Tips and Trick

8 Jenis Bahan Pembungkus Buket Bunga & Tips Tepat Memilihnya

jenis bahan pembungkus buket bunga

Tahukah Anda jika pemilihan jenis bahan pembungkus yang tepat, dapat membuat hadiah buket bunga yang Anda berikan pada orang terkasih semakin berkesan, lho. Mari kita mengenal berbagai jenis bahan pembungkus buket bunga serta tips tepat memilihnya pada artikel di bawah ini. Baca sampai selesai, ya! 🙂

8 Jenis Bahan Pembungkus Buket Bunga

Bahan pembungkus merupakan hal pertama yang akan diperhatikan saat seseorang menerima buket bunga. Maka dari itu pilihlah jenis bahan pembungkus buket bunga yang menarik dan paling cocok untuk digunakan. Ada 8 jenis bahan pembungkus buket bunga yang bisa Anda pakai, yaitu:

1. Kain jaring

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: shopee.co.id

Jenis bahan pembungkus yang pertama akan dibahas adalah kain jaring. Kain jaring atau yang biasa juga disebut kain jala ini bisa dibuat dari serat katun, serat sintesis polyester, ataupun bahan serat lainnya. Jenis bahan yang satu ini memang menyerupai jaring atau jala nelayan.

Kain jaring ini mempunyai pori-pori besar mirip kain tille, namun pori-pori kain jaring terlihat lebih lebar. Jika dilihat lebih detail, kain jaring ini termasuk unik. Sebab anyaman benangnya ditenun longgar sehingga terlihat lubang-lubang rapi yang tampak seperti jala.

Pembungkus buket bunga yang satu ini sebenarnya terdiri dari beberapa jenis dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Baca juga: Bunga Tulip Bunga Eksotis dari Belanda

2. Kain jute

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: tokopedia.com

Kain jute merupakan jenis bahan pembungkus yang kedua. Kain jute biasa juga disebut kain goni atau burlap. Kain jute ini terbuat dari tanaman serat nabati selain kapas. Serat jute ini berwarna coklat terang dan mempunyai sifat yang kuat dan berkualitas. Umumnya tanaman ini tumbuh di wilayah tropis dan sub tropis.

Kain jute ini ada beberapa macam sesuai dengan tingkat kerapatan serta kehalusannya. Pada awalnya, kain jute ini biasa digunakan untuk menyimpan hasil panen, seperti beras, biji-bijian, atau gula. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kain goni juga digunakan untuk kerajinan tangan, termasuk sebagai salah satu jenis pembungkus buket bunga.

3. Kain spunbond

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: shopee.co.id

Jenis bahan pembungkus buket bunga selanjutnya adalah kain spunbond. Kain spunbond ini termasuk salah satu jenis kain furing sintetis yang biasa disebut juga kain kapas. Kain spunbond ini mempunyai tekstur yang halus, berserat rapat, dan sedikit kaku. Kain ini termasuk cukup kuat, sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuat tas (goodie bag).

Kain ini terdiri dari beberapa jenis tergantung dari ketebalannya. Kain spunbond yang tebal biasanya digunakan untuk pembuatan tas. Sedangkan yang tipis bisa digunakan untuk pembuatan masker atau penutup kepala. Dan sekarang ini kain spunbond juga termasuk salah satu bahan yang digunakan sebagai pembungkus buket bunga.

4. Kain tile

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: shopee.co.id

Berikutnya ada kain tile yang juga termasuk salah satu jenis bahan pembungkus buket bunga. Kain tile juga merupakan jenis kain yang unik karena tampilannya berbeda dari jenis kain pada umumnya. Kain ini tampak seperti jaring kecil yang permukaannya berlubang-lubang dan transparan. Meski begitu kain tile ini cukup kuat digunakan.

Bahan pembungkus buket bunga yang satu ini bisa terbuat dari berbagai macam serat, seperti polyester, nilon, rayon, maupun sutra. Namun umumnya kain tile terbuat dari serat polyester. Jika Anda ingin tampilan buket bunga terlihat lebih istimewa, Anda bisa gunakan jenis kain tile yang dihiasi dengan glitter.

5. Kertas cellophane

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: bukalapak.com

Jenis bahan pembungkus buket bunga yang kelima adalah kertas cellophane. Kertas ini berupa lembaran tipis transparan yang terbuat dari serat selulosa. Kertas cellophane ini cukup tahan terhadap udara, minyak, lemak, air, dan juga bakteri, itu sebabnya kertas ini bisa digunakan untuk kemasan makanan.

Saat ini selain digunakan sebagai kemasan makanan, kertas cellophane juga termasuk salah satu jenis pembungkus buket bunga yang menarik. Kertas yang satu ini juga termasuk jenis yang ramah lingkungan, sebab dapat terurai secara alami.

6. Kertas emboss

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: shopee.co.id

Anda ingin jenis bahan pembungkus buket bunga yang artistik? Coba gunakan kertas emboss. Kertas emboss merupakan jenis kertas yang dihiasi dengan hiasan timbul pada permukaannya. Jadi, kertas ini menggunakan teknik finishing proses cetak dimana hasil cetaknya menjadi timbul atau lebih tinggi dari permukaan kertas.

Hasil cetakan emboss membuat jenis bahan pembungkus yang satu ini terlihat lebih unik. Cetak emboss akan terlihat lebih bagus pada kertas dengan gramatur yang lebih tebal. Ketinggian serta kedalaman emboss bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Cetak emboss ini menggunakan suhu panas dan tekanan kuat untuk menghasilkan efek timbul pada kertas.

7. Kertas kado

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: koleksibungahd.blogspot.com

Jenis bahan pembungkus buket bunga yang juga tak kalah menarik adalah kertas kado. Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan jenis kertas yang satu ini, bukan? Kertas ini biasa digunakan untuk membungkus kado (hadiah). Kertas yang satu ini mempunyai banyak macam warna, ada yang polos dan ada juga yang bermotif.

 8. Kertas coklat

jenis bahan pembungkus buket bunga

Credit: shopee.co.id

Kertas coklat merupakan jenis bahan pembungkus buket bunga yang terakhir dalam daftar ini. Kertas coklat atau yang biasa dikenal sebagai paper bag ini merupakan kertas tebal berwarna coklat, berserat, dan kuat untuk membungkus sesuatu yang cukup berat. Itu sebabnya kertas coklat ini juga sering digunakan sebagai paper bag atau pengganti kantong plastik.

Anda bingung harus pilih yang mana? Di bawah ini akan diulas beberapa tips tepat memilih jenis bahan pembungkus buket bunga.

 

Tips Memilih Jenis Bahan Pembungkus Buket Bunga

Pemilihan bahan pembungkus buket bunga perlu dilakukan dengan teliti, sebab salah memilih bahan pembungkus dapat mengurangi kecantikan buket bunga Anda. Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini dalam memilih bahan pembungkus buket bunga.

1. Sesuaikan dengan jenis bunga

Tips pertama yaitu sesuaikan dengan jenis buna. Jika bunga yang Anda gunakan termasuk jenis bunga mahal sebaiknya seimbangkan dengan jenis bahan pembungkus buket. Pilih jenis bahan pembungkus buket yang memiliki harga sesuai dengan bunganya.

2. Pilih motif dan warna yang tepat

Tips kedua adalah pilih motif dan warna yang tepat. Anda dapat menyesuaikan motif dan warna sesuai dengan tujuan penggunaannya. Misalnya, menyesuaikannya dengan jenis acara atau momen saat Anda memberikan buket tersebut.

3. Sesuaikan dengan kepribadian penerima

Tips terakhir yaitu sesuaikan dengan kepribadian penerima. Pilih bahan pembungkus yang sesuai dengan selera penerima buket tersebut untuk meninggalkan kesan yang mendalam, apalagi jika Anda memberikannya untuk orang yang istimewa.

Nah, itulah beberapa tips memilih jenis bahan pembungkus buket bunga. Selamat mencoba, ya! 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

To Top