Opini

99 Persen Kecelakaan Terjadi, Karena Jalan Raya Menjadi Milik Pribadi

jalan raya macet

Peristiwa kecelakaan lalu lintas hampir setiap hari diberitakan di media cetak maupun media elektronik. Kejadian yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda ini penyebabnya beraneka ragam. Kelalaian pengemudi kendaraan paling sering dituduh sebagai biangnya. Lihat saja pengemudi yang dengan sengaja menerobos palang pintu kereta api. Mereka tampaknya tidak mengambil pelajaran dari peristiwa serupa yang sering terjadi. Hanya untuk mengejar waktu sekian menit akhirnya nyawanya melayang.

Kini jalan raya sudah penuh sesak oleh kendaraan bermotor. Mudahnya mendapatkan sepeda motor dengan memanfaatkan fasilitas kredit menjadikan jalan raya full kendaraan roda dua. Orangtua, kaum remaja, dan anak-anak menikmati benar kendaraan bermotor yang bisa melenggang-lenggok dengan lincah ini. Jika saya dulu pergi-pulang ke sekolah di kota beramai-ramai naik sepeda ontel maka kini pemandangan seperti itu sudah langka. Para pelajar lebih suka naik sepeda motor sendiri atau diantar oleh orangtua dan kerabatnya.

Agar hidup dan kehidupan kita nyaman dan aman maka security mindedness selayaknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,  kapan saja, dan di manapun kita berada. Dalam dialog di sebuah radio swasta Surabaya seorang pakar menyarankan agar setiap pengendara kendaraan bermotor berpikir aman di jalan raya. Ini dimulai sejak masih di rumah, selama berada di jalan raya, dan ketika kembali ke rumah lagi. Safety riding selayaknya dipraktikkan dengan sebaik-baiknya. Berikut saya sampaikan tip praktis mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

jalan raya

1. Sebelum berangkat keluar rumah cek kondisi kendaraan bermotor. Perhatian utama ditujukan kepada rem, kaca spion, wiper, ban, lampu tanda belok, lampu besar, lampu rem, bahan bakar, dan pengapian. Jika ada yang kurang berfungsi dengan baik segera lakukan perbaikan. Mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu besar adalah pelanggaran dan juga membahayakan diri sendiri dan orang lain terutama pada malam hari. Ban yang sudah gundul sebaiknya diganti. Pecah ban di jalan raya sangat berbahaya.

2. Cek SIM dan STNK yang berlaku untuk kendaraan bermotor yang dikendarai. Mengendarai kendaraan bermotor tanpa bisa menunjukkan kedua surat tersebut juga merupakan pelanggaran. Selain itu dapat menganggu konsentrasi karena takut jika ada razia polantas di jalan raya. Pengendara yang tidak mempunyai SIM atau STNK biasanya berusaha menghindar dari pos razia dengan tergesa-gesa. Tak jarang mereka melarikan diri dengan melawan arus dan ngebut. Ini juga sangat berbahaya.

3. Berdoa sangat dianjurkan agar diberikan keselamatan.

4. Gunakan helm pengaman sesuai standart yang sudah ditentukan. Helm pengaman juga harus dipakai oleh orang yang dibonceng. Tak perlu takut rambut akan rusak, keamanan kepala lebih penting daripada kerapian rambut. Rambut yang awut-awutan bisa disisir ulang tetapi kepala yang pecah sulit dibetulkan.  Pemasangan helm pengaman dan sabuk pengaman bukan untuk kepentingan polisi lalu lintas tetapi untuk keamanan pengendara/pengemudi sendiri.

5. Berhati-hati saat keluar dari halaman rumah. Pastikan lalu lintas aman ketika menyeberang. Kendaraan bermotor yang sudah berada di jalan raya mendapat prioritas daripada kendaraan yang baru keluar dari rumah atau mulut gang.

6. Lakukan komunikasi dengan pengguna jalan raya lainnya melalui lampu besar , lampu hazard, dan lampu tanda belok. Olok-olok sering muncul di media sosial: ” Wanita suka membuat bingung. Lampu tanda belok menyala di kiri tetapi sepeda motor beloknya justeru ke kanan.”

jalan raya

7. Patuhi lambu lalu lintas. Lampu pengatur lalu lintas yang menyala berwarna kuning merupakan tanda bahwa pengguna jalan raya harus hati-hati, bukan untuk tanda boleh mengebut atau mempercepat laju kendaraan. Waspadai manakala lalu lintas dalam keadaan sepi. Pada situasi seperti ini biasanya banyak pengguna jalan raya yang ngebut.

8. Jika akan menyalip kendaraan lain pastikan pandangan ke depan sudah bebas sehingga mengetahui akan situasi lalu lintas di depan. Berikan tanda dengan bunyi klakson agar kendaraan yang akan disalip bisa memperlambat jalannya atau agak menepi. Menyalip dari sisi kiri tidak dianjurkan kecuali terdapat jalur yang kosong.

9. Jangan lupa mengunci kendaraan jika akan meninggalkannya, sebentar atau dalam jangka waktu yang lama. Pencuri kendaraan selalu berusaha meningkatkan ketrampilannya agar dapat menggondol kendaraan dengan mudah dan cepat.

10. Jangan memarkir kendaraan di tikungan, jembatan, atau di tempat-tempat terlarang lainnya. Jangan kaget jika ban kendaraan Anda tiba-tiga gembos atau hilang karena diderek petugas. Perhatikan peraturan yang berlaku tentang tatacara memarkir kendaraan.

11. Jika berhenti di tanjakan pastikan rem tangan sudah terpasang atau pasang ganjal pada roda agar kendaraan tidak mundur.

jalan raya macet

12. Jangan memainkan gadget untuk SMS atau menilpon saat mengemudikan kendaraan. Jika penting sekali lebih baik menepi dari jalan raya dan berhenti dulu. Kang Mus dalam sinetron Preman Pensiun memberikan contoh yang baik. Dia selalu menepi dan berhenti jika akan menilpon atau menerima tilpon. Saya pernah menegur sopir bis yang main gadget saat mengemudikan bis. Mengendarai sepeda motor sambil merokok sebaiknya dihindari.

13. Jika merasa mengantuk atau lelah sebaiknya istirahat sampai keadaan pulih kembali. Memaksakan diri menjalankan kendaraan ketika kondisi badan tidak fit bisa berakibat fatal. Terkantuk hanya beberapa detik bisa menyebabkan kehilangan kendali atas kendaraan yang Anda kemudikan. Peristiwa kecelakaan lalu lintas juga bisa terjadi akibat pengemudinya mengantuk.

14. Pilih jas hujan yang baik yaitu yang berbentuk baju dan celana. Mantel berbentuk ponco bisa masuk jeruji roda sehingga mengakibatkan pengendara sepeda motor jatuh

15. Pada saat cuaca buruk pengendara sepeda motor sebaiknya berhenti sejenak di tempat yang aman. Hujan lebat bisa menganggu pemandangan karena jarak pandang menjadi terbatas. Selain itu jalanan menjadi licin, lubang yang menganga juga tertutup oleh genangan air.

16. Pastikan Anda bisa menguasai kendaraan dengan baik. Memboncengkan penumpang lebih dari satu jelas dilarang apalagi ditambah barang lain. Ini bisa menganggu keseimbangan sehingga menyulitkan pengendara.

17. Menyintai anak adalah wajib bagi orangtua. Tetapi mengijinkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan motor jelas kurang bijak. Walaupun secara fisik memungkinan tetapi dari segi kejiwaan anak di bawah umur belum siap mengendarai sepeda motor atau mobil. Anak-anak bisa gugup atau grogi jika dihadapkan pada situasi yang sulit di jalan raya. Mereka tentu juga belum mempunyai SIM karena umurnya belum memenuhi syarat untuk mendapatkan surat ijin mengemudi.

18. Jangan ingin menarik perhatian orang dengan mengendarai sepeda motor kebut-kebutan atau berlomba di jalan raya. Tak ada orang yang memuji perilaku ugal-ugalan seperti itu.

19. Suara knalpot yang membuat gaduh dan bising sangat tidak disukai.

20. Perlengkapan kendaraan dibuat untuk kenyamanan dan keselamatan. Tidak bijak melepas kaca spion, sebelah atau keduanya, apapun alasannya.

Jalan raya bukan milik kita sendiri. Ada pengguna jalan raya lain yang juga butuh nyaman dan nyaman. Undang-undang Lalu Lintas, peraturan, norma, dan etika di jalan raya selayaknya mendapat perhatian oleh setiap pengguna jalan raya. “Taati peraturan lalu lintas tanpa kehadiran petugas,” begitu bunyi spanduk yang sering kita baca. Jadikan disiplin berlalulintas sebagai bagian dari gaya hidup kita.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top