Lingkungan

Ada Mitos Dibalik Keelokan Bunga Kamboja

Masih ada satu lagi tanaman yang dikaitkan dengan mistis, kamboja. Entah mengapa dari dulu aku suka sekali dengan pohon kamboja, malah lagi kecil aku suka manjat pohon kamboja untuk memetik bunganya. Kemudian aku taruh di telinga. Bagiku pohon kamboja gak ada serem-seremnya yang ada justru indah dan aromanya juga aku suka. Apalagi aku suka dengan kamboja yang warna bunganya kuning. Indah sekali, apalagi kalau sedang banyak berbunga, pohonnya terlihat cantik dengan bunganya Saat meranggas juga pohon kamboja akan tampak eksotis.

Kamboja dengan akar tunggang yang banyak cabangnya dengan daun tunggal dan tak berbelah. Daun warnanya hijau dan berbentuk lonjong. Memiliki batang berwarna coklat dan bergetah saat diiris dan berpembuluh terbuka. Pohon kamboja ini bisa tumbuh sampai 2-8 meter, tinggi juga ya. Getah dari batang kamboja ini lengket dan membuat gatal pada kulit.

Biasanya daunnya mengumpul di ujung cabang dengan ukuran 30-50 cm.Daunnya akan rontok pada saat musim dimana udaranya dingin. Jenis pohon yang berbunga. Bunganya mempunyai kebanyakan punya wwrna putih dan bagian tengahnya bisa kuning atau merah muda

Asal pohon kamboja ini ditemukan oleh orang Perancis seorang ilmuwan. Dan dinamai kamboja bukan berarti ada sangkut pautnya dengan negara Kamboja. Dalam masarakat kita ada mitos kalau pohon kamboja ini jelmaan dari seorang perempuan. Saat perempuan ini ditinggal kekasihnya, perempuan ini menangis dan menungu di pusara kekasihnya. Akhirnya perempuan itu menemui ajalnya di sana. Dan tempat perempuan itu menemui ajalnya tumbuh sebuah pohon. Pohon ini menggugurkan daunnya di atas pusara.

Akibatnya bunga kamboja dikenal dengan bunga kesetiaan. Dan katanya lagi kalau ada yang menemukan bunga kamboja dengan jumlah mahkota sebanyak empat atau enam , orang itu akan mendapatkan rejeki. Jadi sebetulnya kalau kita lihat pohon kamboja ini indah tapi karena banyak ditanam di kuburan membuat pohon ini sarat kesan seram.

Tanaman ini mudah tumbuh baik secara vegetatif maupun generatif. Secara generatif dengan cara menyemai bijinya dan kalau vegetatif dengan cara stek atau cangkok. Banyak terkandung zat kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Kulit batangnya beracun dan pahit dan ada asam plumeria. Akar dan daunnya mengandung saponin, polifenol, lkaloid, feneltilalkohol. Sekarang sudah banyak orang menggunakan pohon kamboja sebagai tanaman hias, biasanya dibonsai.

Kalau di daerah Bali bunganya digunakan untuk upacara adat. Hampir setiap rumah pasti punya pohon kamboja. Dan ini yang aku paling suka saat ke Bali suka melihat banyaknya pohon kamboja . Dan belum banyak yang tahu kalau bunga kamboja ini bunga yang bisa dimakan seperti bunga turi dan lainnya.Manfaat pohon kamboja buat kesehatan seperti:

  1. Antibiotik dan mengobtai sakit gigi. Getah pohon kamboja mengandung alkaloid, tanin yang berguna untuk antibioltik. Bisa juga untuk obati sakit gigi. Caranya,teteskan getah kamboja ke dalam kapas dan oleskan kapas yang ada getahnya pada gigi yang sakit. Cukup 1-2 kali sehari.
  2. Teh bunga kamboja. Konsumsi bunganya denagn cara menyeduhnya dengan teh yang bisa memberikan efek sejuk pada pencernaan.
  3. Mengobati bisul. Memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu terus dioleskan dengan minyak zaitu di atas bisulnya
  4. Mengobati kaki bengkak. Caranya rebus akar dan daunnya samapi mendidih dan masukan garam mineral. Kemudian air rebusan ini digunakan untuk merendam kaki yang bengkak. Lakukan dua kali sehari.
  5. Caranya dengan menggunakan getah dari batangnya. Oleskan ke borok yang sudah dibersihkan.

Wah gak menyangka ya kalau pohon kamboja selain cantik bunganya juga manfaatnya banyak. Selain pohon kamboja yang besar ada juga yang digunakan sebagai tanaman hias itu adalah kamboja jepang yang tingginya lebih pendek atau yang banyak dijual adalah bonsai dari pohon kamboja. Tak dipungkiri kalau bunga kamboja itu memang cantik.

Sumber gambar: http://bibitbunga.com

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • [Gambar Tema] Lomba Foto Anak Berhadiah Utama Liburan Bersama Keluarga ke Korea 😍
.
(Cek Timeline @indoblognet untuk detail lomba, yahhh)
.
#DuluxEasyClean #DuluxFarAwayPlaces #ForgivenessIsEasy
#lombafotoanak #lombafotoonline #lombafotoanak2018 #lombafotoanakindonesia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top