Ekonomi

8 Tips untuk Wujudkan Impian Jadi Pebisnis

Bosan bekerja di kantoran yang selalu diperintah-perintah atasan Anda, maka Anda pun memutuskan untuk resigned dan ingin mulai mewujudkan impian Anda menjadi seorang pebisnis. Namun, karena Anda masih tergolong anak “baru” di dunia bisnis, Anda pun harus lebih berhati-hati untuk memulainya. Jika tidak, And abisa kena tipu atau konflik dengan partner Anda. Nah, agar bisnis Anda tidak terjebak pada sebuah kesalahan, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Tentukan Bisnis Apa Yang Akan dijalani

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah, menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda jalani. Usahakan bisnis tersebut benar-benar Anda kuasai dan juga And acintai. Jadi, ketika Anda menjalankannya pun Anda benar-benar mencintai bisnis tersebut. Kalau hanya sekedar ikut-ikutan bisnis yang sedang nge-tren, sebaiknya anda urungkan niat tersebut. Ketimbang ditengah jalan Anda mengalami kejenuhan dan berbuntut pada kerugian dan akhirnya bisnis Anda gulung tikar.

  1. Cari Partner

Jika Anda merasa bisnis yang akan Anda jalankan benar-benar membutuhkan partner, ada baiknya Anda mencari partner yang benar-benar memiliki ide dan tujuan yang sama. Selain itu, Anda dan partner juga harus memiliki fisi, misi dan satu pemikiran. Semua itu bertujuan untuk menghindari kesalah fahman dan konflik.

  1. Membuat Surat Perjanjian

Untuk menjaga ke-profesionalisme-an, ada baiknya Anda membuat surat perjanjian kerjasama bermaterai. Disitu Anda berdua menulis poin-poni penting untuk dipatuhi. Surat perjanjian harus disaksikan notaris atau badan hukum lainnya, supaya sah dan kuat.

  1. Komitmen Menjalankan bersama

Setelah merasa “klop”, Anda dan partner juga harus sepakat untuk menjalankan bisnis ini bersama-sama. Merintis dari nol memang awal yang berat. Namun, jika dijalani bersama-sama dan bersungguh-sungguh, maka proses itu akan terasa lebih nikmat. Karena Anda dan partner sama-sama merasakan prosesnya. Ketika bisnis Anda maju dan berkembang pun Anda bisa mengenang proses bagaimana Anda berdua jatuh bangun mendirikannya.

  1. Transparan Soal Keuangan

Anda dan partner tentu akan mulai hitung-hitungan soal biaya yang akan dikeluarkan. Ada baiknya semuanya dilakukan secara transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi meski itu hanya seratus rupiah pun. Mengawali dengan keterbukaan, selanjutnya Anda dan Partner akan selalu menjaga keterbukaan masalah keuangan.

  1. Berbagi Tanggung Jawab

Agar bisnis yang Anda jalani benar-benar terkordinir dengan baik, ada baiknya Anda dan partner berbagi tanggung jawab. Jika Anda mahir dibidang marketing dan pengelolaan, kenapa Anda tidak memegang peranan disitu? Jika partner Anda mengasai keuangan dan seluk beluk pengelolaan, cukup Anda serahkan padanya. Tapi, semuanya harus dibicarakan di depan. Jika sama-sama sepakat, silahkan dijalankan.

  1. Jangan Libatkan keluarga

Jika Anda berdua sepakat mendirikan bisnis bersama-sama, sebaiknya jangan libatkan keluarga dalam bisnis ini. Karena kehadiran anggota keluarga sering menimbulkan permasalahan dan berbuntut pada pertikaian. Jika Anda membutuhkan tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan Anda, lebih baik meng-hire orang yang benar-benar ingin bekerja. dan sebelum mempekerjakan karyawan tidak ada salahnya Anda melakukan interview serta melacak latar belakangnya.

  1. Jangan Pakai uang Perusahaan

Sebaiknya Anda berdua bisa membedakan mana uang perusahaan dan mana uang pribadi. Uang perusahaan sebisa mungkin hanya dipergunakan untuk perusahaan. Jika untuk keperluan pribadi silahkan memakai uang sendiri. Jika Anda mengotak-atik uang perusahaan, percayalah, bisnis Anda akan menjadi berantakan. Percayalah, masalah uang sangat sensitif, sebisa mungkin jangan dikotak-katik untuk pekerluan pribadi.

Demikain beberapa tips berbisnis bagi pemula yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba and never give up!

Very Barus

Image source: pixabay.com

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top