Entrepreneur

9 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Rumahan

abon jambrong unia

Cukup banyak orang yang bermimpi menjadi pengusaha. Tak menjadi soal, apakah menjadi pengusaha kelas kakap atau pengusaha rumahan dengan modal pas-pasan sekalipun. Pada kenyataannya mereka yang memulai usaha rumahan bisa meningkat menjadi big bos karena bekerja keras, ulet, gigih, dan tahan banting. Namun juga tak sedikit yang bangkrut hanya beberapa bulan setelah usahanya dijalankan.

Menjalankan bisnis rumahan memang fleksibel, kreatif, dan menantang bagi mereka yang ingin menjadi bos. “Lebih baik menjadi kepala ikan teri daripada menjadi ekor ikan gurami,” begitu prinsipnya.  Hal itu memang tidak mudah tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Perlu niat, tekad, dan keberanian serta pandangan ke depan untuk menjadi seorang pengusaha rumahan yang sukses.

Berikut disampaikan beberapa tips praktis menjadi seorang pengusaha sukses di rumah.

1. Jangan pernah berpikir tentang kegagalan

Sebagai calon pengusaha Anda selayaknya membayangkan diri Anda sebagai seorang peraih tujuan. Berpikirlah positif dan memiliki kepercayaan yang kuat dalam segala hal bahwa suatu hari nanti Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Pikirkan pula bahwa apa yang Anda lakukan akan bermanfaat bagi diri pribadi Anda dan bagi orang lain. Keyakinan Ini sangat penting untuk membackup ide-ide Anda dan kemampuan Anda. Semakin besar keyakinan Anda maka akan semakin besar kemungkinan untuk berhasil dalam usaha Anda. Namun demikian Anda juga perlu memiliki keseimbangan antara rasa percaya diri dan risiko yang sudah Anda perhitungkan.

2. Pikirkan keberhasilan

Bermimpi besar sangatlah penting karena semua kisah sukses dalam bisnis dimulai dengan mimpi besar. Ini penting bahwa Anda memiliki impian yang sangat besar untuk diri sendiri. Pikirkan diri Anda sebagai orang yang kaya, sangat terkenal, dan dihormati. Sebuah visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai sangat penting. Visualisasikan dalam pikiran Anda tentang kesuksesan. Pusatkan imajinasi itu dalam pikiran Anda. Rasakan, sentuh, dan lihat bagaimana Anda duduk di kursi empuk dekat meja yang lengkap dengan peralatan canggih.

dapur abon jambrong unia

Suasana dapur Abon Jambrong Unia

Kekuatan visualisasi seperti itu yang diajarkan oleh guru saya ketika mengikuti pelatihan motivasi dan pengembangan diri di Jakarta. Masuk kantor megah dengan memakai kendaraan mewah, dan berpakaian perlente. Dengan pakaian jas lengkap Anda sedang memimpin rapat staf, ada sekretaris yang menulis notulen, ada pula salah satu manager yang memaparkan rencananya kepada Anda. Dalam ilmu yang lain kegiatan tersebut disebut materialisasi. Jika Anda ingin menjadi seorang penulis terkenal, bayangkan diri Anda sedang menandatangani buku karya Anda di depan sekelompok pengagum karya Anda. Juga bisa divisualisasikan sebuah gedung bioskop modern yang penontonnya penuh sesak ingin menonton film yang diangkat dari novel karya Anda.  Keren, bukan.

3. Bergairahlah dalam semua yang Anda lakukan

Teori menyatakan bahwa kesuksesan akan datang dengan mudah jika Anda memiliki gairah dalam apa yang Anda lakukan. Anda harus percaya pada apa yang Anda lakukan dan di atas semuanya Anda juga memiliki gairah dalam melakukannya. Jika Anda melakukan sesuatu yang menarik minat Anda atau bahkan sesuatu yang Anda benar-benar peduli, maka Anda cenderung untuk menampilkan kinerja yang baik. Sekali lagi untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis, Anda harus bersabar, bekerja keras, bersemangat,  dan  mungkin tergila-gila dengan segala sesuatu yang Anda lakukan.

abon jambrong unia

Berawal dari usaha rumahan, Abon Jambrong Unia tetap tampil berkelas dengan pemilihan angle foto yang prestise.

4. Bekerja keras

Untuk meraih kesuksesan Anda memang harus bekerja keras. Ini bukan basa-basi atau sekedar teori belaka. Sukses dalam bisnis tidak pernah datang dengan mudah, Anda harus bertekad untuk bekerja keras, moril tinggi yang didukung oleh  kepercayaan bahwa Anda akan mencapai tujuan Anda. Sukses tidak dapat dicapai dengan hanya duduk manis, nonton tv, membaca majalah, atau menatap dinding setiap hari. Sungguh, Anda benar-benar harus bekerja!

5. Tekun dan kerja keras: kunci kesuksesan

Jika bisnis Anda baru, Anda benar-benar perlu mencurahkan pikiran, waktu, dan tenaga sampai usaha Anda bisa berdiri sendiri. Coba deh Anda berbicara dengan orang yang paling sukses dalam bisnis. Mereka pasti memberitahu Anda bahwa mereka harus bekerja selama berjam-jam pada awal bisnis mereka. Namun Anda juga harus tahu bahwa bekerja keras hanya dapat Anda lakukan lebih mudah jika Anda telah mendefinisikan dengan baik visi, misi, dan tujuan yang jelas.  Selain itu Anda harus memiliki gairah yang cukup tinggi dalam segala hal yang Anda lakukan sebagaimana saya utarakan di muka.

6. Berkonsentrasi pada kekuatan Anda

Anda mungkin tidak bisa menjadi baik dalam segala hal.  Setiap orang memiliki kekuatan dan juga kelemahan. Agar efektif dalam kegiatan pribadi dan bisnis pada khususnya, Anda harus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Fokuskan pada kekuatan yang Anda miliki untuk dimanfaatkan pada bidang yang sering membuat Anda berhasil. Jika Anda piawai di bidang pemasaran maka berkonsentrasilah pada bidang itu. Biarkan orang lain yang ahli di bidang lain melakukan pekerjaan untuk Anda. Itu hanya bisa terjadi jika Anda sudah menjadi seorang bos, pada level apapun. Jika Anda masih bekerja sendiri maka seluruh kegiatan memang harus Anda tangani sendiri.

7. Rencanakan dengan baik

Anda mungkin memiliki kepercayaan diri sendiri yang kuat dan visi yang bagus. Tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana untuk sampai ke visi tersebut maka semua impian Anda bisa jadi tak terwujud. Dalam hal menulis buku misalnya,  sangat penting bagi Anda untuk menetapkan tujuan Anda sehingga impian itu tidak hanya  menjadi fantasi. Oleh sebab itu perencanaan selayaknya dilakukan dengan cermat  sehingga segala sesuatu yang Anda lakukan dapat menuju pencapaian visi Anda. Kemampuan untuk menetapkan tujuan dan membuat rencana memang memerlukan keterampilan yang cukup penting. Keberhasilan Anda menyusun rencana akan ikut menentukan keberhasilan bisnis Anda dan sebaliknya kegagalan akan dijumpai manakala Anda gagal menyusun rencana yang feasible .

8. Bangun jaringan kerja.

Dalam dunia bisnis, penilaian orang lain tentang Anda terbentuk dari perusahaan yang Anda dirikan. Bisnis akan selalu membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan orang lain. Oleh karena itu Anda benar-benar perlu membentuk jaringan kerja dengan mereka. Networking dengan orang-orang yang dapat diajak berbagi ide sangat diperlukan. Pertemuan dengan orang untuk sharing informasi, pengalaman, dan ilmu pengetahuan sangat penting dalam suatu bisnis. Permodalan, jenis usaha yang sedang ngetren, manajemen, dan lain-lain bisa Anda dapatkan melalui perbincangan atau diskusi dengan orang lain. Itulah sebabnya di lapangan cukup banyak organisasi yang dibentuk oleh pebisnis sesuai dengan jenis usaha mereka. Anda selayaknya bergabung dengan mereka agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa tips di antara puluhan atau bahkan ratusan tips dalam dunia bisnis. Walaupun Anda saat ini baru merintis usaha rumahan namun tips di atas berlaku umum untuk siapa saja.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top