Indo Blog Net

Tips and Trick

9 Barang yang Wajib Ada dalam Desain Ruang Keluarga

desain ruang keluarga

Bisa dibilang ruang keluarga ini merupakan jantung dari sebuah rumah. Sebab di ruang inilah kita bersama keluarga sering menghabiskan waktu bersama. Mulai dari ngobrol, nonton TV, menikmati camilan, dan lain-lain. Banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan di ruang keluarga.

Bahkan tak jarang kita pun menerima tamu dan makan di ruang keluarga. 

Apalagi di saat sekarang ini, dengan adanya pandemik virus Corona yang membuat kita jadi lebih banyak di rumah. Tentunya ruang keluarga menjadi tempat dimana kita banyak menghabiskan waktu selama seharian, bukan?

Bosan di rumah terus? Nah, supaya tak mudah bosan meski banyak di rumah, coba perhatikan desain ruang keluarga Anda. Penataan desain ruang keluarga ternyata berpengaruh pada kenyamanan Anda, lho. 

9 Barang yang Wajib Ada dalam Desain Ruang Keluarga

Salah satu faktor penting dalam desain sebuah ruang adalah adanya barang-barang yang berfungsi membuat ruangan jadi lebih indah sekaligus nyaman. Mendesain ruang keluarga bukan hanya soal keindahan tapi juga kenyamanan.

Berikut ini 9 barang yang wajib ada dalam desain ruang keluarga Anda:

1. Sofa 

sofa bed untuk desain ruang keluarga

Ini termasuk salah satu barang yang penting sekali untuk diperhatikan, mengingat banyak kegiatan yang dilakukan di atas sofa. Jadi, pastikan sofa yang ada di ruang keluarga Anda nyaman digunakan. Sofa bed bisa jadi pilihan menarik, lho.

Selain untuk duduk-duduk santai, sofa ini juga bisa digunakan untuk berbaring. Jika ruang keluarga Anda terbilang mungil, sebaiknya tempatkan menempel pada dinding.

Sedangkan untuk ruang yang lebih luas, Anda bisa meletakkannya di tengah ruangan. Selain nyaman, pilih sofa dengan desain yang menarik untuk mempercantik ruangan.

2. Meja Kopi

Meja Kopi atau Coffee Table belakangan ini banyak digemari sebagai salah satu elemen dekoratif ruangan, termasuk ruang keluarga. Bentuk Meja Kopi yang berkaki pendek dengan ukuran yang tidak terlalu besar membuatnya pas diletakkan di ruangan berkonsep minimalis atau ruangan yang mungil.

Meja Kopi tidak menghabiskan banyak tempat dan tidak membuat ruangan terlihat penuh. Ada berbagai bentuk Meja Kopi, mulai dari persegi panjang, kubus, maupun oval. 

Pilih bentuk dan warna Meja Kopi yang sesuai dengan konsep desain ruang keluarga Anda agar desain rumah tampak menyatu.

Karena ukurannya yang memang lebih kecil dari meja biasa, sebaiknya Anda tak menaruh terlalu banyak barang di atasnya agar meja tidak terlihat penuh dan tak menarik dilihat. 

3. Bantal dekoratif

bantal dekoratif desain ruang keluarga

Bantal-bantal di ruang keluarga juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik sekaligus memberikan kenyamanan. Bantal dekoratif merupakan cara untuk menambahkan sentuhan pribadi ke ruang keluarga. Anda bisa memilih bantal dengan warna, bentuk, maupun motif favoritmu.

Baca juga: Cara Membuat Dekorasi Terarium Tanaman Sukulen

Agar ruangan tidak terlihat membosankan, Anda bisa meletakkan bantal-bantal dengan desain unik namun tetap serasi dengan desain ruang secara keseluruhan. Dan jangan lupa untuk memilih bantal dengan bahan yang nyaman, ya. 

4. Rak buku

rak buku untuk desain ruang keluarga

Bagi Anda yang gemar membaca tentunya barang yang satu ini bisa jadi identitas Anda. Tak hanya berfungsi untuk menyimpan buku-buku atau majalah favorit Anda, Anda juga bisa kok meletakkan pajangan untuk mempercantik ruangan.

Ukuran rak buku bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruang keluarga Anda terbilang mungil, Anda bisa gunakan rak buku mini sehingga tidak menghabiskan banyak tempat. Keberadaan rak buku sebagai elemen dekorasi akan membuat ruangan tampak lebih elegan. 

5. Karpet

Dekorasi karpet bisa membuat ruangan tampak lebih trendi, lho. Karpet bisa menjadi focal point dalam sebuah ruangan yang membuat ruang keluarga jadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Adanya karpet juga dapat memunculkan suasana lebih hangat pada ruangan. Selain sofa, Anda juga bisa menjadikan karpet sebagai tempat duduk. Maka dari itu pilih karpet dengan bahan yang nyaman dan mudah dibersihkan.

Karpet yang bersih pastinya akan membuat Anda nyaman, bukan? Apalagi bagi Anda yang memiliki anak kecil, kebersihan karpet tentu merupakan hal yang sangat penting.

Sebaiknya pilih karpet dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari luas set sofa untuk memberikan efek visual yang lebih lapang pada ruangan. 

6. Dekorasi vas bunga

vas bunga untuk desain ruang keluarga

Dekorasi vas bunga akan menyulap ruangan jadi lebih cantik. Apalagi jika Anda meletakkan bunga segar di dalamnya. Tapi Anda juga bisa mengisinya dengan tanaman atau bunga kering sehingga tak harus sering-sering menggantinya dengan tanaman yang baru.

Jika vas bunga Anda sudah sangat cantik, bahkan Anda pun tak harus menaruh bunga di dalamnya, biarkan vas bunga tersebut menjadi pajangan.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Paling Mudah Perawatannya

Anda dapat meletakkan vas bunga di meja ataupun sisi sofa untuk memberikan suasana ceria dan berbeda pada ruang keluarga. Jika ruang keluarga Anda termasuk luas, Anda bisa lho memajang dua atau tiga vas bunga dengan desain yang berbeda. Sesuaikan ukuran vas bunga dengan ukuran ruangan agar tampak seimbang. 

7. Tanaman hias

tanaman hias untuk desain ruang keluarga

Tak lengkap rasanya rumah tanpa keberadaan tanaman. Selain membuat ruangan jadi lebih indah dan segar, tanaman hias juga bermanfaat untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Meletakkan tanaman hias di ruang keluarga akan membuat udara terasa lebih sejuk. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat dijadikan dekorasi ruangan, Anda tinggal pilih mana yang Anda sukai.

Tanaman hias yang memiliki bunga warna warni akan memberikan keceriaan pada ruang keluarga Anda. 

8. Hiasan dinding

hiasan desain ruang keluarga

Anda bisa memajang karya seni berupa lukisan atau kaligrafi untuk menghias bagian dinding ruang keluarga. Jika Anda kurang menyukai lukisan, Anda bisa meletakkan hiasan dinding berupa quotes yang menginspirasi. Selain itu, Anda juga bisa lho memajang foto keluarga dengan pose yang lucu agar lebih menarik untuk dilihat.

Untuk ruang keluarga yang luas, Anda dapat menaruh beberapa hiasan dinding. Sebaliknya, jika ruang keluarga Anda berukuran mungil sebaiknya hindari memajang terlalu banyak hiasan dinding agar ruangan tidak tampah penuh. 

9. Perlengkapan audio & visual 

Wah, tak lengkap pastinya ya ruang keluarga tanpa adanya perlengkapan audio dan visual seperti televisi, pemutar DVD, speaker, dan lain-lain. Menghabiskan waktu menonton film bersama keluarga merupakan hiburan yang sangat menyenangkan.

Jadi, pastikan di ruang keluarga Anda terdapat perlengkapan audio dan visual yang memadai. Anda bisa menata spot perlengkapan audio dan visual ini agar tampak menarik di ruang keluarga Anda. 

Dengan barang-barang di atas dijamin deh area ruang keluarga Anda jadi lebih menyenangkan dan bikin betah. Silakan dicoba, ya! 🙂

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top