Menulis Yuk

Aktualisasi Diri Generasi Milenial di Media Sosial

Di era digital ini kita sebagai pengguna harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Memberikan berbagai hal positif dan mengurangi hal negatif.

Bagikan Jika Bermanfaat

Dunia sempat digegerkan dengan peristiwa bunuh diri Chester Bennington. Ketenaran dan harta melimpah, ternyata tetap saja tidak membuat Chester bahagia. Dengan sebuah gerakan digital, 320 Change Direction, Linda Bennington, istrinya, berusaha men-sosialisasikan lewat media sosial, mengenai perubahan-perubahan yang harus dilihat dari seseorang, untuk menyadari adanya gejala depresi.

dr. Nova Riyanti Yusuf menyampaikan materi tentang media sosial

Berbagai hal bisa mempunyai pengaruh dalam terjadinya gangguan pada seseorang. Masalah penggunaan media sosial yang berlebihan saat ini diyakini, dapat mengakibatkan orang gampang terkena depresi.

media sosial hadir sebagai sponsor di acara Simposium Pengaruh Media Sosial Terhadap Generasi Millenial Seminar, pada tanggal 3 Oktober 2018, di Aula Bung Hatta Kampus A UNJ Rawamangun. Dengan para peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan akademisi,  diharapkan dapat membuka wawasan, mengenai dampak penggunaan media sosial, yang sedang marak akhir-akhir ini.

Kita tidak bisa melihat orang baik-baik saja, karena belum tentu jiwanya tidak bermasalah,” ungkap dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Jiwa DKI Jakarta, yang juga Anggota DPR RI periode 2018-2019, saat berbicara di hadapan para peserta.

Pencegahan harus dilakukan di masa sekolah, karena generasi ini lebih sensitif dengan kejiwaan.  Kasus bunuh diri kebanyakan terjadi di negara dengan pendapatan rendah.

Menurut Data WHO pada tahun 2017, bunuh diri ini menjadi penyebab kematian kedua pada rentang umur 15-29 tahun.

Untuk Indonesia sendiri, survei pada akhir tahun 2015 yang dilakukan oleh Yusuf, N., Prasetyo (sumber:  Harian Kompas September 2017)

Sekitar 18,6 persen remaja ibu kota Jakarta, mempunyai ide untuk mengakhiri hidupnya. 

Cukup mencengangkan bagaimana anak muda sekarang lebih mudah untuk bunuh diri, dibandingkan zaman para orang tua dulu.

Generasi Milenial Dan Dampak Media Sosial

Generasi Milenial terbiasa hidup mencari pengakuan dari media sosial, melalui like dan komen dari postingan. Dengan merujuk media sosial, aktualisasi diri berada di tingkat paling atas.

Generasi Milenial sebagian besar lebih suka menggunakan dua atau lebih akun media sosial

Penggunaan media sosial yang berlebihan tanpa kontrol, bisa mengarah ke curhatan hati di media sosial, untuk meminta bantuan. Yang kemudian mengarah ke kecanduan dalam bermain media sosial. Pengguna takut bila berjauhan dari gadget dan internet walau dalam jangka waktu sebentar.

FoMo merupakan kecemasan seseorang karena takut ketinggalan suatu momen di media sosial

Generasi Milenial kadang mengalami stress, hanya karena tidak ada yang mengomentari media sosialnya. Namun aktualisasi diri berlebihan, bisa menjelma menjadi kecanduan perilaku, seperti kecanduan internet dan smartphone.

Penyerahan Hadiah KLink untuk Dr. Abdul Rahman Shaleh

Dr. Abdul Rahman Shaleh, S.Ag, M. Psi., sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Psikologi Positif Indonesia, menjelaskan tentang cara menjaga kesehatan mental dalam menggunakan media sosial. Apalagi jika ternyata menggunakan media sosial tidak memberikan pengaruh baik yang cukup berarti, maka lebih baik rehat sejenak dari media sosial.

Youtube, media sosial yang paling banyak memberikan dampak positif

Ditambahkan lagi oleh Dr. Abdul, dua hal aktualisasi diri yang harus dimiliki oleh para generasi Millenial, yaitu dengan memiliki perfomance bagus dan networking yang bagus.

Tasya Kamila, salah satu Youth Influencer

Sedangkan Tasya Kamila sebagai Youth Influencer, mendukung penggunaan media sosial oleh generasi Millenial, asalkan dapat mewujudkan ide-idenya menjadi aktual, tidak hanya sekedar wacana. Peluang aktualisasi diri diberikan oleh media sosial dengan men-share konten menarik bisa menginspirasi orang lain.

“Kita bisa follow akun orang yang inspiring dengan karya dan kegiatan yang dilakukannya,” tambah Tasya.

Generasi Milenial dapat menemukan banyak tokoh inspiring di media sosial. Selain itu juga menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan me-monetize media sosial. Dengan banyak terinspirasi melalui media sosial, generasi Millenial menjadi tahu passion-nya, yang bisa dimaksimalkan untuk berprestasi.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top