Indo Blog Net

Gaya Hidup

5+ Aksesoris Sepeda Lipat Ini Bikin Anda Lebih Nyaman Berkendara

aksesoris sepeda lipat

Tak bisa dipungkiri jika rutin olahraga merupakan salah satu kunci suksesnya menjalankan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bukan hanya soal makan sehat, tidur yang cukup, dan membiasakan berpikir positif. Olahraga yang dilakukan secara rutin juga terbukti dapat mendongkrak imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit, termasuk virus Corona yang saat ini sedang melanda dunia. 

Salah satu jenis olahraga yang saat ini sedang banyak digemari adalah bersepeda menggunakan sepeda lipat. Olahraga yang satu ini memang lebih seru, apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau sahabat. Pastinya Anda makin semangat berolahraga, nih!

Selain itu, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sepeda lipat, olahraga terasa lebih mudah dan praktis. Nah, untuk menunjang kenyamanan dalam bersepeda, sepeda lipat Anda perlu dilengkapi dengan berbagai aksesoris. 

9 Aksesoris Sepeda Lipat Ini Bikin Berkendara Lebih Nyaman

Aksesoris ini bukan hanya membuat bersepeda jadi lebih aman dan nyaman, tapi juga menambah nilai pada penampilan sepedamu, lho. Tak ada salahnya kok kalau Anda ingin tampil lebih keren saat berolahraga. Jika Anda lebih semangat berolahraga tentunya ini baik untuk kesehatan Anda bukan? 

Yuk, baca selengkapnya! Berikut ini 9 aksesoris sepeda lipat yang bikin Anda lebih nyaman berkendara. Apalagi jika Anda sudah memiliki salah satu dari rekomendasi merk sepeda lipat terbaik ini.

1. Helm

aksesoris sepeda lipat

Credit: superadventure.co.id

Aksesoris ini tentunya jadi yang paling penting dan wajib digunakan saat bersepeda. Helm berfungsi untuk menjaga keselamatan Anda saat bersepeda. Dengan menggunakan helm, Anda dapat meminimalkan risiko yang timbul dari kecelakaan. Helm dapat menjaga kepala dari benturan. 

Jika Anda menggunakan helm, saat terjadi benturan maka kepala Anda akan terlindungi. Sebagaimana kita ketahui bahwa kepala adalah salah satu organ vital pada tubuh kita, jadi melindungi kepala tentunya adalah hal yang sangat penting.

Selain itu, menggunakan helm juga bisa membuat penampilan lebih keren, lho. Ya, helm yang bagus pastinya akan membuat Anda lebih percaya diri saat bersepeda. Pastikan Anda memilih helm berkualitas yang memberikan perlindungan optimal serta gunakan dengan cara yang benar.

Anda juga bisa memberikan helm pada anak Anda untuk melengkapi sepeda lipat favorit anak ini. Sehingga anak Anda lebih aman dan nyaman saat mengendarai sepedanya. Apalagi kalau dia sedang senang-senangnya belajar mengendarai sepeda.

2. Spion

aksesoris sepeda lipat

Credit: review.bukalapak.com

Meski sebagian besar sepeda tidak mempunyai spion, namun jika Anda berkendara di jalan umum atau jalan raya, aksesoris yang satu ini menjadi wajib untuk digunakan. Spion berfungsi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan saat bersepeda.

Walaupun kecepatan sepeda lebih rendah dibanding kendaraan bermotor, namun saat bermanuver, belok kanan dan kiri, tentunya Anda harus memerhatikan posisi Anda dan kendaraan lain, bukan? Bukan hanya memberikan keamanan bagi Anda, tapi juga bagi pengguna kendaraan lainnya. Apalagi pada kondisi jalanan Indonesia yang terbilang ramai dengan kendaraan motor dan mobil. 

Sebaiknya pilih spion yang praktis, misalnya spion yang bisa dilipat. Spion ini dapat menghemat ruang dan tak mengganggu mekanisme pelipatan sepeda. Selain itu, pilih spion yang mempunyai permukaan cembung yang dapat memberikan jarak pandang lebih luas di arah belakang. Dengan adanya spion, Anda tak perlu menoleh ke belakang saat bersepeda, cukup melirik spion untuk memastikan bahwa Anda bergerak dengan aman.

3. Saddle cover

aksesoris sepeda lipat

Aksesoris yang satu ini penting untuk kenyamanan Anda bersepeda. Sadel sepeda yang terasa kaku dan keras tentunya mengganggu kenyamanan dalam bersepeda. Saddle cover ini akan membuat sadel terasa lebih empuk sehingga nyaman digunakan. Anda bisa lebih menikmati aktivitas bersepeda termasuk untuk jarak yang jauh serta medan yang ekstrim sekalipun. 

Saddle cover ini ada yang terbuat dari gel, busa, kulit, dan lain-lain. Anda bisa pilih bahan yang menurut Anda paling nyaman digunakan. Saat ini tersedia berbagai pilihan saddle cover dengan desain yang menarik dan sporty di pasaran sehingga sadel sepeda Anda terlihat lebih premium.

4. Lampu sepeda

aksesoris sepeda lipat

Credit: review.bukalapak.com

Lampu sepeda tak hanya digunakan saat bersepeda di malam hari, tetapi juga siang hari. Hal ini dilakukan untuk tujuan keamanan Anda serta pengguna kendaraan lainnya, khususnya jika Anda bersepeda di jalan umum atau jalan raya. Sebagian besar sepeda lipat tidak menyertakan lampu, itu sebabnya Anda wajib menambahkan aksesoris yang satu ini.

Dengan adanya lampu sepeda ini akan membuat Anda lebih “terlihat” oleh para pengguna jalan lainnya. Asap, kabut, debu, maupun hujan dapat mengurangi jarak pandang. Nah, pemakaian lampu sepeda ini akan membuat pengendara lain menjaga jarak aman dengan Anda. 

Agar lebih praktis, Anda bisa memakai lampu sepeda portable. Jadi saat sepeda sedang diparkir, Anda dapat melepas lampu dengan mudah dan menaruhnya dalam tas agar lebih aman. Lampu sepeda juga terdiri dari berbagai model, mulai dari LED, laser, waterproof, gyro, rechargeable, maupun wireless. 

5. Bel

aksesoris sepeda lipat

Credit: my-best.id

Aksesoris yang satu ini juga berfungsi untuk memberikan keamanan saat berkendara. Jika lampu hanya terlihat dari satu arah, lain halnya dengan bel yang dapat memberikan peringatan kepada pengguna jalan atau kendaraan lainnya dari segala arah. Anda bisa memilih bel sepeda mekanik sehingga tidak repot saat kehabisan baterai. 

Terdapat berbagai ragam bentuk serta warna bel sepeda yang bisa Anda sesuaikan dengan model sepeda Anda agar tampak lebih serasi. Sebaiknya pilih bel sepeda yang mempunyai kekuatan suara sekitar 80 – 100 desibel. Bel yang terlalu kecil suaranya kemungkinan tak akan terlalu terdengar saat suasana jalan ramai. Sedangkan bel yang terlalu keras suaranya tentunya juga dapat mengganggu pengguna jalan lainnya. 

6. Rak sepeda

aksesoris sepeda lipat

Credit: portalsepeda.com

Bagi Anda yang sering membawa barang bawaan saat bersepeda pastinya wajib punya aksesoris yang satu ini. Rak sepeda atau yang biasa disebut pannier ini akan memudahkan Anda membawa barang-barang. Rak yang terbuat dari besi bisa menampung barang bawaan hingga 20 kilogram. Bahan besi ini membuatnya cukup tangguh meski digunakan untuk membawa barang yang berat. 

Meski terbuat dari besi, rak sepeda ini terbilang ringan sehingga tidak menambah berat pada barang bawaan Anda. Tapi, sebaiknya hindari membawa barang yang terlalu berat, karena ini akan mengurangi kenyamanan Anda saat bersepeda. Rak sepeda ini tak akan merepotkan Anda karena mudah dibongkar pasang dan bisa juga dipakai untuk kursi boncengan. 

7. Tempat minum

aksesoris sepeda lipat

Credit: jakartanotebook.com

Olahraga bersepeda tentunya akan membuat Anda mudah kehausan. Nah, agar Anda tidak sampai dehidrasi saat bersepeda, jangan sampai ketinggalan aksesoris yang satu ini. Tempat minum alias bottle cage ini bisa digunakan untuk Anda menaruh botol minuman. Bottle cage ini bisa dipasang di bagian mana saja pada kerangka sepeda lipat Anda. Selain itu, Anda juga bisa melepas dan membongkar kembali bottle cage ini serta memindahkannya di bagian lain. 

8. Mudguard

aksesoris sepeda lipat

Credit: sepeda.me

Mudguard ini berfungsi untuk menutupi cipratan air dari dari roda sepeda yang berputar. Jadi meski kondisi sedang hujan atau jalanan basah dan becek, baju Anda akan tetap aman dari cipratan air. Selain itu, pada beberapa merek mudguard terdapat roda kecil di bagian punggungannya.

Roda kecil ini dapat dipakai untuk menarik sepeda saat dilipat. Dengan roda ini tentunya akan memudahkan Anda saat untuk menarik sepeda yang terlipat tanpa harus mengangkatnya. 

9. Handle handgrip

aksesoris sepeda lipat

Credit: sepeda.me

Handle handgrip ini berfungsi sebagai pegangan saat Anda menenteng sepeda dalam posisi dilipat. Handle handgrip ada yang terbuat dari kain maupun kulit dan dipasangkan pada bagian frame sepeda. Pada beberapa merek, handle handgrip juga diberi strap yang bisa dipasangkan di bahu seperti tas selempang. Dengan aksesoris ini pastinya Anda jadi lebih mudah dan nyaman saat membawa sepeda yang dilipat. 

Itulah beberapa aksesoris sepeda lipat yang dijamin bakal bikin Anda lebih nyaman berkendara. Yuk, gowes terus! 

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top