Connect with us

Menulis Yuk

9 Ide Kreasi Kemasan Buket Bunga Paling Cantik & Tips Merangkainya

Published

on

ide kreasi kemasan buket bunga

Ide memberi hadiah berupa buket bunga atau tanaman kepada orang istimewa memang tak pernah lekang oleh waktu. Bunga selalu jadi hal yang indah sekaligus romantis untuk dipersembahkan bagi orang terkasih. Yuk, simak ulasan mengenai berbagai ide kreasi kemasan buket bunga paling cantik serta beberapa tips merangkainya pada artikel di bawah ini.

Tips Merangkai Buket Bunga

Supaya hadiah buket bunga yang Anda berikan menjadi lebih personal dan berkesan tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba merangkai sendiri bunga untuk buket, berikut beberapa tips tepat dan mudah yang dapat Anda lakukan:

1.   Tentukan tema buket bunga

Tips merangkai buket bunga yang pertama adalah tentukan tema buket bunga yang ingin Anda berikan. Tema buket bunga ini biasanya disesuaikan dengan momen pemberian, kepribadian penerima, dan lain-lain. Misalnya, apakah buket bunga ini diberikan untuk acara ulang tahun, kelulusan, maupun momen kelahiran.

Tentunya setiap momen akan memiliki nuansa yang berbeda. Tak hanya momen, kepribadian atau selera penerima juga bisa menentukan tema buket bunga, lho. Apakah penerima menyukai jenis bunga ataupun warna tertentu, hal ini bisa jadi pertimbangan menentukan tema buket bunga.

2. Pilih jenis bunga

Tips berikutnya dalam merangkai buket bunga yaitu pilih jenis bunga atau tanaman yang akan Anda gunakan. Anda dapat menggunakan satu jenis bunga atau tanaman, namun bisa juga menggunakan kombinasi beberapa jenis bunga.

Kombinasi beberapa jenis bunga ini akan membuat buket bunga terlihat lebih unik, lho. Jika Anda menginginkan tampilan buket yang lebih minimalis dan simpel sebaiknya pilih satu jenis bunga saja.

3. Sesuaikan warna bunga dengan tema

Tips ketiga bagi Anda yang ingin merangkai buket bunga adalah sesuaikan warna bunga dengan tema yang dipilih. Hal ini untuk menciptakan keserasian dan juga kesan yang lebih indah bagi penerima. Misalnya, jika Anda akan memberikan buket bunga untuk acara momen kelahiran, Anda dapat memilih warna bunga yang ceria sebagai tanda menyambut kebahagiaan.

Atau jika Anda memilih tema elegan untuk buket bunga Anda, maka pilih warna bunga yang kalem seperti putih atau merah muda.

4. Pilih jenis pembungkus buket

Tips selanjutnya dalam merangkai buket bunga yaitu pilih jenis pembungkus buket. Untuk yang satu ini juga Anda perlu menyesuaikannya dengan tema, jenis, serta warna bunga yang telah dilakukan pada tips sebelumnya. Ada berbagai jenis bahan pembungkus buket bunga yang dapat Anda pilih. Diantaranya, kain jaring, kain spunbond, kain tile, kain jute, kertas kado, kertas coklat vintage, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Jenis Bahan Pembungkus Buket Bunga & Tips Tepat Memilihnya

5. Rapikan bunga

Tips kelima untuk Anda yang ingin merangkai buket bunga adalah rapikan bunga. Kerapian bunga tentunya akan membuat tampilan buket bunga menjadi lebih indah dan enak dipandang, bukan? Anda dapat memotong bagian tangkai bunga yang terlihat kurang rapi.

Selain itu, untuk bunga yang berduri jangan lupa potong bagian tersebut agar tidak membahayakan penerima. Anda juga perlu memotong tangkai bunga sesuai dengan susunan yang Anda inginkan saat dikemas dengan bahan pembungkus.

6. Tata bunga di dalam pembungkus buket

Setelah bunga telah rapi, tips berikutnya dalam merangkai buket bunga yaitu tata bunga di dalam pembungkus buket. Sebelum bunga dibungkus dengan kemasan buket, untuk menjaganya tetap rapi Anda dapat mengikat rangkaian bunga dengan kawat kecil tipis.

Selain itu Anda juga bisa menempatkan busa di bagian bawah kemasan buket untuk menjaga agar tangkai bunga dapat berdiri tegak dan tetap tertata rapi.

7. Segarkan dengan air

Segarkan bunga dengan air juga termasuk salah satu tips dalam merangkai buket bunga. Semprotkan air bersih secukupnya ke rangkaian bunga agar selalu tampak segar dan lebih awet.

8. Beri tambahan aksesoris

Tips terakhir yang juga tak boleh dilewatkan dalam merangkai buket bunga adalah berikan tambahan aksesoris. Aksesoris ini dapat menyempurnakan tampilan buket bunga Anda, lho. Aksesoris yang biasa digunakan dapat berupa pita, tali, atau kartu ucapan yang menarik.

Itulah beberapa tips merangkai buket bunga yang dapat Anda coba. Selanjutnya mari kita simak berbagai ide kreasi kemasan buket bunga yang paling cantik untuk orang teristimewa Anda.

9 Ide Kreasi Kemasan Buket Bunga

Bingung bagaimana membungkus buket bunga yang ingin Anda hadiahkan? Berikut ini ada beberapa ide kreasi kemasan buket  bunga yang dapat jadi inspirasi Anda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan ataupun memodifikasinya sesuai kreativitas Anda.

1. Ide buket bunga tema ungu

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: pinterest

Ide kreasi kemasan buket bunga yang pertama adalah tema ungu. Ini cocok bagi Anda yang menyukai warna ungu. Anda bisa gunakan bunga mawar berwarna pink keunguan yang dibungkus dengan bahan kain spunbond ungu.

2. Ide buket bunga ceria

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: pinterest

Nah, kalau yang satu ini khusus bagi Anda yang menginginkan tema nuansa ceria. Ide kreasi kemasan buket bunga yang satu ini bisa Anda hadiahkan untuk sahabat terdekat Anda.

3. Ide buket bunga bagi penggemar tanaman mawar

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: styleroses.co.uk

Jika penerima merupakan penggemar tanaman mawar, Anda bisa pilih ide kreasi kemasan buket bunga yang satu ini. Penerima buket berupa tanaman mawar yang diletakkan dalam pot mini ini bisa langsung menanamnya di rumah, lho.

4. Ide buket bunga minimalis

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: pinterest

Ide kreasi kemasan buket  bunga yang selanjutnya adalah tema minimalis. Kaktus cantik berbunga merah ini tampak indah dikemas dengan kertas kado polos yang diberi hiasan pita putih serta dekorasi daun sebagai aksesoris.

5. Ide buket bunga tema elegan

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: appleyardflowers.com

Berikutnya ada ide kreasi buket bunga bertema elegan. Bunga mawar putih semakin terlihat elegan dengan kain tile putih sebagai pembungkusnya. Tak hanya itu, pita bernuansa metalik juga menjadi pelengkap tampilan buket yang elegan.

6. Ide buket bunga tema perdamaian

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: nurserylive.com

Ide kreasi kemasan buket bunga tema perdamaian juga menarik untuk Anda gunakan. Kemasan buket bunga yang memadukan antara warna putih dan biru sangat pas untuk melambangkan rasa damai.

7. Ide buket bunga yang praktis

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: pinterest

Anda ingin ide kreasi kemasan buket bunga yang praktis? Cobalah yang satu ini. Anda bisa membungkus buket bunga mawar indah beraneka warna di dalam kotak yang terbuat dari kardus. Namun pastikan Anda memilih bunga serta kemasan kardus yang menarik, ya.

8. Ide buket bunga yang simpel

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: thelittlemarketbunch.com.au

Ide kreasi kemasan buket bunga yang berikut ini juga cocok bagi Anda yang menyukai sesuatu yang simpel alias sederhana. Buket bunga berukuran mini ini sangat simpel dengan kemasan kotak kardus dibalut pita putih.

9. Ide buket bunga tema vintage

ide kreasi kemasan buket bunga

Credit: amazon.co.uk

Ide kreasi kemasan buket bunga yang terakhir mengangkat tema vintage. Menggunakan jenis bahan pembungkus buket bunga berupa kain jute sehingga terlihat vintage namun tetap menarik.

Demikian beberapa ide kreasi kemasan buket bunga yang menarik untuk Anda coba. Anda juga bisa menambahkan kreasi sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba, ya! 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer