ketemu dulur,  hehe.. Ikutan bangga.

Yang bikin mataku lapar pada stand Madero International ini adalah lukisan Pak Jokowi.  Ternyata 100 persen dibuat manual dari potongan kayu. Sayangnya aku lupa jenis kayu yang dipakai. Tapi yang jelas potongan kayu ini ditempel satu-satu, mirip puzzle  hingga menyerupai gambar yang diinginkan. Dari kejauhan sama sekali pasti kita tidak mengira kalau lukisan itu berasal dari potongan kayu.

 

IMG_4863

 

Bagi orang seperti aku yang cenderung nggak suka yang rumit-rumit menjelimet, welehhhh..kebayang rumitnya ngerjainnya. Kalau nggak telaten tingkat dewa, rasanya nggak bakal jadi-jadi atau seandainya jadi juga nggak presisi banget. Rata-rata untuk satu lukisan dibutuhkan waktu pengerjaan selama 1 bulan. Makanya jangan protes kalau harganya relatif tinggi mencapai 15 – 17 juta rupiah.

Mengusung konsep “Unleashing High Quality Furniture Indonesia for International Market”, Pameran furniture ini diprakarsai Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) bersama PT. Traya Eksibisi Internasional (Traya Indonesia).

Memang dasar wong Jawa, ketika jalan-jalan langsung mata ini cepet membaui yang berbudaya Jawa. Salah satunya, Gebyok kayu asal Kudus. Bagi orang jawa ini mungkin hal biasa. Tapi bagi orang kota modern bahkan bagi orang luar negeri ini sesuatu yang menakjubkan.  Aku sempat berbincang dengan Mas Ibnu, marketing dari Bima Citra Antiq yang menjual rumah adat kudus, gebyok 3 dimensi, antiq interior & furniture serta kaligrafi.

 

IMG_4872

 

Mas Ibnu bercerita, salah satu produk unggulannya adalah Gebyok, salah satu elemen pada  rumah adat kudus yang berfungsi sebagai penyekat. Seperti antara ruang tamu dan ruang keluarga atau apapun itu.  Mas Ibnu berharap sekali dengan ikut pameran ini produknya bakal luas dikenal hingga manca negara. Sampai saat ini buyer produknya memang kebanyakan dari pasar luar, diantaranya  Polandia, Mesir, Turki dan sebagainya.

Di stand ini aku juga bertemu dengan beberapa orang dari manca negara. Jadi makin penasaran apa sih yang membuat mereka terkesan dengan produk-produk yang dipamerkan di sini.

 

IMG_4875

 

Aku: Hallo Mister, dari mana??

Mrs. Robert: Saya orang Inggris, tapi saya tinggal di Malaysia

Aku: Bagaimana pendapat anda tentang pameran furniture ini?

Mrs. Robert: Wah ini sangat bagus. Ini sama dengan yang kita punya sebelumnya. Kami menjalankan bisnis seperti ini di Malaysia. Di sini saya mencari sesuatu yang baru. Ini merupakan kesempatan yang kami suka.

Aku: Bagaimana dengan furniture Indonesia.

Mrs. Robert: Saya suka furniture-furniture Indonesia. Di malaysia kami mendirikan rumah untuk menjual furniture dan kami juga beli furniture di bali untuk kami bisniskan. Setiap dua bulan sekali. Kami suka karena bahan-bahannya yang berkualitas dan indah.

Aku: Sekarang apa yang anda cari dalam pameran ini?

Mrs. Robert: Kami mencari contemporary sharpen autho dining, style dan model pahatan yang kontemporer. Kami punya workshop di Malaysia yang sama dengan di Indonesia. Kami mencari Furnitue yang minimalis dan indah.

Wow pengalaman yang luar biasa bagiku. Bagaimana tidak, di hari pertama yang masuk pameran ini adalah orang-orang elit dan pebisnis semua. Masuknya juga ketat, tak sembarang orang.

Lanjut..

Kakiku masih tak mau berhenti berjalan menyusuri keindahan pameran furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia. Masuk ke hall A mataku masih tak bisa berkedip. Melihat design-design furniture di area ini Beberapa menit kemudian aku berfikir. “Kok sebagian yang di sini  tema standnya hampir sama??” Rasa penasaranku pun membuat aku tambah kepo ke salah seorang penjaga di sana.

Entah takdir atau memang jodoh, aku bertanya pada orang yang tepat. Saat ku tanya “Mbak btw kok stand yang ada di deretan ini mirip-mirip ya??” terus si mbak jawab “Iya, kebetulan kami yang mendesain dan itu ada mas Dausnya”

Wah, sayapun langsung mengulik pertanyaan yang sama tadi.

 

IMG_4867

 

Yup, mas Iqra Firdausi ini menjelaskan area ini namanya area Kolektif Market yang menghadirkan produk-produk dari desainer dan produsen lokal yang memiliki visi maju dan berkembang memajukan produk Indonesia.

Nah, mas Daus dari SOSEKI Design mencoba mendesain satu fasilitas yang bisa menjadi HOME bagi siapa saja yang ingin berkembang. Selain soal design, mas Daus juga memiliki satu brand produk, “Kine” namanya. Penampakannya tidak hanya indah, tetapi juga fungsional dan awet. Pantas saja, produk-produk yang dipamerkan lebih banyak mengedepankan nilai-nilai lokal, baik bahan baku maupun teknik pembuatannya.

 

IMG_4864

 

IMG_4865

 

Dengan adanya Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia,  diharapkan selain pastinya transaksi yang bikin hepi, juga tumbuh semangat pembaharuan, dan kolaborasi untuk memajukan produk Indonesia.

 

By: Farichatul Jannah

Farichatul Jannah

Farichatul Jannah

•Eks Penyiar Radio •Blogger •Video Blogger •VO •Script Writer •Kontributor Video TV •Product Review
Farichatul Jannah

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top