Indo Blog Net

Wisata

9 Tips Liburan Hemat Namun Tetap Menyenangkan di Akhir Tahun Ini

Momen liburan akhir tahun memang banyak dimanfaatkan orang untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Sebab di akhir tahun merupakan waktu libur bagi para orangtua yang bekerja di kantor, anak sekolah, dan juga mahasiswa. Tentunya ini jadi waktu yang sangat pas untuk dinikmati bersama-sama dalam liburan. 

Namun, ada satu hal yang seringkali jadi kendala saat akan liburan akhir tahun. Apakah itu? Ya, persoalan biaya. Liburan memang membutuhkan biaya, tapi sebenarnya tidak selalu harus mengeluarkan biaya mahal, lho. Dengan menerapkan beberapa tips yang tepat Anda dapat menikmati liburan dengan lebih hemat di akhir tahun ini.  

9 Tips Liburan Hemat Namun Tetap Menyenangkan di Akhir Tahun Ini

Bagi Anda yang ingin liburan namun hanya mempunyai anggaran terbatas, jangan khawatir, di sini akan diulas solusinya. Mari kita simak beberapa tips liburan hemat di akhir tahun ini yang dapat Anda coba. Meski hemat namun tetap menyenangkan, dong. Sebab besarnya biaya yang Anda keluarkan bukanlah tolok ukur kebahagiaan yang diperoleh dari liburan tersebut. 

1. Buat rencana perjalanan

Credit: scenicsuitcase.com

Tips liburan hemat akhir tahun yang pertama perlu Anda lakukan adalah membuat rencana perjalanan Anda. Pertama-tama Anda harus menentukan tanggal berapa Anda akan liburan, berapa hari Anda akan liburan, kemana tujuannya, dimana akan menginap, tempat apa saja yang nanti akan dikunjungi, serta transportasi apa yang akan digunakan selama liburan. 

Anda dapat memperoleh berbagai informasi lengkap terkait dengan rencana perjalanan liburan Anda dengan bantuan internet (browsing). Jika diperlukan Anda juga bisa menghubungi langsung tempat penginapan atau tempat wisata yang akan dikunjungi untuk mengetahui informasi yang lebih detail dan akurat. Perencanaan yang matang akan membuat Anda lebih mudah menentukan budget liburan yang dibutuhkan. 

2. Susun budget yang diperlukan

Setelah membuat rencana perjalanan liburan, tips liburan hemat di akhir tahun yang berikutnya perlu dilakukan yaitu menyusun budget yang diperlukan. Anda perlu merinci berapa biaya yang dibutuhkan untuk akomodasi, penginapan, makan, tiket masuk ke tempat wisata, hingga membeli oleh-oleh. Sebaiknya sediakan pula budget untuk pengeluaran tak terduga. 

Biaya untuk pengeluaran tak terduga ini juga bisa dipakai untuk menutupi kekurangan biaya jika ternyata pada pelaksanaannya budget yang diperlukan melebihi dari rencana. Misalnya, biaya makan ternyata lebih dari budget yang telah direncanakan. Namun, sebisa mungkin usahakan agar biaya pengeluaran liburan Anda tidak melebihi budget yang sudah disusun. 

3. Menabung agar budget terkumpul

Credit: redspringschamber.org

Tips selanjutnya untuk liburan hemat di akhir tahun adalah dengan menabung agar budget terkumpul. Sebaiknya mulai dari awal tahun, setiap bulan Anda mengumpulkan uang khusus untuk biaya liburan akhir tahun sehingga jumlahnya tidak terasa memberatkan. 

Jika tips yang satu ini tidak sempat Anda lakukan untuk liburan akhir tahun ini, Anda bisa menerapkannya untuk liburan akhir tahun depan, ya. Misalnya, setiap bulan Anda bisa menyisihkan 10 % dari penghasilan untuk biaya liburan akhir tahun. Pisahkan tabungan khusus liburan ini agar tidak terpakai untuk keperluan lainnya. 

4. Pilih destinasi yang lebih hemat

Tips keempat untuk liburan hemat akhir tahun yaitu memilih destinasi yang lebih hemat biaya. Destinasi liburan tak perlu yang terlalu jauh agar Anda bisa lebih menghemat biaya transportasi. Coba cari destinasi menarik yang belum pernah Anda kunjungi di kota tempat Anda tinggal. Ataupun jika harus keluar kota, pilih kota sebelah yang tidak jauh dan harus mengeluarkan biaya besar. 

Destinasi liburan akhir tahun tidak harus mengunjungi kota-kota yang populer sebagai tempat wisata. Anda bisa mengunjungi daerah-daerah yang bukan perkotaan namun menawarkan pemandangan alam dan udara yang segar. Di setiap daerah pasti ada lho tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Sebelumnya Anda dapat mencari informasinya melalui internet atau orang di sekitar Anda. 

5. Persiapkan akomodasi dan transportasi dari jauh hari

Credit: tripadvisor.com

Mempersiapkan akomodasi dan transportasi dari jauh hari juga termasuk salah satu tips liburan hemat akhir tahun yang perlu Anda lakukan. Sebab harga tiket pesawat dan hotel umumnya jauh lebih murah dibanding Anda memesan pada saat mendekati liburan akhir tahun. 

Bukan hanya itu saja lho alasannya, ini juga untuk mengantisipasi Anda kehabisan tiket ataupun hotel. Karena menjelang liburan akhir tahun akan lebih banyak orang yang memesan tiket maupun hotel. Anda dapat memesan akomodasi maupun transportasi beberapa bulan sebelum akhir tahun tiba. 

6. Cari referensi tempat makan yang lebih hemat

Credit: sheknows.com

Tips berikutnya untuk liburan hemat akhir tahun adalah mencari referensi tempat makan yang lebih hemat biaya. Sebab liburan pastinya identik dengan makan-makan dan menikmati aneka kuliner setempat, bukan? Apalagi bagi Anda yang memang pecinta wisata kuliner, tentunya hal ini penting untuk dilakukan.

Anda bisa browsing untuk mendapatkan informasi tempat-tempat makan yang murah di destinasi liburan Anda. Carilah beberapa referensi agar Anda punya beberapa pilihan. Lagipula pastinya akan lebih seru jika Anda bisa mencoba beberapa tempat untuk wisata kuliner. Tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan dari makanan yang Anda konsumsi, ya. 

7. Bawa bekal camilan 

Credit: whatstheovenonfor.com

Tips hemat selanjutnya untuk liburan akhir tahun yaitu membawa bekal camilan. Sebab saat liburan biasanya Anda jadi lebih mudah merasa lapar. Apalagi jika Anda liburan di tempat yang berudara dingin, hal ini bisa mudah memicu rasa lapar pada sebagian orang, lho. Daripada Anda banyak jajan yang malah menghabiskan banyak uang tambahan, lebih baik membawa bekal camilan dari rumah. 

Tapi, pastikan camilan yang Anda bawa merupakan camilan sehat yang Anda sukai. Camilan sehat dapat membantu Anda tetap berenergi selama perjalanan liburan. Camilan sehat misalnya, keripik sayuran, keripik buah atau kacang-kacangan, yang semuanya diolah tanpa tambahan perasa, pewarna, ataupun pemanis buatan. Anda bisa dengan mudah membelinya di toko yang menjual aneka makanan sehat/organik.

8. Bawa botol air minum

Membawa botol air minum juga termasuk salah satu tips hemat liburan akhir tahun. Terutama jika Anda liburan ke tempat yang bersuhu panas, pastinya Anda lebih mudah merasa haus. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga penting untuk kesehatan Anda. 

Daripada harus bolak-balik membeli air minum kemasan, lebih baik Anda membawa botol air minum sendiri. Dan Anda dapat mengisi ulang botol air minum saat di penginapan. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa tambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit madu pada air minum Anda. Bukan hanya lebih hemat tapi juga lebih sehat. 

9. Batasi keinginan berbelanja

Tips terakhir untuk liburan hemat di akhir tahun ini adalah batasi keinginan berbelanja saat sedang liburan. Khususnya bagi kaum hawa yang memang gemar berbelanja, sebaiknya belanja dilakukan di luar waktu liburan untuk lebih menghemat biaya. Tak hanya untuk menghemat biaya liburan saja, tapi juga agar Anda lebih fokus menikmati kebersamaan dengan keluarga. 

Jika ingin membeli suvenir, Anda bisa membeli secukupnya di tempat suvenir yang menawarkan harga lebih murah sesuai dengan budget yang Anda miliki. Membeli oleh-oleh ataupun suvenir bukanlah hal yang wajib, jadi Anda bisa sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. 

Itulah beberapa tips hemat liburan akhir tahun yang dapat Anda coba. Apa Anda punya tips lainnya? Yuk, share pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

To Top