Indo Blog Net

Bisnis

9 Tips Adaptasi Bisnis agar Sukses di Era New Normal Pandemi Corona

tips adaptasi bisnis di era new normal

Adanya pandemi Virus Corona mau tak mau akhirnya berdampak juga pada dunia bisnis. Bahkan tak sedikit pula bisnis yang tutup karena tidak dapat bertahan menghadapi era new normal pandemi Corona. 

Solusinya adalah bisnis Anda wajib beradaptasi agar dapat bertahan dan sukses di masa pandemi ini. Di bawah ini akan diulas secara lengkap berbagai tips adaptasi bisnis di era new normal yang penting untuk Anda ketahui. 

9 Tips Adaptasi Bisnis agar Sukses di Era New Normal Pandemi Corona

Sebenarnya di era new normal ini bisnis apapun juga masih memiliki kesempatan untuk bertahan dan sukses, asalkan Anda mampu beradaptasi dengan baik. Tentunya Anda memerlukan beberapa strategi bisnis di era new normal ini. Nah, berikut ini beberapa tips adaptasi bisnis agar sukses di era new normal pandemi Corona:

1. Lakukan riset konsumen

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang pertama adalah lakukan riset konsumen. Ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Sebab dengan melakukan riset konsumen ini Anda akan memperoleh data sebagai bahan evaluasi apakah produk Anda masih relevan dengan kebutuhan konsumen di masa pandemi Corona ini. 

Di masa pandemi Corona ini tentunya Anda akan menemukan berbagai perubahan perilaku konsumen yang berdampak pada daya beli mereka. Dengan riset konsumen ini Anda dapat mengetahui bagaimana kebutuhan, selera, daya beli, hingga tren para konsumen. Setelah melakukan riset, baru kemudian Anda dapat melakukan langkah selanjutnya.

2. Lakukan inovasi bisnis yang relevan

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang kedua yaitu lakukan inovasi bisnis yang relevan. Di masa pandemi ini tentu ada berbagai perubahan yang terjadi di dunia bisnis, termasuk perubahan kebutuhan konsumen. Nah, di saat seperti ini Anda perlu melakukan inovasi-inovasi yang relevan dengan situasi sekarang ini. 

Dengan melakukan inovasi-inovasi, diharapkan bisnis Anda tetap dapat bertahan atau bahkan bisa saja jadi semakin sukses bila inovasi yang Anda lakukan tepat dan berhasil. 

Misalnya, jika Anda merupakan pemilik usaha masakan matang maka Anda bisa menyediakan layanan delivery agar konsumen mudah memperoleh produk Anda tanpa harus keluar rumah. Selain itu Anda bisa menambahkan berbagai produk/menu sehat yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini.

3. Pengelolaan arus kas

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang ketiga adalah pengelolaan arus kas. Coba periksa kondisi keuangan bisnis Anda dan analisa sejauh mana pandemi Corona mempengaruhi bisnis Anda. Anda dapat melihatnya melalui laporan laba rugi dan arus kas. Bandingkan dengan laporan di masa sebelum pandemi untuk melihat seberapa besar perbedaannya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Kelancaran Bisnis Anda

Anda bisa mengatur atau menyusun ulang pembagian budget bisnis Anda. Misal, Anda bisa jadi perlu meningkatkan pemasaran digital di masa pandemi ini, meningkatkan jumlah stok produk, atau melakukan inovasi-inovasi. Tentunya semua ini membutuhkan anggaran. Kelola keuangan bisnis Anda sebaik mungkin untuk memaksimalkan pendapatan. 

4. Prioritaskan rencana bisnis jangka pendek dan menengah

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang keempat yaitu prioritaskan rencana bisnis jangka pendek dan menengah. Tentunya Anda mempunyai rencana bisnis yang akan dilakukan demi kemajuan bisnis Anda. Namun dalam situasi pandemi Corona seperti ini Anda sebaiknya lebih realistis.

Prioritaskan terlebih dahulu rencana bisnis jangka pendek, setelah itu rencana bisnis jangka menengah. Dalam situasi seperti ini yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan bisnis Anda agar dapat terus berjalan dengan baik. 

5. Buat strategi pemasaran yang tepat

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang kelima adalah buat strategi pemasaran yang tepat. Di masa pandemi Corona ini tantangan dalam menjalankan bisnis bisa jadi lebih besar, maka dari itu Anda perlu membuat strategi-strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan hati konsumen melalui produk yang Anda tawarkan.

Strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Anda dapat menganalisis kembali riset konsumen yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Mengenali perilaku konsumen serta mempelajari bagaimana kecenderungan mereka dalam membeli dapat membuat Anda menentukan strategi promosi yang tepat.

6. Optimalkan teknologi digital

tips adaptasi bisnis di era new normal

Credit: liputan6.com

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang keenam yaitu optimalkan teknologi digital. Ini adalah saat yang tepat untuk bisnis beralih ke digital. Sebab teknologi digital dapat membantu Anda memperluas jangkauan pasar serta memperlancar bisnis Anda. 

Optimalkan teknologi digital melalui pemanfaatan sosial media, marketplace, aplikasi pesan antar makanan, dan lain-lain. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah memperoleh produk Anda. 

7. Jaga kualitas hubungan dengan karyawan

 

tips adaptasi bisnis di era new normal

Credit: maucash.id

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona berikutnya yaitu jaga kualitas hubungan dengan karyawan. Bagaimanapun karyawan merupakan salah satu support system terbesar sebuah bisnis. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk menjaga kualitas hubungan dengan mereka. 

Caranya adalah dengan membangun komunikasi yang baik dan melibatkan karyawan dalam setiap ide-ide serta inovasi yang Anda lakukan. Saat karyawan merasa dilibatkan, hal tersebut dapat mempererat hubungan Anda dengan mereka. 

Ada baiknya jika Anda pun sebagai pemilik bisnis bersikap terbuka atas setiap masukan dari para karyawan. Anda juga perlu mendengar orang-orang di sekitar bisnis Anda, termasuk para karyawan. Ini dapat memperluas sudut pandang Anda terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. 

8. Persiapkan dana cadangan

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona selanjutnya adalah persiapkan dana cadangan. Di masa pandemi ini Anda tentu perlu lebih waspada terhadap pasang surut dunia bisnis. Untuk itulah Anda sebaiknya mempersiapkan dana cadangan sebagai antisipasi terjadinya risiko bisnis. 

Dengan adanya dana cadangan ini Anda dapat meminimalisir terjadinya kerugian atau risiko lainnya yang mungkin terjadi. Pastikan dana cadangan ini hanya boleh digunakan untuk keadaan yang benar-benar darurat saja. 

9. Berkonsultasi dengan ahlinya 

Tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang terakhir yaitu berkonsultasi dengan ahlinya. Saat menghadapi situasi yang sulit di masa pandemi ini tentu Anda mengalami kebingungan, apalagi jika bisnis Anda terkena dampak yang cukup parah. 

Tidak perlu terlalu panik dulu, sebab kepanikan tidak akan menghasilkan solusi apapun. Nah, disaat seperti inilah Anda perlu berkonsultasi dengan mereka yang sudah lebih berpengalaman dalam dunia bisnis. Tak ada salahnya jika Anda mencari bimbingan dari para ahli bisnis untuk membantu mengarahkan bisnis Anda agar dapat bertahan dan tetap sukses di masa pandemi ini. 

Demikian beberapa tips adaptasi bisnis di era new normal pandemi Corona yang penting untuk Anda lakukan. Apapun strategi yang Anda lakukan jangan lupa untuk selalu mengiringinya dengan doa. Semoga pandemi virus Corona ini dapat kita lewati dengan baik. Selamat mencoba tips-tips di atas, ya. Semangat! 🙂

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top