Fashion

8 Hal yang Harus Kamu Hindari Supaya Gak Saltum Saat Interview

 

Interview kerja merupakan hal yang penting. Pakaian yang kita pilih bisa memberi impresi yang baik kepada pencari kerja. Agar tidak salah pilih, ada delapan hal yang harus Anda hindari saat memilih pakaian untuk wawancara:

1. Mengenakan warna yang terlampau mencolok

Mungkin saja Anda menyukai warna-warna yang seru dan ramai. Akan tetapi, untuk wawancara sebaiknya dihindari. Pakailah warna-warna yang solid seperti biru atau hitam. Warna-warna tersebut membuat Anda nampak elegan dan terlihat lebih serius di mata pewawancara kerja.

2. Memakai rok terlampau pendek

Memilih rok yang memperlihatkan sebagian besar paha (mini skirt) sebaiknya dihindari saja. Bukan saja tidak sopan, image Anda justru akan buruk karenanya. Agar kesan semacam itu tidak menancap pada diri Anda, pilihlah rok yang sopan. Baik yang selutut atau yang ukurannya 3 inchi di atas lutut. Agar lebih elegan bisa juga memakai stocking dengan warna netral atau senada dengan sepatu yang Anda kenakan.

3. Memakai celana legging, jeans, atau celana tiga perempat (capri)

Ketiga model celana itu akan terlihat keren bila dipakai di waktu yang tepat, seperti jalan-jalan atau bermain di pantai bersama teman. Namun jangan kenakan saat wawancara kerja. Selain tidak sopan, memakainya di acara formal juga tergolong hal yang diluar kepantasan.

4. Memakai pakaian yang terlalu terbuka

Boleh saja Anda mengenakan pakaian yang mempertontonkan dada dan bahu Anda. Semisal pakaian model kemben atau bertali spageti. Hanya saja bukan saat wawancara melainkan di acara pesta. Kalaupun memakainya pastikan anda mengenakan blazer yang serasi di bagian luarnya. Mengapa demikian? Karena memaksa memakai pakaian yang terlampau terbuka justru membuat Anda nampak tidak menghormati perusahaan yang memanggil Anda wawancara kerja.

5. Memakain pullover dan jaket kulit

Pullover mungkin terlihat keren begitu juga dengan jaket kulit. Namun bukan saatnya memakai kedua fashion item tersebut saat wawancara kerja. Bahkan jika Anda sangat menggemarinya. Pilih saja baju lengan panjang dan dasi yang apik untuk pria, atau dress dengan blazer bagi wanita. Memakainya selama beberapa jam untuk wawancara takkan menyakiti Anda.

6. Terlihat tidak bersih dan rapi

Tampilan bersih dan rapi sangat penting bagi Anda saat melakoni wawancara. Jangan sampai Anda muncul di ruangan interview dengan baju kusut, rambut berantakan, dan tubuh yang bau. Begitu juga dengan membiarkan kuku kotor dan panjang-panjang. Hal-hal semacam ini jelas mengurangi daya tarik Anda bahkan sebelum wawancara dimulai. Oleh karena itu perhatikan penampilan Anda, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sesaat sebelum menuju ruang wawancara pergilah ke toilet dan lihatlah kembali bagaimana penampilan Andaβ€”apakah jas, celana, atau rambut masih rapi atau perlu diperbaiki. Jangan lupakan juga sepatu Anda, jika kotor segera bersihkan. Baru kemudian Anda melangkah ke ruang wawancara.

7. Terlampau banyak perhiasan

Tak ada yang melarang Anda memakai perhiasan. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan.
Pilihlah yang sederhana dan terkesan profesional untuk melengkapi busana kerja Anda semisal jam tangan. Kalaupun Anda gemar memakai cincin, kenakan cukup satu saja. Simpan lainnya di kotak perhiasan Anda.

8. Jangan memperlihatkan tato atau tindikan

Agar aman, saat menghadiri wawancara segala tindikan atau piercing di tubuh Anda dilepas saja. Begitu juga jika Anda memiliki tato. Lebih baik tutupi tato dengan baju atau samarkan dengan make up.

Nah, sekarang Anda sudah siap melakukan wawancara. Semoga sukses!

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet πŸ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen πŸ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top