Indo Blog Net

Tips and Trick

8 Jenis Tanaman Sukulen Paling Cantik Serta Tips Merawatnya

tanaman sukulen

Ingin menghadirkan suasana yang lebih indah pada hunian bukanlah hal yang sulit. Anda bisa manfaatkan tanaman hias untuk membuat rumahmu jadi lebih segar dan cantik. Tanaman sukulen merupakan rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan tanaman hias.

Selain bentuknya yang unik dan cantik, tanaman sukulen juga tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang mungil. Plus, menurut fengshui tanaman ini dipercaya sebagai pembawa hoki atau keberuntungan.

Makanya nih Sukulen sering kita jumpat ditaruh di meja-meja kerja, meja di taman rumah, dan tempat yang bikin produktif. Tetapi secara kesehatan, manfaat Sukulen bagus untuk membersihkan udara di ruangan, merangsang kelembaban ruangan yang kering, anti oksidan, dan menghasilkan oksigen di malam hari yang bikin tidurmu nyenyak. 

8 Jenis Tanaman Sukulen Paling Cantik untuk Menghias Rumahmu

Karena ukurannya yang mungil inilah yang menjadikan tanaman sukulen cocok diletakkan di mana saja. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga meja kerja. Tanaman sukulen tak hanya digunakan sebagai dekorasi indoor, Anda juga bisa meletakkan sukulen di luar ruangan, seperti teras.

Mau tau jenis tanaman sukulen apa saja yang paling cantik untuk menghias rumahmu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Sukulen Ariocarpus

Sukulen Ariocarpus termasuk ke dalam jenis kaktus, namun uniknya kaktus jenis Ariocarpus ini tidak memiliki duri seperti kaktus lainnya. Daun Ariocarpus berbentuk prisma dengan ujung yang berbagai macam, ada yang melengkung, tumpul, maupun runcing.

Bagian bunganya berukuran besar dan dipercantik dengan berbagai macam warna, seperti pink, merah, ungu, putih, atau kuning. 

2. Sukulen Jade

sukulen jade

Sukulen Jade memiliki tampilan unik dengan batang utama yang tebal di bagian tengah serta daun yang tebal berwarna hijau oval. Daun Sukulen Jade muncul dari segala sisi yang menjadikannya tampak cantik.

Pada beberapa jenis Sukulen Jade, ujungnya dapat berubah warna menjadi merah. Saat berbunga, bentuknya bunganya seperti bintang warna merah muda dan putih. 

3. Sukulen Panda

jenis sukulen panda

Sukulen Panda termasuk salah satu jenis sukulen yang paling unik dan cantik untuk dijadikan dekorasi rumah. Sukulen ini mempunyai bulu halus yang menutupi seluruh permukaan daunnya dan terdapat warna cokelat di bagian pinggir daunnya.

Tampilannya yang berbulu dengan warna cokelat di bagian pinggir inilah yang membuatnya dinamai Sukulen Panda. Ukurannya terbilang mungil dibanding jenis sukulen lainnya, sehingga cocok diletakkan di meja kerja atau rak. 

4. Sukulen Roseum

Sukulen Roseum memiliki ukuran yang mungil karena hanya dapat tumbuh dengan ukuran maksimal 15 cm. Ada dua jenis Sukulen Roseum, yaitu Roseum biasa dan Pink Moonstone.

Roseum biasa memiliki bentuk seperti kelopak bunga, sedangkan Pink Moonstone berdaun mirip telinga boneka serta terdapat bulu-bulu pada daunnya. Roseum ada yang berwarna merah dan hijau, dan jika berbunga akan menghasilkan bunga berbentuk bintang berwarna pink yang cantik. 

5. Sukulen Zebra

jenis tanaman sukulen

Sesuai dengan namanya, Sukulen Zebra memiliki garis-garis putih pada daunnya. Daunnya tebal menumpuk, dengan bentuk memanjang dan runcing.

Seperti halnya Sukulen Roseum, jenis sukulen ini juga memiliki ukuran yang mungil, tingginya sekitar 12 cm. Sebaiknya Anda meletakkannya di pot yang kecil dan pendek, karena Sukulen Zebra memiliki akar yang pendek. Jika berbunga sukulen ini memunculkan bunga cantik berwarna kuning. 

Baca juga: Manfaat Tanaman Kaktus bagi Kesehatan dan Cara Mudah Merawatnya

6. Echeveria Agavoides

cara merawat sukulen

Echevaria Agavoides memiliki tampilan yang indah karena bentuknya menyerupai bunga yang sedang mekar. Daunnya berwarna hijau tebal dengan ujung yang berbentuk lancip. Menariknya, bagian ujung daunnya bisa berubah warna menjadi merah yang cantik jika cukup mendapat sinar matahari. 

7. Echeveria Minima

cara tepat merawat sukulen

Echevaria Minima memiliki warna khas yang cantik. Daunnya hijau bertumpuk dengan semburat merah keunguan di bagian ujungnya. Ukurannya yang mungil serta warna yang menarik menjadikan sukulen jenis ini sangat cocok dijadikan penghias kamar atau ruang kerjamu. 

8. Aloe Vera

tips merawat sukulen Aloe Vera

Kalau yang ini tentunya Anda sudah sangat familiar, nih. Aloe vera yang juga dikenal dengan sebutan lidah buaya ini ternyata termasuk dalam golongan tanaman sukulen. Aloe Vera memiliki daun yang tebal, memanjang, dan runcing. Pada permukaan daunnya terdapat duri kecil yang lunak.

Aloe vera merupakan jenis sukulen yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. 

Cara perawatannya terbilang sangat mudah, Anda bisa menanamnya di halaman rumah ataupun di dalam ruangan. Selain itu, Aloe Vera juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya dijadikan sebagai bahan pembuatan skin care, Aloe Vera juga bisa dikonsumsi. 

9. Sukulen Haworthia Retusa

Diantara berbagai jenis Haworthia, jenis retusa memiliki keistimewaan. Ia memiliki helai-helai daun yang gemuk menul-menul, membuat yang melihatnya gemas. Uniknya, permukaan daun yang menggemaskan jika dipegang terasa keras dan kesat. Jenis Retusa ini juga ada yang berjenis variegata dengan perpaduan kuning dan hijau. Tanaman ini lumayan kuat dan tidak merepotkan dirawat. Ia bisa diletakkan dalam ruang dan luar ruang. Bahkan dalam media tanam tertentu dia bisa bertahan di dalam ruangan ber-AC.

Koleksi Hawortha Retusa menjadi salah satu tanaman favorit yang diminati konsumen KaktusQulucu.

jenis sukulen Haworthia retusa

sukulen haworthia retusa koleksi kaktusqulucu

10. Sukulen Agave Kishokan Variegated

Tanaman Agave memiliki keunikan pada daunnya yang indah dengan perpaduan kuning terang dan hijau keabuan. Ditambah warna merah tua yang melingkarinya menambah manis dipandang. Ia juga tidak berduri sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Kamu bisa memberikan Agave ini sebagai hadiah untuk orang yang istimewa.

sukulen agave kishokan

Kaktusqulucu menjual sukulen jenis Agave Kishokan untuk souvenir.

Tips Merawat Tanaman Sukulen 

Agar tanaman sukulen Anda tumbuh dengan sehat dan selalu tampak cantik, tentu diperlukan perawatan yang tepat. Sebenarnya merawat tanaman sukulen tidak sulit asalkan Anda tahu caranya. Berikut beberapa tips dalam merawat tanaman sukulen yang penting untuk Anda ketahui.

Tips merawat tanaman sukulen di dalam ruangan 

Jika Anda ingin meletakkan sukulen di dalam ruangan, taruh di tempat yang terkena cahaya matahari atau dekat jendela agar tidak kekurangan asupan cahaya.

Hindari menaruh sukulen di tempat yang lembab, gelap dan tidak terkena cahaya matahari. Atau sebaliknya meletakkan sukulen yang tarpaper langsung matahari. Karena ini akan membuat daun terbakar. Seandainya anda ingin berjemur di sinar matahari, sebaiknya dalam durasi 2-3 jam dibarengi pada pululam 09:00 sd 11:00 dibarengi dengan penyiraman. Kemudian, Anda bisa memasukkan kambali ke dalam ruang.

Agar suhu media tanah di dalam pot tetap stabil sebaiknya gunakan pot yang terbuat dari Tanah liat atau gerabah, karena pot jenis ini dapat menyerap lembab atau air sehingga nutrisinya bisa maksimal. 

Selain itu, pastikan memilih pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawahnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada air yang menggenang di dasar pot. Air yang menggenang dapat menyebabkan sukulen membusuk dan mati.

Koleksi pot gerabah untuk kaktus dan sukulen atau tanaman hias mini, bisa kamu liat di IG @Potqueren ya 🙂

pot lukis untuk kaktus dan sukulen

Salah satu koleksi @potqueren untuk kaktus dan sukulen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanaman sukulen tidak perlu disiram terlalu sering, cukup satu atau dua kali dalam seminggu saat media tanam benar-benar kering. Penyiraman bisa dipersering, jika serabut akar sudah banyak. Akar yang telah merimbun membutuhkan nutrisi yang lebih. Selain penyiraman yang sering, Anda juga bisa memberikan pupuk penyubur. Bisa pupuk organik atau pupuk khusus kaktus dan sebagainya.

Cara subur menyiram tanaman, bisa Anda lakukan dengan menggunakan air bekas cucian beras pertama, atau  air bekas cucian sayuran atau daging.

Baca juga: Cara Membuat Dekorasi Terarium Tanaman Sukulen

Untuk di dalam ruangan, Anda bisa pilih jenis sukulen yang berukuran mungil seperti Sukulen Panda, Roseum, Sukulen Zebra, maupun jenis Echevaria. 

Tips merawat tanaman sukulen di luar ruangan

Prinsipnya hampir sama dengan tips merawat sukulen dalam ruang. Hindari meletakkan sukulen di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini dapat menyebabkan daunnya terbakar. Letakkan sukulen di teras yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Ketika musim hujan hindarkan tanaman ini dari air hujan. Tanaman sukulen tidak bisa terlalu banyak terkena air, karena hal ini bisa menyebabkan akarnya membusuk. 

Berbeda dengan pemilihan sukulen di dalam ruangan, untuk luar ruangan Anda bisa memilih jenis sukulen yang berukuran lebih besar seperti aloe vera. Atau memilih sukulen yang berdaun rimbun, seperti jade atau lainnya.

Kelebihan dari Aloe Vera adalah cara perawatannya yang berbeda dari sukulen lainnya. Aloe Vera bisa diletakkan di bawah sinar matahari langsung termasuk terkena air hujan. Jade pun jika diletakkan di luar ruang, warnanya pada jenis tertentu akan cerah berubah kemerahan pada tepiannya. 

Gimana, tertarik mempercantik rumahmu dengan tanaman sukulen? Tinggal pilih jenis sukulen yang kamu sukai dan lakukan tips-tips di atas, ya 🙂 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top