Connect with us

Inspirasi

9 Platform Gratis yang Bisa Digunakan Anak Belajar Online di Rumah

Published

on

belajar online gratis

Sejak merebaknya virus Corona awal Bulan Maret lalu di Indonesia, pemerintah kemudian memutuskan agar anak-anak sekolah untuk belajar di rumah. Tepatnya hal ini berlalu sejak pertengahan bulan lalu. Meski di rumah, bukan berarti anak-anak jadi kehilangan kesempatan untuk belajar.

Jika digunakan dengan optimal, waktu belajar di rumah pun bisa jadi cara yang efektif bagi anak-anak untuk memperoleh ilmu. 

9 Platform untuk Anak Belajar Online Gratis di Rumah 

Dengan adanya teknologi internet saat ini, kita sangat dimudahkan untuk melakukan pembelajaran secara online di rumah. Ada banyak platform untuk anak belajar online gratis di rumah. Jadi, tak perlu bingung dan khawatir lagi anak akan tertinggal pelajarannya.

Yuk, langsung simak 9 platform belajar online gratis yang bisa Anda gunakan:

1. Rumah Belajar Kemendikbud

Aplikasi Rumah Belajar ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kemendikbud sebagai metode pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android.

Ada banyak fitur menarik yang ditawarkan dari Rumah Belajar ini, diantaranya: Kelas Digital, Sumber Belajar, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Karya Bahasa dan Sastra, Peta Budaya, hingga Laboratorium Maya.

Baca juga: K-Link Hadirkan Sekolah Islam Multikultur di Jakarta dan Sentul

Rumah Belajar ini bisa digunakan mulai dari siswa tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Anda bisa mengaksesnya melalui website https://belajar.kemdikbud.go.id atau mengunduh aplikasinya di handphone Android. 

2. Ruangguru

Anda bisa jadi telah familiar dengan nama Ruangguru. Nah, asyiknya sekarang Ruangguru membuka sekolah online Ruangguru gratis, lho. Di sini para siswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online (live teaching), setiap Hari Senin sampai dengan Jum’at mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Program Ruangguru gratis ini dibuka sejak 16 Maret 2020. Tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup seluruh mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional dari tingkat SD sampai SMA.

Proses pembelajaran akan dipandu para Master Teachers Ruangguru. Anda bisa mengakses Ruangguru di https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

3. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu platform yang menyediakan sistem pendukung edukasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Kelas Pintar membantu murid serta guru dalam praktik belajar mengajar melalui sistem online, dengan menghadirkan personalisasi personalisasi dashboard untuk Siswa, Guru, serta Orangtua.

Baca juga: KLIS, Sekolah Islam Berwawasan Multikultur Siap Menjadi Solusi Pendidikan Era Global

Materi pembelajarannya pun telah sesuai dengan kurikulum Tahun 2013. Kelas Pintar yang telah hadir di Singapura, India, Uni Emirat Arab (UAE), hingga Afrika Selatan ini menyajikan sistem pembelajaran yang interaktif. Kelas Pintar bisa diakses melalui https://www.kelaspintar.id/ 

4. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan pembelajaran kelas yang berkolaborasi dengan ratusan sekolah serta organisasi yang sudah dikurasi. Pada program Belajar Tanpa Batas, Sekolahmu menghadirkan metode live streaming mata pelajaran.

Program-program yang terdapat pada Sekolahmu ini dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik berpengalaman. Sehingga diharapkan platform ini bisa menumbuhkan kompetensi siswa.

Sekolahmu diperuntukkan tak hanya bagi siswa tapi juga guru dan orangtua. Anda bisa mengaksesnya di https://www.sekolah.mu/tanpabatas  

5. Google Suite Education

Bagi Anda yang sudah akrab dengan Google, saat ini Anda juga bisa memanfaatkan platform yang disediakan untuk membantu siswa dan guru untuk melakukan pembelajaran diluar sekolah yang disediakan oleh Google. Google Suite Education menghadirkan fitur Hangouts Meet yang merupakan alat konferensi video.

Hangouts Meet dapat digunakan secara gratis hingga 1 Juli 2020, fitur lengkap ini meliputi kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain, dan juga pertemuan besar hingga 250 peserta per kelasnya.

Menariknya, Anda bisa merekam dan kemudian menyimpannya dalam Google Drive untuk diakses kembali di lain waktu.

Ada juga fitur Google Classroom untuk siswa mengikuti kelas dan melakukan pembelajaran dari rumah secara online. Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, bisa klik link berikut: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/ 

6. Microsoft Teams

Selanjutnya ada Microsoft Indonesia yang menyediakan akses Office 365 untuk membantu pembelajaran di rumah. Jika ingin menggunakannya, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi yang berfungsi sebagai identitas digital para guru dan siswa.

Office 365 memberikan fasilitas Teams agar proses belajar mengajar bisa tetap berlangsung secara online. Selain itu, guru juga dapat bertatap muka dengan siswa melalui fasilitas video conference. Office 365 bisa diakses melalui link berikut https://microsoft.com/id-id/education/products/office 

7. Quipper School

Quipper School juga menyediakan akses serta materi pembelajaran gratis yang diperuntukkan untuk siswa, guru, dan sekolah. Guru dan sekolah bisa memanfaatkan fasilitas Quipper School untuk memberikan tugas pada siswa sekaligus memonitor hasilnya.

Materinya mencakup video, modul, serta kumpulan soal UN (Ujian Nasional) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri) untuk guru SMP dan SMA. Quipper Schools bisa dikunjungi melalui link berikut: https://quipper.com/id/school/teachers/ untuk mengakses Quipper School.

8. Zenius

Platform Zenius menyediakan program belajar mandiri di rumah #BisaBareng yang memberikan puluhan ribu video materi pembelajaran lengkap. Zenius bisa digunakan oleh siswa SD, SMP, hingga SMA yang sesuai dengan kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Kurikulum 2013, serta Kurikulum 2013 Revisi.

Di sini siswa juga bisa mengakses materi pembelajaran lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB, STAN, SIMAK UI, serta UTUL UGM. Anda bisa mengunjungi link berikut untuk menggunakannya: https://www.zenius.net/belajar-mandiri/ 

9. Meja Kita

Meja Kita memberikan materi belajar gratis dan cukup lengkap untuk siswa SD hingga jenjang SMA, serta terdapat ribuan catatan yang telah diunggah oleh murid-murid komunitas pelajar Indonesia. Meja Kita menyajikan materi secara tematis yang dilengkapi forum diskusi untuk tanya jawab.

Melalui platform Meja Kita, siswa tetap bisa berdiskusi mengenai PR, tugas, serta soal-soal, maupun berbagi catatan dan materi belajar. Anda bisa mengaksesnya di https://mejakita.com/

Ternyata banyak ya platform belajar online gratis yang bisa kita manfaatkan. Jadi, tak ada alasan ketinggalan pelajaran meski #dirumahaja, ya. Yuk, langsung kunjungi link platformnya! Selamat belajar 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Continue Reading

Populer