Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

9+ Cara Memperingati Hari Kemerdekaan di Tengah Pandemi

  • Bagikan
cara
cara memperingati hari kemerdekaan

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus tentunya merupakan hari bersejarah bagi kita warga negara Indonesia. Meski saat ini pandemi belum berakhir bukan berarti Anda tidak bisa merayakan hari kemerdekaan, lho. Yuk, simak berbagai cara memperingati hari kemerdekaan di tengah pandemi pada ulasan di bawah ini.

 

9+ Cara Memperingati Hari Kemerdekaan di Tengah Pandemi

Jangan khawatir karena Anda tidak bisa merayakan hari kemerdekaan seperti beberapa tahun lalu. Anda masih bisa kok menghidupkan semangat kemerdekaan bersama keluarga di rumah. Melalui beberapa cara memperingati hari kemerdekaan berikut ini Anda tetap bisa merasakan keseruan di hari yang istimewa ini.

1.    Mengikuti upacara HUT RI dari rumah

Cara memperingati hari kemerdekaan yang pertama adalah mengikuti upacara HUT RI (Hari Ulang Tahun Republik Indonesia) dari rumah. Anda bisa menyaksikan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dilakukan di Istana Negara melalui siaran televisi yang disiarkan secara langsung.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya saat pandemi belum terjadi, upacara HUT RI yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo kali ini hanya dilakukan oleh beberapa kelompok pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) saja. Upacara kenaikan bendera biasanya dilakukan di pagi hari, sedangkan penurunan bendera dilakukan di sore harinya.

2.    Mengibarkan bendera merah putih di rumah

Selain mengikuti upacara HUT RI dari rumah, Anda juga bisa mengibarkan bendera merah putih sebagai cara memperingati hari kemerdekaan. Ajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk mengadakan upacara kecil-kecilan untuk mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah Anda.

Mengibarkan bendera merah putih termasuk salah satu bentuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Meski dilakukan di rumah, buatlah acara pengibaran bendera tersebut layaknya upacara sungguhan. Tentukan siapa yang menjadi pemimpin upacara, pengibar bendera, hingga siapa saja peserta upacaranya.

3.    Menggunakan baju merah putih

Cara memperingati hari kemerdekaan yang selanjutnya yaitu menggunakan baju merah putih. Tak lengkap rasanya hari kemerdekaan tanpa nuansa merah putih. Merah putih memang identik sebagai tema kemerdekaan Republik Indonesia. Sebab warna merah putih merupakan warna bendera Indonesia.

Nah, untuk menyemarakkan hari kemerdekaan ini, Anda dan keluarga bisa menggunakan baju dengan tema merah putih. Selain baju dengan tema merah putih, Anda juga bisa menggunakan baju tradisional jika memang ada.

4.    Mengikuti perlombaan secara online

Hari kemerdekaan tentu tak lepas dari adanya berbagai perlombaan. Namun di masa pandemi ini sebaiknya Anda menghindari dulu lomba yang biasa diadakan di lingkungan luar rumah. Cara memperingati hari kemerdekaan melalui lomba ini bisa dilakukan secara online. Selain lebih aman, lomba virtual juga tak kalah seru, lho.

Ajaklah seluruh anggota keluarga di rumah untuk ikut serta meramaikan lomba. Anda bisa mencari info seputar lomba 17-an virtual di sosial media, seperti Instagram, TikTok, Twitter, maupun Facebook. Lomba-lomba virtual ini juga banyak yang menawarkan hadiah menarik sehingga Anda lebih semangat berpartisipasi.

5.    Mengadakan lomba di rumah

Tak ingin mengikuti lomba virtual? Anda bisa coba cara memperingati hari kemerdekaan yang satu ini, yaitu mengadakan lomba di rumah. Hal ini juga sekaligus dapat meningkatkan kreativitas anak-anak di rumah, lho. Agar lebih seru, ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut serta dan jangan lupa sediakan juga hadiahnya.

Ada banyak lomba kreatif namun sederhana untuk dilakukan di rumah, mulai dari lomba bercerita sejarah kemerdekaan, lomba menggambar bertema kepahlawanan, atau lomba menyanyi lagu kebangsaan.

Selain itu Anda juga bisa mengadakan lomba-lomba yang umum diadakan saat hari kemerdekaan seperti lomba makan kerupuk, lomba jogged dengan bola, dan lain-lain.

Baca juga: Inilah 10 Cara Mengasah Kreativitas Anak di Masa Pandemi. Yuk Dicoba!

6.    Menghias rumah dengan tema merah putih

Menghias rumah dengan tema merah putih juga bisa jadi cara memperingati hari kemerdekaan yang seru untuk dilakukan. Jika biasanya Anda mungkin turut serta menghias lingkungan sekitar tempat Anda tinggal dengan atribut kemerdekaan atau tema merah putih, mengapa tidak mencobanya untuk rumah Anda?

Anda bisa menghias ruang tamu, ruang keluarga, ataupun teras rumah Anda dengan tema merah putih. Wah, dijamin deh suasana rumah Anda akan tampak lebih seru! Hiasan rumah bisa berupa dekorasi bendera merah putih, gambar garuda, ataupun memasang lampu-lampu bertema kemerdekaan.

7.    Masak bersama keluarga di rumah

Memasak bersama juga bisa jadi ide kegiatan seru untuk merayakan hari kemerdekaan, lho. Anda bisa membuat masakan dengan tema merah putih. Misalnya, puding stroberi merah putih, bubur mutiara merah putih, nasi merah putih, dan aneka masakan lainnya yang dibikin khusus dengan nuansa merah putih. Menarik bukan?

Anda juga bisa mencari berbagai resep masakan lainnya yang bernuansa tema putih di internet. Jangan lupa juga untuk memilih menu makanan yang pastinya disukai seluruh anggota keluarga, ya!

8.    Karaokean lagu nasional

Anda sekeluarga termasuk yang gemar berkaraoke? Nah, cara merayakan hari kemerdekaan yang satu ini cocok bagi Anda. Tentunya lagu-lagu karaokenya yang bertema Indonesia, ya! Ini juga bisa jadi kesempatan bagus untuk Anda memperkenalkan koleksi lagu nasional ataupun lagu kebangsaan kepada anak-anak di rumah.

Bagi Anda yang mempunyai anak usia balita, aktivitas menyanyi bersama juga bisa membantu menstimulus anak agar lebih lancar berbicara. Beberapa lagu nasional yang bisa Anda nyanyikan diantaranya, Garuda Pancasila, Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Bagimu Negeri, dan lain-lain.

9.    Nonton bareng film nasional

Jika Anda sekeluarga bukan yang gemar bernyanyi, Anda bisa coba cara merayakan hari kemerdekaan berikut ini. Ada banyak film Indonesia yang bertema nasionalisme. Misalnya, Garuda di Dadaku, Laskar Pelangi, Di Timur Matahari, dan sebagainya.

Menonton film-film bertema kebangsaan seperti ini diharapkan dapat mempertebal rasa cinta kita kepada tanah air. Tapi jika di rumah Anda ada anak yang masih dibawah umur jangan lupa pilih film yang berkategori semua umur, ya! Agar acara nonton bareng ini semakin seru, Anda bisa sediakan berbagai camilan dan minuman favorit keluarga.

10. Abadikan moment kemerdekaan Anda

Cara seru merayakan hari kemerdekaan yang terakhir adalah dengan mengabadikan moment kemerdekaan Anda bersama keluarga. Baik itu melalui foto-foto maupun video. Jika pada Hari Raya Anda tidak pernah absen untuk membuat dokumentasi foto keluarga, mengapa tidak membuatnya juga di hari kemerdekaan ini?

Anda bisa mendokumentasikan setiap aktivitas seru Anda dan keluarga di hari kemerdekaan ini. Sediakan pula waktu khusus untuk berfoto ria alias sesi foto. Setelah itu Anda bisa posting foto dan video Anda di sosial media pribadi Anda. Ide bagus, kan?

Itulah berbagai cara seru untuk memperingati hari kemerdekaan di tengah pandemi ini. Apakah Anda punya ide menarik lainnya? Yuk, share pada kolom komentar di bawah ini! Selamat memperingati HUT RI yang ke 76, ya 🙂

 

Credit image: whatsnewindonesia.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan