Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

9 Tools Riset Hashtag Instagram Gratis Paling Recommended

  • Bagikan
tools riset hashtag instagram

Setelah mengetahui berbagai manfaat hashtag serta berbagai cara riset hashtag di Instagram pada artikel sebelumnya, ulasan kali ini juga tak kalah menariknya, lho. Bagi Anda yang ingin riset hashtag dengan cara yang lebih praktis dan efektif tentunya akan terbantu dengan banyaknya tools riset hashtag di Instagram.

Nah, di bawah ini akan dibahas secara lengkap berbagai tools riset hashtag yang dapat Anda gunakan secara gratis. Selamat menyimak sampai selesai, ya! 🙂

9 Tools Riset Hashtag Instagram Gratis Paling Recommended

Meski Anda telah mengetahui berbagai manfaat hashtag di Instagram, namun Anda bisa jadi tak punya banyak waktu untuk melakukan riset hashtag. Solusinya adalah Anda bisa gunakan tools khusus untuk mempermudah Anda menemukan hashtag yang tepat untuk postingan Anda. Berikut beberapa tools riset hashtag Instagram gratis paling recommended untuk Anda.

1.    Webstagram

Webstagram merupakan tools riset hashtag Instagram yang pertama akan kita bahas. Tools gratis yang satu ini berfungsi untuk membantu Anda menganalisa. Melalui tools ini Anda bisa mengetahui hashtag maupun pengguna yang populer di Instagram.

Tak hanya itu saja, dengan menggunakan Webstagram Anda juga bisa melihat pesaing Anda di Instagram. Dan dengan mengamati pesaing, Anda bisa mengevaluasi akun Anda apakah strategi marketing yang Anda jalankan di Instagram telah berjalan baik atau belum. Anda bisa melakukan perbaikan agar bisnis Anda melalui Instagram semakin lancar.

Webstagram bisa Anda akses melalui smartphone maupun komputer. Tools yang satu ini banyak digunakan oleh pengguna sosial media yang ingin melakukan riset keyword atau hashtag populer.

Baca juga: 6 Cara Riset Hashtag di Instagram yang Bikin Kontenmu Banyak Dilihat

2.    All Hashtag

Tools riset hashtag Instagram yang berikutnya yaitu All Hashtag. Ada beberapa fitur menarik yang tersedia pada tools ini, seperti Hashtag Analyzer, Hashtag Generator, Hashtag Creator, serta Top Hashtag.

Hashtag Analyzer berfungsi untuk menganalisis hashtag dan mengetahui data analitik dari sebuah hashtag. Sedangkan Hashtag Generator dapat menampilkan berbagai hashtag teratas sehingga Anda bisa mengetahui hashtag terbaik yang Anda butuhkan.

Lain lagi dengan fitur Hashtag Creator, ini akan membantu Anda membuat hashtag Anda sendiri. Lalu bagaimana fungsi dari fitur Top Hashtag? Fitur yang satu ini akan membantu Anda menemukan hashtag yang terbaik maupun populer untuk digunakan. Dengan berbagai fitur menariknya ini, tak heran jika All Hashtag banyak digunakan oleh pengguna Instagram di seluruh dunia.

3.    Seekmetrics

Seekmetrics juga termasuk salah satu tools riset hashtag Instagram yang bisa Anda gunakan secara gratis. Tools yang satu ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan. Melalui Seekmetrics ini Anda bisa melihat trending topic di Instagram dengan hashtag yang populer.

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci hashtag yang Anda inginkan. Lalu tools ini otomatis akan memunculkan daftar hashtag rekomendasi yang telah di-filter sebelumnya oleh sistem Seekmetrics.

Menariknya tools yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk melakukan riset hashtag Instagram saja, lho. Anda juga bisa menggunakan Seekmetrics untuk meningkatkan performa SEO serta content marketing sosial media Anda yang lainnya. Dengan tools ini Anda juga bisa memeriksa serta mengamati kata kunci yang digunakan pesaing Anda.

4.    Keywordtool.io

Tools riset hashtag Instagram yang selanjutnya adalah Keywordtool.io. Tools yang satu ini menawarkan fitur-fitur yang lengkap. Disini Anda bisa memperoleh banyak sekali hashtag rekomendasi di setiap pencarian yang Anda lakukan. Selain itu Keywordtool.io juga dapat menampilkan data statistik dari sebuah kata kunci.

Tools yang satu ini banyak digunakan oleh para internet marketer. Anda tertarik menggunakannya? Tak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menggunakannya tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Keywordtool.io bisa digunakan secara gratis, namun untuk memperoleh fitur yang lebih lengkap Anda bisa gunakan yang versi berbayarnya.

5.    Dailypurposes.com

Tools riset hashtag Instagram berikut ini juga termasuk yang recommended. Jika Anda menyukai tools yang mudah digunakan maka Dailypurposes.com bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda gunakan. Tools yang satu ini berfungsi sebagai hashtag generator yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui berbagai hashtag teratas.

Caranya mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci pada bagian kotak hitam yang terdapat di Dailypurposes.com. Setelah itu akan muncul berbagai rekomendasi hashtag yang Anda butuhkan.

6.    Hashtagify

Butuh rekomendasi tools riset hashtag Instagram lainnya? Hashtagify bisa jadi pilihan menarik bagi Anda. Tools yang satu ini berfungsi sebagai alat analitik yang bisa memberikan wawasan lebih lengkap mengenai hashtag yang Anda butuhkan. Untuk menampilkan tren hashtag, Anda bisa gunakan mode Tabel.

Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan tools satu ini. Salah satu fitur favorit di Hashtagify yaitu Hasgtags Lab yang terupdate setiap harinya dengan tren terkini sehingga Anda bisa memantau trending topik saat ini.

Selain untuk menemukan hashtag yang sedang trending, tools ini juga bisa menampilkan hashtag yang paling relevan untuk bisnis Anda. Bonusnya, Hashtagify ini bisa juga Anda gunakan untuk melakukan riset hashtag di Twitter, lho.

7.    RiteTag

Tools riset hashtag Instagram yang berikutnya yaitu RiteTag. Tools yang satu ini bisa membantu Anda membuat brand hashtag. RiteTag dapat menampilkan daftar hashtag yang relevan lengkap dengan informasi detail mengenai jangkauan dan exposure-nya. Tools ini termasuk salah satu yang terpopuler dan banyak digunakan untuk memantau kinerja sebuah hashtag.

RiteTag dapat membantu Anda menemukan hashtag yang saat ini sedang populer dan hashtag rekomendasi untuk Anda. Dengan menggunakan hashtag yang tepat tentunya memperbesar peluang meningkatnya engagement brand Anda. Selain dapat menampilkan rekomendasi hashtag yang sebaiknya Anda gunakan, tools ini juga bisa memunculkan hashtag yang sebaiknya tidak digunakan, lho.

8.    KeyHole

KeyHole adalah salah satu tools yang dapat membantu Anda melakukan riset hashtag di berbagai platform sosial media. Bukan hanya untuk Instagram, tapi juga Twitter dan Facebook. Cara kerjanya dilakukan secara real time sehingga Anda tidak perlu khawatir hasilnya tidak up to date.

Hasil analisa dari tools yang satu ini juga termasuk sangat bagus. Data analitiknya menampilkan berapa banyak postingan dari hashtag tersebut, jumlah jangkauan, impresi, hingga jumlah orang yang berinteraksi dengan hashtag tersebut.

Masih ada fitur menarik lainnya dari tools yang satu ini, lho. Anda juga bisa memperoleh tips-tips relevan yang bisa membantu Anda meningkatkan performa hashtag dan postingan Anda.

9.    Talkwalker

Tools riset hashtag Instagram yang terakhir dalam daftar ini adalah Talkwalker. Dengan menggunakan tools ini Anda dapat memantau hashtag serta mention yang digunakan oleh sebuah brand di Instagram. Talkwalker juga bisa Anda gunakan untuk memantau hashtag yang sedang tren di Instagram.

Bukan hanya itu saja, tools yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengikuti hashtag Anda sendiri di Instagram. Sehingga Anda bisa memantau bagaimana kinerjanya dari hashtag yang Anda buat tersebut.

Demikian berbagai tools untuk riset hashtag di Instagram yang paling recommended untuk Anda coba. Anda punya rekomendasi tools riset hashtag Instagram yang lainnya? Silakan share pada kolom komentar di bawah ini, ya 🙂

 

 

Credit picture: coxblue.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan