Agama

Ada Apa di Balik Muharram?

Bulan Oktober 2016 merupakan bulan penting bagi umat Islam sebab 1 Muharram bertepatan jatuh di bulan Oktober 2016. Tahun baru adalah momentum untuk memperbaiki diri, berkaca kepada langkah-langkah yang telah dijejakkan tapak kaki. Setiap tahun baru ada kenangan yang menyertai. Kadang disertai pula menulis resolusi. Namun kali ini saya tak ingin bercerita tentang apa resolusi menyambut tahun baru tetapi mengajak untuk mempelajari hikmah terpendam di balik 1 Muharram.

Ada apa sih di balik 1 Muharram?

1. Pengertian Hijrah

Muharram adalah bulan hijrah. Inilah sebabnya tahun Islam disebut sebagai Hijriyah sebab ada kaitannya dengan aktivitas Hijrah Nabi dari Mekah ke Madinah. Perlu diingat bahwa ketika perintah hijrah diturunkan kepada Nabi Muhammad saat beliau berusia 53 tahun atau bisa disebut usia kenabian Muhammad saat itu mencapai 13 tahun (sebab Muhammad diangkat sebagai Nabi dan Rasul pada usia 40 tahun). Hijrah jika ditinjau dari segi bahasa berarti pindah atau meninggalkan (karena saat itu Nabi dan pengikutnya diperintahkan untuk meninggalkan Mekah). Hijrah jika ditinjau dari maknanya berarti menjadi lebih baik. Nabi diperintah Allah untuk pergi dari Mekah dengan tujuan mendapatkan kehidupan dan jalan berdakwah lebih baik sebab di Mekah selalu diintimidasi kaum Quraisy

2. Indahnya ukhuwwah

Perlu diingat kembali bahwa penentuan kalender Islam baru dimulai sejak kepemimpinan khalifah Umar Bin Khattab. Bayangkan bagaimana berijtihad dengan ulama dari segenap penjuru untuk merumuskan dan menyepakati tanggal 1 Muharram pada 1 Hijriyah dalam penanggalan Islam yang menjadi acuan perhitungan bulan-bulan Islam dan ibadah yang terkait dengan bulan tersebut. Pasti memerlukan kerja tim yang solid untuk menghitung mundur penanggalan tersebut karena 1 Muharram 1 Hijriyah disepakati pada saat Nabi dan pengikutnya hijrah dari Mekah ke Madinah.

Sumber: bestwishesquotes.com

3. Hikmah kisah Nabi Musa

Dalam sebuah hadits diriwayatkan tentang kisah Nabi Musa di hari Asyura.

Dari Ibnu Abbas RA, bahwa nabi saw. ketika datang ke Madinah, mendapatkan orang Yahudi berpuasa satu hari, yaitu ‘Asyura (10 Muharram). Mereka berkata, “ Ini adalah hari yang agung yaitu hari Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan keluarga Firaun. Maka Nabi Musa as berpuasa sebagai bukti syukur kepada Allah. Rasul saw. berkata, “Saya lebih berhak mengikuti Musa as. dari mereka.” Maka beliau berpuasa dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa” (HR Bukhari).

Inilah bukti ketaatan seorang Nabi dan cara beliau bersyukur kepada Allah: dengan berpuasa. Ini juga bukti kerendahan hati seorang Muhammad Rasulullah yang meneladani nabi terdahulu, yaitu Nabi Musa As dengan melakukan ibadah yang sama yaitu berpuasa (dan ditambahkan satu hari sebelumnya sebagai pembeda dengan kaum Yahudi)

4. Amalan yang seyogyanya di lakukan

Muharram adalah salah satu bulan mulia. Amalan yang dilakukan selama Muharram bernilai berlipat ganda. Apa yang seharusnya dilakukan di bulan Muharram? Sungguh sayang jika Muharram disia-siakan. Maksiat tidak hanya berupa perbuatan asusila seperti berjudi dan berzina. Maksiat bisa juga berupa dosa-dosa seperti menggunjing, memfitnah, marah-marah dan segala penyakit hati lainnya. Lalu ibadah apa yang sebaiknya dilakukan? Ibadah dan amal kebaikan apa sajalah yang sekiranya membawa kebaikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bisa sholat sunnah, tilawah, puasa sunnah, sedekah bahkan berbagi ilmu pengetahuan,membaca buku yang bermanfaat dan menulis tentang kebaikan.

Puasa Sunnah di bulan Muharram disarankan oleh sebagian besar ulama untuk dilakukan sejak awal bulan. Memperbanyak puasa sunnah di bulan Muharram sangat diutamakan. Namun jika tidak memungkinkan setidaknya puasa 9 Muharram (Tasua’) dan 10 Muharram (Asyuraa’) bisa dilaksanakan. Ada pula ulama yang menyarankan untuk menambahkan puasa di 11 Muharram jika sekiranya ragu dalam penetapan 1 Muharram.

Seperti dikutip dari rumaysho.com:
Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata,
يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى.
“Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau mengatakan,
فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ
“Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)– kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan,
فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّىَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.
“Belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim no. 1134)

Semoga semangat tahun baru Islam membawa kita menjadi manusia yang berhijrah ke arah yang lebih baik..aamiin allahumma aamiin.

Sumber foto: insideislam.wisc.edu

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top