Wisata

Ahok Meresmikan Taman Baru di Monas: Taman Pandang Istana

Sepertinya taman yang bisa buat santai, bermain, duduk-duduk, menatap pemandangan indah, melipir sesaat kekeriuhan ibu kota, atau tempat berkumpul, menjadi dambaan tersendiri bagi warga Jakarta. Apalagi taman bisa menjadi alternatif piknik atau sekedar nongkrong gratis bareng pasangan maupun anak-anak. Untuk itulah penting banget kehadiran taman di kota Jakarta atau sekitarnya.

Meski sebenarnya taman gratis ini sudah cukup bertebaran ya di Jakarta, seperti taman Mentang, taman Senopati, Taman Tabebuya, Taman Buni, taman Miring, dll (saya kurang hapal juga meski taman-taman di Jakarta dan sekitarnya nyaris sudah dikunjungi, ketahuan banget ya suka tempat piknik gratis hehehe). Namun Ahok-Gubenur DKI Jakarta saat ini rupanya ingin mewujudkan impiannya memperbanyak taman dengan konsep yang berbeda-beda, taman-taman yang akan menjadikan arena tempat anak-anak bermain bebas, berkreatifitas dan berolahraga bebas. “Seperti taman main basket, tenis, yoga..” kata beliau dengan semangat.

ahok

Gubenur DKI Jakarta AHOK meresmikan Taman Pandang Istana

Maka Kemarin tanggal 30 Juli 2016 diresmikanlah taman baru di Monas, tepatnya di Simpang Monas Barat Laut oleh Gubenur Dki Jakarta-Ahok dan diramaikan beberapa karya anak bangsa, mulai orangtua hingga anak-anak sehingga acara peresmian itu berjalan dengan meriah menyedot banyak pengunjung dari siang sampai malam hari.

rajut

Kreatifitas RAJUT yang ikut meramaikan Taman Pandang Istana

Mengapa dinamai Taman Pandang Istana? Karena saat kita duduk di taman tersebut, maka view langsung mengarah ke istana Presiden, ketika malam tiba istana putih itu terlihat sangat mewah. Seakan bercerita berbagai kehidupan orang besar yang pernah ada di sana.

istana

Taman Istana Putih dari Taman Pandang Istana

Dan yang membuat taman ini berbeda, mnurut saya sebagai orang awan atau pengunjung adalah disain dan konsep taman yang lahir dari karya besar seniman Yasser Rizky, Tipografis kontemporer. Memperindah Taman Pandang Istana. Mau tahu karya besar itu?

lintangtaman

Kutipan Tokoh Indonesia yang menghiasi lantai taman

Jika kita mengunjungi Taman Pandang Istana maka akan terdapat Patung, Bangku Taman, Kutipan Tokoh Indonesia yang menghiasi juga lantai taman tersebut. Sehingga ketika berada di sana seperti berada di ruang kreatifitas yang penuh gagasan, tidak sekedar taman untuk duduk atau nongkrong.

Uniknya lagi lantai yang digunakan di taman Pandang Istana sangat ramah lingkungan karena lantai betonnya berpori-pori sehingga mengurangi genangan air, air hujan akan terserap ke tanah maupun akan pohon melalui pori-pori.Jadi tidak becek saat hujan bukan berarti air tidak menuju ke bumi kembali. Ehmm…istilah yang saya buat untuk taman ini adalah: Taman Cerdas.

Sementara untuk mengunjungi Taman Pandang Istana tidak sulit karena taman tersebut terletak tepat di pinggir jalan tidak jauh dari shelter Busway Monas dan dekat sekali dengan Museum Nasional, terletak di monas yang tidak jauh pula dari monomen Monas. Jadi sekali ke tujuan langsung ke berbagai tempat piknik cakep dong.

Ahok yang membuka taman tersebut berpesan, agar setelah ini jangan pernah melupakan selain menggunakan Taman Pandang Istana untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahannya, serta menjaga aset yang ada tetap pada tempatnya dengan baik. Karena aset tersebut adalah karya anak bangsa yang juga harus dilestarikan, sebuah simbol kecerdasan negeri ini.

Dan saat acara peresmian usai pukul delapan malam, saya-suami dan anak-anak memutuskan untuk pulang, tentu saja untuk kapan-kapan jika liburan kami akan berkunjung lagi. Dan, doa saya mimpi-mimpi Gubenur DKI Jakarta saat ini untuk membangun taman-taman bagi masyarakat terwujud. Masyarakat Jakarta juga semakin belajar menghargai aset dan keindahan yang dimiliki kotanya.

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top