Kesehatan

Ah, Segarnya Jamu Iboe di PPI Surabaya Siang Itu

Menulis tentang PPI (Pameran Produksi Indonesia) yang digelar di Grand City Surabaya 20-13 Oktober 2016 memang tiada habisnya. Berbagai produk dalam negeri berupa alat dan fasilitas kesehatan serta mesin-mesin pertanian menimbulkan decak kagum dari para pengunjungnya.

Awalnya saya sempat khawatir mengajak Radit ke pameran kali ini. Tema pameran yang mungkin tidak menarik perhatiannya akan membuatnya cepat bosan karena hanya menyaksikan alat dan mesin pertanian serta alat-alat kesehatan apalagi jika tidak ada stand makanan dan minuman. Namun dugaan saya salah. Meski sebagian besar stand memamerkan alat-alat canggih bidang pertanian dan kesehatan namun kios-kios makanan, camilan dan minuman masih dapat ditemui dengan bebas. Kios-kios makanan dan minuman ini berasal dari berbagai kota terutama Jawa Timur. Produknya pun beragam mulai dari kue brownies, puding siap saji, olahan coklat hingga es dawet dan jamu.

Jamu? Ya. Jamu, minuman tradisional khas Indonesia yang diyakini membawa manfaat bagi kesehatan. Tapi jangan dibayangkan kiosnya dijaga mbok bakul jamu gendong dengan jamu racikan berbotol-botol. Jamu kekinian bisa bersaing dengan minuman dalam kemasan. Zaman canggih, cara minum jamu pun harus mengikuti perkembangan zaman.

Saya tertarik mengunjungi stand Jamu Iboe karena kantor pusat dan pabriknya berada di area tempat tinggal saya yaitu di Sidoarjo. Warga Sidoarjo harus support “produk dalam negerinya dong” hehehe. Ogah minum jamu karena ribet harus diseduh pakai air panas, diaduk dalam gelas, pahit pula? Itu asumsi minum jamu zaman dulu. Jamu kekinian bisa dinikmati dalam kemasan, rasanya pun menyegarkan.

Kalau kios-kios jamu umumnya dilengkapi dengan termos, telur ayam kampung dan “jamu legi” untuk pengusir rasa pahit maka kios jamu kekinian dilengkapi dengan mesin sealer. Tak perlu heran menyaksikan mesin sealer di kios jam. Mesin untuk menutup gelas plastik ini sesuai kegunaannya untuk menyajikan jamu tersebut dalam cup plastik, tertutup seal lalu ditambahkan straw atau sedotan. Sebelum di tutup seal, jamu berupa bubuk dalam sachet pun disajikan dalam kondisi dingin dengan tambahan es sehingga serasa segar di tenggorokan. Nggak kalah asyik seperti minum es teh, cingcau, milkshake dan minuman siap saji sejenisnya.

iboe2
Apalagi minum jamu kekinian ini memiliki kelebihan dibandingkan minuman segar lainnya. Di balik rasa pahit-pahit segar terkandung berbagai manfaat dari minuman jamu Iboe. Berikut ini adalah beberapa varian rasa Jamu Iboe beserta manfaatnya:

1. Tamarin (kunyit asam) berfungsi menyegarkan badan
2. Temulawak berfungsi menjaga fungsi organ hati. Yang lagi patah hati coba deh minum temulawak, siapa tau hilang sedih lalu bisa melawak hehe
3. Beras Kencur. Menambah stamina dan mengatasi pegal-pegal. Pas diminum setelah capek keliling pameran
4. Rosella. Berfungsi menjaga daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol jahat.
5. Jamu “Panas dalam”. Bermanfaat meredakan gejala panas dalam.
6. Alang-alang. Berfungsi meredakan panas dalam
7. Herbal Energy Drink. Berfungsi menjaga dan meningkatkan stamina
8. SJS (Sari Jamu Sehat). Membantu menjaga kesehatan dan kebugaran agar tidak mudah sakit
9. SJSP (Sari Jamu Sehat Pria). Membantu menjaga kesehatan dan stamina pria agar tidak mudah lelah
10. Less Chol Tea. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
11. Panas Dalam Hot. Membantu meredakan panas dalam. Disajikan hangat
12. Cabe Puyang. Membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga stamina.
13. Jahe wangi. Menghangatkan badan. Nikmat diminum hangat kala udara dingin
14. Alang-alang hot. Meredakan panas dalam

Cara penyajiannya bisa memilih hangat atau dingin. Jamu Iboe ini memiliki beberapa counter yang tersebar di mall-mall di Surabaya dan Sidoarjo. Bahkan di Malang dan Denpasar juga telah tersedia counter Jamu Iboe. Maka semakin mudah saja bagi kita untuk menikmati minuman kesehatan yang dibuat secara ekstrak dari bahan-bahan alami pilihan dengan gula asli.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top