Indo Blog Net

Kuliner

8 Tren Usaha Kuliner di Masa Pandemi 2021 yang Menarik untuk Anda Ketahui

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Terjadinya pandemi virus Corona yang melanda tanah air sejak Tahun 2020 membuat banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia kuliner. Anda tentu ingin tahu bagaimana tren usaha kuliner di masa pandemi Tahun 2021 ini, bukan? Mari simak ulasan menarik di bawah ini mengenai hal tersebut. 

8 Tren Usaha Kuliner di Masa Pandemi 2021 yang Menarik untuk Anda Ketahui

Adanya pandemi virus Corona memang berdampak pada sepinya omset para pebisnis kuliner. Namun, tak semua pebisnis kuliner mengalami hal ini, lho. Malah beberapa pebisnis kuliner justru mendulang kesuksesan karena produknya semakin laris manis di masa pandemi.

Baca juga: 9 Tips Adaptasi Bisnis agar Sukses di Era New Normal Pandemi Corona

Sebagai pebisnis kuliner Anda perlu mengetahui apa saja tren usaha kuliner di masa pandemi ini sehingga bisnis Anda dapat beradaptasi dengan baik. Berikut tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang penting untuk Anda ketahui:

1. Tren masak di rumah

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: news.gallup.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang pertama adalah tren masak di rumah. Sejak masa pandemi ini tentunya ada lebih banyak orang yang memilih untuk masak sendiri di rumah. 

Bukan hanya untuk meminimalisir physical distancing, tapi juga agar lebih sehat dan hemat. Selain itu kegiatan memasak di rumah juga dapat mengurangi kejenuhan saat di rumah saja.  

Meningkatnya tren masak di rumah membuat produk frozen food yang praktis menjadi lebih laku di pasaran. Sebab banyak orang yang ingin masakan praktis namun sehat. Ini peluang besar bagi para pebisnis kuliner untuk menyediakan aneka produk frozen food yang sehat. 

2. Tren makan di rumah

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: specialtree.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang kedua yaitu tren makan di rumah. Aturan physical distancing membuat orang lebih banyak di rumah saja. Dan pada akhirnya membuat lebih banyak orang makan di rumah dibanding di luar rumah seperti restoran, warung makan, dan tempat makan lainnya. 

Meski saat ini masih banyak juga orang yang membeli makanan dari luar rumah, namun kebanyakan bukan untuk di makan di tempat melainkan untuk dibawa pulang (take away) maupun delivery service. Dengan makan di rumah tentunya Anda dapat meminimalisir kontak dengan banyak orang di luar rumah. 

3. Tren makanan sehat

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: shutterstock.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang ketiga adalah tren makanan sehat. Adanya pandemi ini membuat kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat lebih meningkat. Alasannya tentu saja agar imunitas tubuh terjaga dengan baik sehingga tidak mudah terserang virus Corona. 

Gaya hidup sehat salah satunya didukung oleh konsumsi makanan yang sehat. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 90% masyarakat mulai mencoba untuk mengonsumsi menu makanan sehat di masa pandemi ini. Permintaan akan produk organik pun terus meningkat. Tak heran jika para pebisnis produk makanan sehat atau organik semakin ramai penjualannya di masa pandemi. 

4. Tren penggunaan sosial media meningkat

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: thejakartapost.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang keempat yaitu tren penggunaan sosial media. Karena orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, penggunaan sosial media pun jadi meningkat. Ini merupakan peluang yang bagus bagi para pebisnis kuliner untuk mengoptimalkan penggunaan sosial media sebagai sarana promosi.

Pebisnis kuliner juga dapat memanfaatkan sosial media untuk terhubung lebih dekat dengan pelanggan. Dengan menyuguhkan konten yang menarik akan membuat produk usaha kuliner jadi lebih mudah dikenal banyak orang. 

5. Tren layanan delivery meningkat

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: jakartaglobe.id

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang kelima adalah tren layanan delivery meningkat. Tahukah Anda bahwa pembelian makanan secara online meningkat drastis hingga 300% di masa pandemi ini. Saat ini banyak orang yang lebih memilih layanan delivery makanan dibanding membeli secara langsung ke toko/tempat makan. 

Hal ini diprediksi masih akan berlangsung usai pandemi, sebab orang-orang telah terbiasa dengan layanan delivery. Artinya layanan delivery menjadi hal yang wajib bagi para pebisnis kuliner saat ini. Dengan menyediakan layanan delivery yang handal dapat meningkatkan penjualan produk usaha kuliner. 

Layanan delivery ini sebagian besar didapatkan melalui aplikasi layanan pesan antar, dimana pebisnis kuliner telah bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Namun ada beberapa toko makanan yang memang menyediakan karyawan khusus untuk layanan delivery produk mereka, sehingga Anda bisa mendapatkan fasilitas delivery tanpa harus melalui aplikasi. 

6. Tren makanan dan minuman viral

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: cadburygifting.in

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 berikutnya yaitu tren makanan dan minuman viral. Anda tentu masih ingat dengan tren minuman Dalgona Coffee beberapa waktu lalu. Minuman kopi ini viral melalui sosial media. 

Dan bukan hanya Dalgona Coffee saja kuliner yang menjadi viral karena sosial media, masih ada beberapa kuliner lainnya. Mulai dari all you can eat ala rumahan, cream cheese garlic bread, dessert box, hingga soft baked cookies

Penggunaan sosial media yang meningkat di masa pandemi ini juga berdampak pada bermunculannya tren kuliner viral berkat banyaknya unggahan di sosial media. Namun, tak semua kuliner viral ini dapat bertahan lama, ada juga kuliner viral yang hanya bertahan selama beberapa bulan saja kemudian tak terdengar lagi pamornya di sosial media. 

7. Tren makanan tradisional

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: lifestyle.okezone.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 selanjutnya adalah tren makanan tradisional. Mengapa tren kuliner tradisional juga mengalami peningkatan di masa pandemi? Hal ini dikarenakan daya beli masyarakat sebagian mengalami penurunan di masa pandemi ini. Makanan tradisional dianggap lebih ramah dikantong sehingga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. 

Makanan tradisional yang tren di masa pandemi dan diperkirakan akan tetap eksis di Tahun 2021 diantaranya odading, donat kentang, klepon, kue putu ayu, getuk, lapis, kue mangkok, apem, lemper, hingga misro. Meski harganya ramah dikantong namun jangan ragukan soal rasanya. Aneka makanan tradisional ini mempunyai cita rasa yang enak dan sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. 

8. Tren makanan ala Korea

tren usaha kuliner di masa pandemi 2021

Credit: 123rf.com

Tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang terakhir yaitu tren makanan ala Korea. Tak heran sebab di masa pandemi ini lebih banyak orang yang beraktivitas di rumah. Sehingga lebih banyak waktu pula untuk menonton drama Korea yang belakangan makin populer. Imbasnya tentu saja menjadikan tren makanan ala Korea semakin meningkat.

Makanan-makanan yang sering ditampilkan dalam drama Korea berhasil membuat para penonton menjadi tertarik untuk mencicipinya. Mulai dari kimchi, tteokbokki, kimbab, garlic bread, hotang, ramyun, sweet potato bread, maupun jajangmyeon. 

Demikian beberapa tren usaha kuliner di masa pandemi 2021 yang bisa menjadi inspirasi ide bisnis Anda. Tren usaha kuliner memang akan terus berkembang dan berganti dari tahun ke tahun. Namun jika bisnis kuliner yang Anda jalani selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, maka apapun tren yang ada di luar sana tak akan membuat bisnis Anda goyah. Semangat berbisnis kuliner! 🙂 

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top