Indo Blog Net

Kuliner

9 Kuliner Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?

kuliner viral

Bicara mengenai makanan atau kuliner memang gak pernah ada istilah bosan, ya. Dari waktu ke waktu tren kuliner terus bermunculan, bahkan semakin kesini semakin unik. Apalagi di zaman sekarang, aneka kuliner dapat dengan mudah menjadi viral disebarluaskan melalui sosial media, seperti Instagram maupun YouTube. Nah, bagi kalian yang mengaku para pencinta kuliner, tentunya sudah tak asing lagi dengan beberapa jenis kuliner yang viral di sosial media. 

9 Kuliner Viral di Indonesia

Apa saja kuliner yang viral di Indonesia? Yuk kita bahas 9 jenis kuliner yang meramaikan jagad dunia maya berikut ini. Mana saja yang sudah pernah kamu coba?

1. Ayam Geprek   

ayam geprek yang menggugah selera

Credit: pinterest.com

Bagi pecinta kuliner pedas, tentunya menu yang satu ini jadi favorit. Rasanya yang gurih, renyah, dan pedas memang membuat banyak orang ketagihan. Tak hanya orang dewasa, anak-anakpun banyak yang menyukai menu Ayam Geprek dengan tingkat kepedasan yang tidak terlalu pedas.

Banyak pedagang Ayam Geprek yang memberikan tingkat (level) pedas yang berbeda-beda pada menu ini, mulai dari level 1 hingga 10. Semakin tinggi levelnya maka semakin pedas. Ayam Geprek ini pertama kali muncul di wilayah Yogyakarta, dan sudah ada sejak tahun 2003, namun menjadi viral baru beberapa tahun terakhir ini. 

2. Bakso Lava

kuliner viral - bakso larva

Credit: dailymotion.com

Wow, kuliner bakso memang termasuk kuliner yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi bagi penikmat makanan pedas dan menantang, kuliner Bakso Lava sangat menarik untuk dicoba. Jika bakso biasa hanya berukuran maksimal sebesar bola tenis, Bakso Lava bisa berukuran 3 kali lipat dari itu.

Tak hanya ukurannya yang jumbo, bakso ini pun memiliki isian yang luar biasa pedas. Dinamakan Bakso Lava karena isinya adalah sambal yang meleleh serta irisan cabai merah dan oranye yang super pedas, mirip lava gunung berapi saat letusan. Soal rasa tak perlu ditanya, pastinya benar-benar pedas diiringi rasa gurih dan nikmat. 

3. Beer Ramen

Beer Ramen

Credit: food.detik.com

Meski namanya beer, bukan berarti kuliner yang satu ini mengandung minuman beralkohol, lho. Beer ramen adalah mie ramen yang dihidangkan dalam gelas besar yang biasa digunakan untuk minum beer.

Mie ramen disajikan bersama kuah kaldu serta putih telur yang dikocok hingga berbusa, sehingga penyajiannya benar-benar mirip dengan minuman beer.

Soal rasa tak berbeda dengan mie ramen pada umumnya, hanya penyajiannya saja yang unik.

4. Burger Hitam

Burger Hitam

Credit: sajiansedap.grid.id

Jika biasanya burger berwarna coklat, seperti warna roti pada umumnya, maka burger dengan roti warna hitam pekat tentu sangat menarik perhatian. Tak heran jika makanan yang satu ini sempat menjadi viral di Indonesia.

Adonan roti pada burger hitam ini diberi campuran charcoal atau arang bambu sehingga warnanya menjadi hitam. Tenang saja, meski terdengar asing, arang bambu ini aman untuk dikonsumsi.

5. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo

Credit: hipwee.com

Es Kepal Milo ini berasal dari negara tetangga, Malaysia. Pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2018, tepatnya di Yogyakarta. Tak lama berselang, kuliner satu ini langsung viral, terutama di sosial media seperti Instagram dan YouTube.

Es Kepal Milo adalah es serut yang dilumuri coklat Milo yang sudah dikentalkan terlebih dahulu. Tak hanya itu, es ini juga diberi aneka topping seperti kacang, permen warna-warni, Oreo, keju, Coco Crunch, ataupun meses. Rasanya manis dan segar, dan kamu bisa pilih topping mana yang kamu inginkan.

6. Mie Hitam

Mie Hitam

Credit: pergidulu.com

Kuliner serba hitam memang unik, salah satunya adalah sajian mie berwarna hitam. Mie hitam ini sejenis mie ayam atau mie yamin, yang membedakan hanya warna dari mienya. Warna hitam dari mie berasal dari tinta cumi. Bahkan ada pula pedagang yang juga menyajikan baksonya dengan warna hitam serupa dengan mienya.Bagi kalian pecinta warna hitam tentunya kuliner yang satu ini sangat menarik untuk dicoba, bukan?

7. Nugget Pisang

Nugget Pisang

CreditL: travelingyuk.com

Kuliner yang sempat sangat viral di Instagram ini muncul sekitar tahun 2017. Nugget pisang adalah pisang yang dibalut dengan tepung roti layaknya nugget. Bukan hanya rasanya yang manis serta tekstur crispy-nya yang membuat jajanan satu ini begitu banyak digemari, tapi juga karena aneka topping yang menarik.

Mulai dari topping cokelat leleh, keju parut, bubuk green tea, meses, bubuk oreo, vanilla, tiramisu, hingga nutella. Lengkap, bukan? Tampilannya yang warna-warni menjadi daya tarik tersendiri dan instagrammable.

8. Thai Tea

Thai Tea

Credit: islampos.com

Selain es kepal Milo, minuman berikutnya yang sempat viral di Indonesia adalah Thai Tea. Sekilas minuman ini mirip dengan teh tarik atau teh susu. Minuman yang awalnya berasal dari Thailand ini juga menggunakan campuran susu, vanila, krimer, serta gula.

Namun, yang unik dari minuman yang satu ini adalah perpaduan berbagai jenis rempah-rempah seperti biji asam jawa, bunga lawang maupun bunga jeruk yang membuat rasanya menjadi berbeda dari minuman teh pada umumnya. 

9. 3D Latte

3D Latte

Credit: liputan6.com

Sebelum muncul 3D Latte, tentu kamu mengenal latte art yang merupakan sebuah seni dalam penyajian kopi dengan pola dan desain pada permukaan kopi.

Setelah tren latte art, muncul 3D Latte yang lebih menggemaskan. 3D Latte bisa berbentuk hewan atau boneka 3 dimensi yang seolah-olah keluar dari cangkir kopi. 3D Latte memerlukan lebih banyak foam untuk membentuk karakter yang diinginkan.

Tips Sehat Saat Menikmati Kuliner 

Saat menikmati kuliner favorit, jangan lupa juga soal kesehatanmu. Menikmati kuliner memang mengasyikkan, tapi menjaga kesehatan tentu jadi hal yang lebih penting, bukan? Lalu apa saja tips sehat saat menikmati kuliner?

  • Pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah halal. Bagi kaum muslim hal ini menjadi hal wajib untuk diperhatikan. Pastikan makanan tersebut halal, sehingga makanan tersebut bisa jadi berkah untuk diri kita. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual mengenai kehalalan makanan yang kamu konsumsi. 
  • Pilih tempat yang bersih. Tempat makan yang bersih dapat mencerminkan kebersihan makanan yang dijualnya. Perhatikan juga bagaimana kebersihan dapur dan toiletnya, karena ini bisa jadi acuan bagaimana aturan kebersihan yang ditetapkan pedagang tersebut.
  • Jangan makan dan minum berlebihan. Ingat prinsip “sesuatu yang berlebihan tidak baik”. Ini berlaku pula dalam menikmati kuliner. Makan dan minum dalam jumlah berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh. Jadi kendalikan nafsu makan minum berlebihan saat sedang berkuliner, ya. 
  • Ketahui komposisi makanan. Sebisa mungkin ketahui apa saja komposisi makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Pilih makanan dan minuman yang bebas dari bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh, seperti: perasa sintetik, pewarna, pemanis buatan, maupun pengawet. 
  • Kenali kondisi tubuhmu. Sesuaikan menu makan yang kamu konsumsi dengan kondisi tubuhmu. Misalnya, hindari makanan terlalu pedas jika memiliki gangguan pencernaan, kurangi makanan yang terlalu manis jika memiliki penyakit diabetes, serta kurangi makanan yang tinggi garam bagi kalian yang terkena hipertensi, dan lain-lain. 

Oke, selamat berkuliner ria tapi tetap sehat, ya!

Sumber foto profil: jabar.idntimes.com

 

 

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top