Branding

Aktivasi Konsumen Gak Harus Mahal, Kok

Brand kudu menjalin engagement dengan potential customer. Itulah mengapa, banyak agency yang di-hire buat mewujudkan event komunitas. Yeah, seperti Mombassador SGM yang sempat saya ikuti beberapa waktu lalu. Untuk event nasional yang mengumpulkan bunda sejagat Indonesia, pastinya dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Buat sewa resort selama 3 hari 2 malam aja udah kena charge sekian juta, belum lagi biaya makan, sewa bus, tiket pesawat dan sebagainya. Apalagi peserta Mombassador mencapai angka 61 bunda (untuk batch/angkatan ke-4) ditambah reuni Bunda Mombassador SGM batch 1, 2 dan 3. Wohooo… berapa ratus juta dana yang kudu dibelanjakan ya kan? Tapi, sekali lagi, kalau dari pengamatan saya, anggaran yang keluar, sangat sebanding dengan loyalitas para bunda. Banyak di antara kami yang dengan senang hati men-share segala postingan di Fanpage Aku Anak SGM. Yap, terkadang modus biar menang kuis juga sih, hihihi. Tapi, the point is, tujuan pihak brand agar tercipta engagement sudah tercapai.

Salah satu sarana bersenang-senang, tanpa harus melibatkan budget ratusan juta, adalah dengan melakukan aktivasi ke kompleks perumahan atau kampung. Tentunya harus dilihat apakah sesuai dengan target market yang dibidik oleh brand yak. Pas lagi bersih-bersih dokumen di laptop, saya nemu dokumentasi foto “Veja Berbagi Bersih”.

cimg4816

Ceritanya, waktu itu (tahun 2013) saya ikut kuis di Fanpage Veja. Iyaa, selain ngeblog, saya juga merangkap kuter alias kuis hunter, hahaha. Peserta kuis diminta menjelaskan alasan, “Mengapa tim Veja harus datang ke rumah/kediaman Anda, dan melakukan bersih-bersih secara optimal di sana.”

Saya lupa sih, jawaban persisnya seperti apa, tapi yang jelas, jawaban saya selaras dengan selera tim Veja. Yo wis, hadiahnya adalah…. rumah saya dibersihkan dengan seksama (dan dalam tempo sesingkat-singkatnya) plus insentif 500 ribu untuk bikin acara buka puasa bersama di rumah.

Yap, aktivasi ini digelar di bulan Ramadhan. Sambil ngabuburit gitu, ceritanya. Saya undang saudara sepupu yang tinggal dekat kompleks kami. Datang serombongan dong, sama krucil-krucilnya. Sohib Sidqi yang tinggal satu kompleks juga join ke kemeriahan ini. Hamdalah… di depan rumah kami, bercokollah lapangan. Sangat representatif buat tim Veja yang mau berbagi kemeriahan.

Ada papan berisikan aneka hadiah yang bisa diputar bergantian. Saya nggak faham ya, ini hukumnya gimana, tapi insyaAllah bukan judi lah ya. Karena cuma buat having fun aja, dan kita enggak keluar duit sama sekali kok, buat muter papan hadiah ini.

cimg4809

Apa aja sih, kado yang disiapin tim Veja? Hoho, jangan bayangin mobil, motor atau skuter dong ah. Yang berjejer di depan kami adalah….. ember, sapu, pengki, hahahha. Bener-bener muraaaah, tapi bikin hepi. Selain hadiah “murmer” itu, tim Veja juga siapkan voucher belanja, yang cuma 2 stok. Rejeki dek Nefla niiih, yang dateng bareng utinya.

cimg4805

Ibu-ibu kece juga sempat ikutan lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Hihi, as they said, happiness is soooo…. simple! Bisa ikutan lomba kayak ginian, mengingatkan kita pada memori 17-an jaman kicik dulu yak. Seruu!

cimg4814

Di akhir acara, semua yang hadir kebagian masakan super duper lezat, berupa gurame goreng siram saus manis, presented by chef Uti Fat. Masih kebayang sedapnya masakan (almarhumah) ibunda saya. Semoga beliau sedang main-main di taman surga, dan nge-date dengan almarhum ayah saya. Aamiiin…

Veja juga membagikan hampers gedhaaaa banget buat kami sekeluarga. See? Aktivasi target market nggak harus mihil kan?

cimg4830

 

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Happy weekend, sahabat Indoblognet 😁 Punya rencana jalan-jalan kemana sih, kalian? Kasih tau dong *kepo nih 😄
Btw, cara jualan zaman sekarang tuh udah jauh lebih edukatif dibanding dulu lho, guys. Gak usah jauh-jauh deh, ceki-ceki aja olshop di IG-mu 😀 Banyak olshop yang menjual produknya dengan disertai ulasan bermanfaat yang berkaitan dengan produk mereka. Intinya, zaman sekarang ini penjual harus pintar mengedukasi konsumen, bukan hanya pintar "mengoceh" mempromosikan produk, yaaa 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #sales #marketing #onlineshop #ecommerce #selling #viral #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top