Menulis Yuk

Agar Mudik Tenang dan Rumah Aman

 

Jelang lebaran tradisi masyarakat Indonesia adalah melakukan mudik ke kampung halaman. Apalagi di Jakarta. Wah wah wah Jakarta mulai sepi sejak Sabtu (2/7) kemarin karena sebagian penduduknya adalah pendatang. Namun, agar mudik tenang dan rumah aman Kalian perlu melakukan hal-hal berikut dulu.

Oleh karena banyak rumah ditinggalkan maka ada saja oknum yang memiliki niat jahat untuk menerobos dan mengambil barang berharga di rumah tersebut. Itu bukan sekedar sebuah cerita tetapi memang berdasarkan pengalaman dan realita.

Di tempat saya tinggal dulu satpam juga kecolongan, padahal ada delapan satpam di kompleks yang bekerja bergantian. Rupanya pencurinya percaya diri dengan membawa mobil dan kemudian berpura-pura menjadi saudara pemilik rumah tersebut. Alhasil ketika ia melengang dengan santainya membawa barang-barang curian, satpam pun tidak curiga. Kelakuan oknum tersebut baru ketahuan ketika pemilik rumahnya tiba dan kegat mendapati barang berharga di rumahnya lenyap.

Tentunya kecewa berat bukan jika bersenang-senang di kampung halaman kemudian mendapati rumah kita kebobolan dan barang berharga lenyap. Agar terhidar dari kejadian buruk tersebut, ada sejumlah tips yang mungkin pernah Kalian dengar akan tetapi hal tersebut masih relevan hingga sekarang.

Tips pertama terkait dengan pencahayaan pads rumah. Rumah yang terang biasanya lebih dijauhi maling daripada yang gelap gulita. Oleh karenanya, sebaiknya teras dibiarkan tetap menyala dan lampu di dalam rumah juga ada yang menyala. Tapi memang mungkin ada yang menaruh curiga pemiliknya tidak ada di rumah apabila lampu terasnya terus menyala. Kalau saya sih lebih memilih menyala. Atau, jika Kalian punya dana lebih dan waktu maka belilah sensor yang bisa dipasang pada lampu teras. Sensor ini bisa dihadapkan ke arah yang cukup mendapat sinar matahari. Cara kerjanya mudah, jika sensor menerima cahaya matahari maka lampu akan otomatis padam, demikian juga apabila sensor mendeteksi hari sudah gelap maka lampu akan otomatis menyala.

Tips berikutnya tentang keberadaan CCTV. Saat ini CCTV semakin murah dan ukurannya pun imut-imut. Jika ada dana lebih maka berinvestasilah membeli peralatan keamanan ini dan taruhlah di tempat yang kiranya bisa dimasuki orang, seperti di ruang tamu atau di ruang belakang. Saat ini CCTV di rumah juga bisa diakses via internet. Sehingga saat kita mudik masih bisa memeriksa kondisi rumah.

Tentang penyimpanan barang berharaga, jika punya brankas maka barang berharga bisa disimpan di situ atau dibawa serta jika membawa kendaraan pribadi. Tapi jika tidak punya brankas dan kesulitan membawa, maka sembunyikan di berbagai tempat.

Tutup semua jendela sebelum berangkat. Pintu samping dan pintu belakang juga sebaiknya digembok atau juga diberi palang agar lebih aman.

Tips berikutnya yaitu memastikan air dan kompor gas mati agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Ada juga yang menambahkan tips berupa meletakkan beberapa sandal di depan rumah sehingga seolah-olah rumahnya ada penghuninya. Oh ya lebih baik juga jangan terlalu royal berbagi info di media sosial kalau kalian mudik karena di luar sana ada banyak pengintai yang siap mencari korban.

Mintalah bantuan agar tetangga dan satpam untuk memeriksa rumah secara berkala. Di antara tetangga mungkin ada yang tidak pulang ke kampung halaman, demikian juga satpam. Sebaiknya Kalian memberitahukan ke Ketua RT juga ke satpam dan tetangga akan jadwal kepergian dan kepulangan Kalian, sehingga ada pihak yang hendak masuk rumah dan mencurigakan bisa cepat terdeteksi.

Kalau saya biasanya lapor ke RT dan pamit ke tetangga sebelum pergi. Selanjutnya titip pesan ke satpam untuk memberi makan kucing dan menyirami tanaman. Tentunya Pak Satpam yang kita mintai bantuan perlu diberi ongkos karena tugas tersebut di luar tanggung jawabnya. Dengan demikian tanaman dan hewan peliharaan terawat, rumah juga aman.

Bagi yang belum berangkat mudik, siapkan rumah agar aman dulu ya agar mudik terasa tenang.

Gambar dari sini

 

 

 

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top