Gaya Hidup

Ah, Manisnya Bisnis Online Menjelang Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi. Bulan yang dirindukan setiap insan, bahkan mungkin juga berkesan bagi sebagian insan yang tak turut merayakan Ramadhan. Ramadhan memang beda dengan bulan lainnya (setidaknya bagi saya). Hawa Ramadhan terasa penuh kesejukan. Masjid-masjid penuh saat sholat lima waktu terutama di waktu isya’ dan subuh, suara merdu orang-orang yang bertilawah menggema di mushola, langgar dan masjid raya menciptakan suasana syahdu yang jarang ditemui di bulan selain bulan mulia.

Apa yang dipersiapkan menjelang Ramadhan? saya pernah menulis untuk Indoblognet di sini Kini saya pun membacanya ulang, merecharga dan mereview diri sendiri. Sudahkan bersiap menjalani Ramadhan agar kembali suci di Idul Fitri nanti?

Terbukti Ramadhan tak hanya menghentakkan nurani. Jiwa serasa ingin bersimpuh memohon ampunan Illahi. Tetapi…daya tarik Ramadhan ternyata juga mampu menghidupkan urat nadi ekonomi. Tengoklah sebulan dua bulan menjelang Ramadhan iklan-iklan di televisi didominasi iklan sirup, margarine, sarung dan pernak-pernik Ramadhan. Toko-toko swalayan dan supermarket tiba-tiba berhias kue-kue kaleng di bagian depan. Psst tapi jangan sampai konsentrasi mempersiapkan diri menjalani Ramadhan malah berbelok pada fokus berbelanja doang.

Belanja untuk keperluan Ramadhan atau Lebaran memang tak dilarang. Tapi berbisnis menjelang Ramadhan malah lebih manis bukan? Tengoklah berbagai peluang bisnis online menjelang Ramadhan menari-nari menawarkan keuntungan.

Apa saja bisnis-bisnis online yang menggiurkan menjelang Ramadhan? Simak beberapa peluang berikut, siapa tau menjadi jalan rezeki penuh kebarokahan:

1. Bisnis Mukena

Ingat Ramadhan pikiran langsung melayang ke *mukena* Iya sih terbayang harus sholat tarawih lanjut tilawah bergiliran di masjid. Para muslimah biasanya menginginkan mukena berbahan lembut dan nyaman dikenakan. Uniknya sebulan dua bulan menjelang Ramadhan terbukti penjualan mukena secara online mengalami peningkatan signifikan. Toko online memudahkan pengguna untuk mendapatkan produk yang diinginkan tanpa berdesakan di kios dan toko. Salah satunya adalah produk mukena. Berbagai model dan motif ditawarkan. Namun sebagai penjual mukena online juga harus jujur jika ditanya tentang bahan kain. Tebal tipisnya, adhem tidaknya. Sebab kenyamanan mukena berpengaruh dalam kekhusyuan ketika melaksanakan sholat. Kebayang kan ketika harus sholat tarawih dengan mukena yang kainnya kurang nyaman? bisa-bisa kepanasan.


2. Bisnis Kue Lebaran

Tik tok tik tok, Ramadhan saja belum tiba tapi penjualan kue-kue kering lebaran sudah menjanjikan keuntungan di depan mata. Sebagian orang merasa perlu memesan kue kering lebaran sebelum Ramadhan tiba. Alasannya bisa berbagai macam, misalnya dibutuhkan sebagai tester apakah kue yang dijual online sesuai selera, apakah bisa menjadi peluang bisnis sebagai reseller atau memang butuh cemilan dan kebetulan ada yang menawarkan. Berminat menjadi reseller tetapi ogah nyetock produk di rumah? Ngga perlu khawatir kini bisnis online kue lebaran pun bisa dilakukan secara sistem dropship. Upload foto produk dengan harga yang telah dimark up secukupnya (misalnya sepuluh ribu setiap toples atau setiap kemasan kiloan) lalu terima pesanan. Terima pembayaran dari customer lalu bayar ke supplier dan suppliernya langsung mengirimkan barang ke tempat tujuan.

3. Bisnis jilbab dan baju

Bisnis baju dan jibab secara online memang sudah lama berlangsung. Namun menjelang Ramadhan omzet penjual baju dan jilbab online biasanya meningkat pesat. Ah Ramadhan benar-benar menggerakkan urat nadi ekonomi. Seperti halnya mukena dan kue lebaran bisnis jibab dan baju juga biasa dilakukan secara dropship. Sistem drop ship memang menguntungkan asal tetap jujur dalam pelaksanaan dan menjaga kepercayaan customer dan supplier.

4. Bisnis Kurma

Kurma diperjual belikan secara online? sudah bukan hal baru. Kurma memang terbukti banyak manfaatnya. Lagi-lagi saya juga sudah pernah menulis untuk Indoblognet tentang khasiat Kurma di sini. Buah satu ini memang cocok sekali menjadi makanan pembuka saat buka puasa. Apalagi jika berbisnis kurma secara online bisa membantu pendapatan bagi keluarga hehehe.

Mudah-mudahan peluang-peluang bisnis online tersebut membawa keberkahan bagi pelaku bisnisnya (termasuk saya yang berjualan mukena hihihi) Semoga berbisnis online tidak mengurangi kesucian Ramadhan. Mari …mari yang berminat bisa pesan mukena melalui saya silahkan kunjungi Facebook Dwi Aprilytanti Handayani untuk pilihan mukenanya. Pesan sekarang agar tidak kehabisan dan lebih fokus beribadah saat Ramadhan datang. Eits kok malah promosi sih :))

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top