Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

9 Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka yang Penting untuk Ortu Ketahui

  • Bagikan
tips persiapan sekolah tatap muka

Mulai pertengahan Tahun 2021 ini, sekolah-sekolah sudah mulai kembali melakukan pembelajaran tatap muka. Setelah adanya izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengenai pembukaan kembali sekolah mulai Juli 2021. Tentunya orangtua wajib mengetahui apa saja tips persiapan sekolah tatap muka yang penting untuk dilakukan. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

9 Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka yang Penting untuk Orangtua Ketahui

Mengingat masa pandemi yang belum berakhir, tentunya membuat para orangtua menjadi khawatir saat anaknya kembali melakukan sekolah tatap muka. Sebab keselamatan anak merupakan hal yang sangat penting untuk diutamakan, bukan? Nah, untuk itulah Anda perlu melakukan berbagai tips persiapan sekolah tatap muka berikut ini.

1.   Pastikan anak dalam kondisi sehat

Tips persiapan sekolah tatap muka yang pertama tentunya memastikan anak dalam kondisi benar-benar sehat untuk kembali bersekolah. Setiap anak akan berangkat sekolah Anda perlu mengecek kondisinya terlebih dahulu. Anda bisa gunakan pengecek suhu tubuh untuk membantu memastikan anak tidak dalam kondisi yang tidak sehat.

Anda juga bisa memerhatikan kondisi anak selama di rumah apakah ada yang tidak biasanya. Misal, anak tidak nafsu makan, biasanya hal ini menjadi tanda saat anak sedang tidak dalam kondisi sehat. Selain itu Anda juga bisa bertanya langsung pada anak apakah ada keluhan di tubuhnya.

Anak yang dalam kondisi tidak sehat selain mengganggu proses belajarnya di sekolah, juga lebih berisiko untuk terkena virus karena imunitasnya yang lemah. Jadi, sebaiknya tunda dulu sekolah tatap muka jika anak tidak dalam kondisi yang sehat.

Baca juga: 8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan, Bikin Anak Semangat Belajar!

2.   Pastikan pihak sekolah telah menerapkan protokol kesehatan

Ini merupakan tips persiapan sekolah tatap muka yang selanjutnya. Anda perlu memastikan bahwa pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Protokol kesehatan yang utama yaitu penerapan aturan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak minimal 1,5 meter, menghindari kerumunan, serta membatasi interaksi.

Pihak sekolah juga perlu mengecek suhu tubuh setiap anak, guru, hingga petugas yang ada di sekolah sebelum mereka memasuki sekolah. Hal ini untuk meminimalisir penularan penyakit. Suhu tubuh yang normal berada di kisaran 36 – 37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius sebaiknya istirahat dulu di rumah.

3.   Ajarkan anak menerapkan protokol kesehatan

Tips persiapan sekolah tatap muka yang satu ini juga penting untuk Anda lakukan. Ajarkan anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama saat mereka sedang berada di luar rumah. Saat anak di sekolah, orangtua tidak dapat mengawasi anak secara langsung. Jadi ajarkan mereka untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ajarkan anak agar tidak melepas maskernya selama di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun (hand sanitizer), menjaga jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter, hindari berkerumun, serta membatasi interaksi dengan orang lain. Selain itu ajarkan pula agar anak tidak menyentuh wajahnya, terutama bagian mata, mulut, serta hidung. Hal ini untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

4.   Membawa bekal dan peralatan belajar sendiri

Tak hanya mengajarkan anak menerapkan protokol kesehatan, ajarkan pula mereka untuk selalu membawa bekal serta peralatan belajar sendiri. Ini juga termasuk salah satu tips persiapan sekolah tatap muka yang perlu dilakukan. Jika sebelumnya anak-anak biasa berbagi makanan bahkan bergantian alat makan dengan temannya, lain halnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Hindari berbagi makanan apalagi bergantian alat makan. Begitupun dengan peralatan belajar, seperti alat tulis dan buku cetak. Biasakan agar anak membawa peralatan belajarnya sendiri dengan lengkap. Semua ini dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik dengan teman dan mencegah penularan virus dari berbagi makanan atau barang yang sama.

5.   Edukasi anak seputar Covid 19

Tips persiapan sekolah tatap muka yang berikutnya adalah mengedukasi anak seputar Covid 19. Jangan sampai anak termakan berita palsu (hoaks) mengenai Covid 19. Untuk itulah Anda perlu memberitahu anak berbagai fakta seputar Covid 19 yang perlu anak ketahui.

Anda bisa mencari informasi seputar Covid 19 melalui sumber terpercaya, misalnya dari portal berita yang kredibel. Sebab tidak semua sumber yang Anda peroleh di internet terjamin kredibilitasnya.

6.   Jadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan

Anda sebagai orangtua juga perlu menerapkan tips persiapan sekolah tatap muka yang satu ini. Berikan contoh bagaimana Anda melaksanakan berbagai protokol kesehatan dalam keseharian. Mulai dari memakai masker saat keluar rumah maupun saat berinteraksi dengan orang lain (menerima tamu). Rajin mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

Menjaga jarak minimal 1,5 meter dan membatasi interaksi dengan orang lain, serta menghindari kerumunan, semua ini juga termasuk protokol kesehatan yang perlu selalu Anda terapkan dalam keseharian. Orangtua merupakan panutan bagi anak, jadi apa yang Anda lakukan akan menjadi contoh bagi mereka.

7.   Bantu anak mengelola stres

Tips persiapan sekolah tatap muka berikut ini juga tak kalah penting, lho. Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami stres. Maka dari itu Anda perlu membantu anak bagaimana mengelola stres.

Caranya, ajak anak untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan, khususnya dengan dimulainya sekolah tatap muka ini. Orangtua perlu mengetahui bagaimana perasaan anak. Sehingga saat anak sedang merasa tidak senang atau merasa sedih, Anda bisa membantu mereka untuk mengatasi hal tersebut.

Mengapa perlu mengelola stres? Sebab stres dapat menurunkan imunitas tubuh. Dan saat imunitas tubuh lemah, anak jadi lebih mudah terserang virus.

8.   Konsultasi pada guru

Anda juga perlu berkonsultasi pada guru anak Anda di sekolah. Sebab Anda tidak mengawasi anak secara langsung selama mereka di sekolah. Anda bisa bertanya pada guru bagaimana kelancaran proses belajar anak Anda selama di kelas.

Jika ada kendala dalam proses belajar, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru. Tips persiapan sekolah tatap muka yang satu ini akan membantu kelancaran proses belajar anak di sekolah khususnya selama masa pandemi ini.

9.   Jaga kesehatan anak

Tips persiapan sekolah tatap muka yang terakhir ini adalah yang paling penting, lho. Menjaga kesehatan anak menjadi hal yang utama untuk diperhatikan. Sebab anak tidak akan bisa beraktivitas dengan nyaman saat ia sedang sakit.

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan anak. Pertama, jaga asupan makanannya sehari-hari. Berikan anak makanan sehat bernutrisi agar tubuhnya kuat. Kedua, ajak anak untuk tidur teratur dan cukup yaitu sekitar 8 – 9 jam perharinya. Sebisa mungkin hindari tidur terlalu larut malam, maksimal jam 10 sebaiknya anak sudah tidur.

Ketiga, ajari anak untuk berolahraga di rumah yang disesuaikan dengan usianya. Saat di rumah banyak anak yang justru lebih banyak duduk bermain gadget. Padahal anak-anak juga butuh banyak bergerak agar tubuhnya lebih sehat.

Demikian berbagai tips persiapan sekolah tatap muka yang perlu Anda lakukan. Yuk, langsung dipraktikkan ya! 🙂

 

Credit image: thesensorypath.com

 

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan