Indo Blog Net

Inspirasi

9 Tips Bikin Rumah Lebih Indah dengan Interior Desain Bernuansa Natural

rumah bernuansa natural

Bagi Anda yang seharian sibuk beraktivitas di luar rumah, pastinya mendambakan rumah yang nyaman dan sejuk. Apalagi jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang sehari-hari sudah terlalu akrab dengan kemacetan, polusi, maupun penampakan bangunan-bangunan padat hingga sulit menemukan rimbunnya pepohonan.

Saat berada di rumah, tentu akan menyenangkan jika Anda menemukan kesejukan dan kedamaian, bukan? 

Nah, solusinya adalah dengan menghadirkan interior desain bernuansa natural pada rumah Anda. Rumah bernuansa natural ini mengangkat elemen-elemen alami atau yang berasal dari alam yang membuat hunian Anda jadi lebih indah dan terasa sejuk.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri pada rumah bernuansa natural. 

Interior desain rumah bernuansa natural ini kental dengan padu padan material yang menghadirkan kesan alami, seperti kayu, rotan, bebatuan, ataupun bambu. Selain itu, rumah bernuansa natural juga kerap mengangkat elemen warna hijau, misalnya dengan dekorasi tanaman. Rumah seperti ini mengingatkan Anda pada kesejukan wilayah pedesaan.

Baca juga: Tips Mempercantik Rumah dengan Dekorasi Pot Tanah Liat & Cara Membuatnya

Sebenarnya interior desain bernuansa natural ini sangat cocok lho diterapkan di Indonesia. Sebab Indonesia memiliki iklim tropis yang mendukung konsep hunian bernuansa natural. Mau tahu apa saja tips bikin rumah lebih indah dengan interior desain bernuansa natural? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

9 Tips Bikin Rumah Lebih Indah dengan Interior Desain Bernuansa Natural

Rumah yang indah tentunya merupakan impian semua orang termasuk Anda. Tapi rumah yang nyaman bukan soal indah saja, lho. Rumah yang akan membuat penghuninya betah harus juga memberikan nuansa damai sekaligus hangat di dalamnya.

Inilah yang akan bisa Anda peroleh saat menerapkan interior desain bernuansa natural ke dalam rumah.  Berikut beberapa tips bikin rumah lebih indah dan nyaman dengan interior desain bernuansa natural:

1. Hadirkan elemen kayu

Tips pertama untuk menghadirkan rumah bernuansa natural adalah dengan menggunakan elemen kayu pada hunian Anda. Usahakan agar unsur kayu ini mendominasi ruang untuk membuat kesan alami semakin kental. Elemen kayu ini bisa diterapkan pada aneka furnitur di rumah Anda, misalnya: meja, kursi, maupu lemari. 

Jika tak ingin menggunakan furnitur berbahan kayu, Anda juga bisa memasukkan elemen kayu pada lantai rumah Anda. Unsur kayu ini akan membuat rumah terkesan bersahaja dan sejuk. Interior desain bernuansa natural yang diperoleh dari kayu juga akan mempercantik estetika ruang. 

2. Gunakan dinding bata dan batu alam

rumah bernuansa natural

Credit: smalldesignideas.com

Selain elemen kayu, elemen alami lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk interior desain rumah bernuansa natural adalah batu bata ataupun batu alam. Anda dapat menerapkannya pada salah satu dinding ruangan.

Penggunaan dinding bata atau batu alam akan menjadi daya tarik tersendiri yang menonjolkan kesan alami untuk rumah bernuansa natural. Kombinasi elemen kayu dan batu bata/batu alam ini membuat rumah Anda tampak lebih indah namun tetap terkesan alami.

3. Gunakan warna-warna earthy tone 

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mewujudkan rumah bernuansa natural yaitu penggunaan warna-warna pada interior. Gunakan warna-warna earthy tone (warna bumi) seperti coklat, krem, beige, kuning langsat, hitam, maupun hijau gelap. Aplikasikan warna-warna ini pada furnitur, cat tembok, lantai, atau plafon. 

Jika Anda bukan penggemar warna earthy tone, jangan khawatir sebab Anda bisa menggunakan jenis warna netral untuk menonjolkan kesan alami. Warna-warna netral seperti putih atau abu-abu juga bisa digunakan untuk interior desain bernuansa natural. 

4. Segarkan hunian dengan tanaman 

rumah bernuansa natural dengan tanaman

Credit: shutterstock.com

Di dalam interior desain bernuansa natural ini Anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman sebagai hiasan yang membuat rumah lebih indah dan segar. Meletakkan beberapa tanaman hias pada ruangan secara psikologis akan membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam. Sebaiknya gunakan tanaman hidup agar Anda mendapatkan kesegaran yang alami. 

Untuk rumah berukuran mungil, Anda bisa menerapkan konsep vertical garden dalam penataan dekorasi tanaman. Konsep vertical garden merupakan jurus ampuh bagi rumah mungil yang ingin menghadirkan interior desain bernuansa natural pada hunian. Vertical garden ini juga bisa dijadikan sebagai pembatas ruang yang super cantik, lho. 

5. Sediakan bukaan udara dan cahaya alami yang memadai

rumah bernuansa natural

Credit: architectureartdesigns.com

Untuk menghidupkan rumah bernuansa natural, ruangan perlu mempunyai banyak bukaan sebagai jalan masuk udara dan cahaya alami ke dalam rumah. Hal ini tak hanya membuat nuansa rumah jadi lebih segar, tapi juga dapat menghemat penggunaan lampu dan pendingin ruangan.

Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah sangat bermanfaat untuk tanaman agar dapat tumbuh lebih segar. 

6. Hadirkan ruangan terbuka

rumah bernuansa natural

Credit: http://beautyharmonylife.com

Menggunakan konsep ruangan terbuka dapat menciptakan nuansa natural karena ruang jadi menyatu dengan alam. Ruangan terbuka ini bisa berupa teras, halaman belakang, maupun balkon rumah.

Gunakan dinding yang terbuat dari kaca untuk memperoleh pemandangan taman atau kebun dari dalam rumah sehingga nuansa natural semakin terasa. 

7. Hadirkan taman di tengah ruang

Konsep taman tak hanya bisa dihadirkan di outdoor saja, lho. Menghadirkan taman di area indoor bukan hanya menyegarkan suasana tapi juga mendukung interior desain bernuansa natural. Anda tinggal mendekorasi taman dengan aneka tanaman hias dan tambahkan pernik dekorasi bebatuan untuk memaksimalkan unsur alami.

Baca juga: 9 Barang yang Wajib Ada dalam Desain Ruang Keluarga

Jangan lupa pastikan agar bukaan udara dan cahaya di area taman ini maksimal, sehingga kualitas udara semakin baik dan sehat.

8. Ciptakan konsep teras rumah yang asri

Meski teras bukanlah bagian dari interior desain karena letaknya berada di luar ruangan, namun Anda bisa menyatukan area teras dengan ruangan dalam. Satukan teras dengan ruangan dalam dengan memaksimalkan bukaan pada ruangan dalam sehingga suasana segar dan alami pada teras akan terasa pada bagian interior ruang. 

Dan jangan lupa untuk menata teras dengan rapi dan asri. Hiasi teras dengan beberapa tanaman hias dalam pot yang diletakkan di sudut-sudut teras. Anda juga bisa menggantung tanaman hias tersebut atau jadikan sebagai dekorasi dinding. Konsep teras yang asri seperti ini akan mempercantik rumah bernuansa natural

9. Gunakan pernik dekorasi yang alami

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan untuk interior desain bernuansa natural yaitu dengan menggunakan pernik dekorasi alami. Rumah bernuansa natural akan semakin terasa unsur alaminya jika didekorasi dengan pernak-pernik yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. 

Anda bisa pilih pernik dekorasi yang berasal dari material organik, misalnya dekorasi anyaman. Saat ini dekorasi anyaman tersedia dalam berbagai variasi desain yang super cantik untuk menghias ruangan Anda.

Selain dekorasi anyaman, Anda juga bisa menggunakan dekorasi pot tanah liat untuk menonjolkan kesan alami pada interior. Tempatkan tanaman-tanaman hias Anda menggunakan pot tanah liat dengan desain yang menarik sehingga ruangan terlihat lebih indah. 

Itulah beberapa tips bikin rumah lebih indah dengan interior desain bernuansa natural yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Selamat mencoba, ya! Anda punya tips-tips lainnya? Yuk, share pada kolom komentar di bawah ini 🙂

Credit photo: bbinteriordesigns.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top