Connect with us

Tips rumah

8 Dekorasi Kerajinan Keramik yang Bikin Rumah Terlihat Artistik

Published

on

dekorasi kerajinan keramik

Siapa coba yang tak ingin rumahnya terlihat lebih indah dan menarik? Unsur keindahan dalam sebuah rumah tentunya berpengaruh juga pada kenyamanan penghuninya juga, lho. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai berbagai dekorasi kerajinan keramik yang bisa membuat rumah Anda terlihat lebih artistik.

Tak hanya itu, kami juga akan membahas beberapa sentra kerajinan keramik yang paling terkenal di Indonesia. Baca sampai selesai, ya! 🙂

8 Dekorasi Kerajinan Keramik yang Bikin Rumah Terlihat Artistik

Salah satu cara untuk membuat tampilan rumah Anda jadi lebih artistik dan indah dilihat adalah dengan menggunakan kerajinan keramik. Berikut ini ada beberapa dekorasi kerajinan keramik yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

1. Pot bunga

dekorasi kerajinan keramik

Credit: alibaba.com

Dekorasi kerajinan keramik yang pertama adalah pot bunga. Bagi Anda penggemar tanaman hias bisa coba gunakan kerajinan keramik untuk menambah keindahan rumah. Keunggulan lain dari pot keramik yaitu membuat tanaman lebih awet dibandingkan menggunakan pot plastik.

Kerajinan pot keramik saat ini memiliki desain yang bermacam-macam. Mulai dari bentuk dan warna, Anda bisa menyesuaikannya dengan tema rumah Anda. Kerajinan pot keramik saat ini dipercantik dengan teknik finishing yang sangat halus sehingga terlihat lebih mulus dan elegan.

Kerajinan pot keramik ini tak hanya berfungsi untuk meletakkan tanaman bunga saja, lho. Anda juga bisa menanam tanaman hias seperti sukulen atau kaktus.

Baca juga: 5 Cara Tepat Merawat Kerajinan Anyaman Agar Awet dan Tetap Indah

2. Vas bunga

kerajinan keramik

Credit: elevenia.co.id

Selain pot bunga, vas bunga juga termasuk dekorasi kerajinan keramik yang dapat Anda gunakan. Jika pot umumnya menggunakan media tanam berupa tanah. Vas bunga bisa digunakan untuk tanaman yang menggunakan media air. Vas bunga dari keramik dengan desain yang menarik akan membuat rumah Anda terlihat lebih cantik.

Untuk jenis bunga atau tanaman daun yang minimalis, Anda bisa gunakan pot dengan desain warna yang atraktif agar tampilan rumah terlihat lebih segar. Sedangkan untuk jenis bunga yang berwarna, sebaiknya gunakan vas yang lebih sederhana dari segi warna dan desain. Hal ini untuk menyeimbangkan tampilan vas bunga secara keseluruhan.

3. Piring

kerajinan keramik

Credit: m.dekoruma.com

Dekorasi kerajinan keramik yang selanjutnya yaitu piring. Piring keramik ini memang dirancang khusus sebagai dekorasi untuk mempercantik tampilan rumah. Umumnya dekorasi kerajinan piring keramik ini diletakkan di dinding. Namun ada juga dekorasi piring keramik yang diletakkan di atas meja atau di dalam lemari kaca.

Dekorasi piring keramik ini bisa membuat dinding rumah yang tampak kosong jadi terlihat lebih unik dan artistik. Anda bisa gantungkan beberapa piring keramik di dinding ruang tamu untuk membuat para tamu terkesan.

Anda bisa meletakkannya dengan pola acak agar terlihat semakin artistik. Pilih kerajinan piring keramik dengan motif dan ukuran yang berbeda-beda untuk menonjolkan kesan ceria pada ruangan.

4. Cangkir

kerajinan keramik

Credit: lovelydecor.sk

Cangkir juga bisa jadi dekorasi kerajinan keramik yang artistik. Kerajinan cangkir keramik umumnya mempunyai desain yang berbeda dari cangkir yang biasa digunakan untuk minum. Desain unik inilah yang membuatnya cocok dijadikan penghias interior ruangan.

Terdapat berbagai desain cangkir keramik yang bisa Anda pilih. Mulai dari yang bergaya simpel minimalis, warna-warni, hingga kaya dengan motif. Anda bisa meletakkannya di dalam lemari kaca ataupun di rak khusus untuk pajangan.

5. Jam dinding

kerajinan keramik

Credit: botswana.desertcart.com

Dekorasi kerajinan keramik yang satu ini juga tak kalah menarik, lho. Kerajinan jam dinding keramik tak hanya memperindah tampilan rumah secara visual tapi juga bersifat fungsional. Selain berfungsi sebagai penanda waktu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai dekorasi yang artistik.

Terdapat banyak desain cantik maupun unik dari kerajinan jam dinding keramik ini. Namun pastikan bahwa jam dinding keramik ini bisa berfungsi dengan baik ya, agar tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja tapi juga sebagai penanda waktu. Pasang jam dengan paku yang kuat agar benar-benar menempel dengan baik dan aman di dinding.

6. Lampu

kerajinan keramik

Credit: indonesian.alibaba.com

Tak hanya jam dinding, dekorasi kerajinan keramik yang juga memiliki sisi fungsionalitas dan dekoratif lainnya adalah lampu keramik. Kerajinan keramik yang satu ini akan membuat rumah Anda tampak lebih indah sekaligus mendapatkan cahaya yang cukup.

Kerajinan lampu keramik ini bisa Anda letakkan di meja kamar atau ruang keluarga. Umumnya lampu hias seperti ini hanya berfungsi sebagai lampu yang memberi cahaya tambahan karena cahayanya cenderung redup sehingga memberikan kesan lebih hangat pada ruangan.

7. Guci

kerajinan keramik

Credit: id.carousell.com

Dekorasi kerajinan keramik berikutnya yaitu guci. Guci seringkali dianggap sebagai salah satu dekorasi interior yang sangat artistik karena mempunyai nilai seni yang cukup tinggi. Maka tak heran jika dekorasi kerajinan guci keramik ini biasanya diletakkan di sudut ruang tamu untuk memberikan kesan yang cantik pada tamu-tamu yang berkunjung.

Kerajinan guci keramik tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar. Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran ruangan di rumah Anda. Untuk ruangan yang besar bisa diletakkan guci dengan ukuran yang besar. Namun jika ruangan termasuk kecil, sebaiknya letakkan guci dengan ukuran yang kecil pula agar tampak seimbang.

8. Hiasan dinding

kerajinan keramik

Credit: indonesian.alibaba.com

Dekorasi kerajinan keramik yang terakhir adalah hiasan dinding. Meletakkan hiasan dinding dari keramik merupakan cara paling tepat untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik dan artistik. Hiasan dinding berbahan keramik tersedia dalam berbagai desain yang super cantik, lho.

Mulai dari desain kelopak bunga, bentuk abstrak, hingga bentuk-bentuk yang unik lainnya. Anda dapat memilih yang sesuai dengan tema rumah Anda.

Itulah berbagai dekorasi kerajinan keramik yang menarik untuk Anda gunakan. Nah, sekarang mari kita simak beberapa sentra kerajinan keramik di Indonesia yang paling terkenal.

5 Sentra Kerajinan Keramik di Indonesia

Kita patut bersyukur dan bangga dengan kerajinan keramik di Indonesia, sebab beberapa sentra kerajinan keramik berikut ini tak hanya memasarkan produknya di dalam negeri saja, lho. Mereka juga memasarkan produknya ke mancanegara, seperti Jepang, Eropa, hingga ke Amerika Serikat. Penasaran daerah mana saja yang menjadi sentra kerajinan keramik di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Purwakarta

Sentra kerajinan keramik di Purwakarta tepatnya terletak di kawasan Desa Anjun, Pamoyanan, dan Citeko. Di sini Anda bisa menemukan berbagai kerajinan keramik berkualitas tinggi. Di kawasan ini kerajinan keramik bukan hanya dijadikan sebagai sumber mata pencaharian saja tapi juga sebagai warisan budaya yang dilakukan secara turun temurun.

2. Yogyakarta

Yogyakarta juga merupakan sentra kerajinan keramik yang paling terkenal di Indonesia. Tepatnya berada di kawasan Bantul, sebelah selatan Yogyakarta. Kerajinan keramik di kawasan ini telah ada sejak Tahun 1970 an, lho. Hingga kini kerajinan keramik dari Bantul ini masih tersohor dan banyak diburu kolektor keramik.

3. Malang

Sentra kerajinan keramik yang lainnya terdapat di Malang, tepatnya di daerah Dinoyo. Kerajinan keramik dari kawasan ini sudah ada sejak Tahun 1957. Ciri khas dari kerajinan keramik Dinoyo ini terletak pada corak serta desainnya yang terinspirasi dari keindahan alam, seperti bunga, daun, maupun tumbuhan lainnya.

4. Minahasa

Minahasa juga termasuk salah satu sentra kerajinan keramik yang terkenal di Indonesia. Di kawasan ini kerajinan keramik dianggap sebagai warisan kebudayaan dari nenek moyang yang hingga kini masih dilestarikan secara turun temurun. Bahkan anak-anak di kawasan tersebut banyak yang sudah mahir membuat kerajinan keramik.

5. Singkawang

Sentra kerajinan keramik yang terakhir dalam daftar ini adalah kawasan Singkawang. Awal mulanya kerajinan keramik di Singkawang ini datang dari kebudayaan Tiongkok. Itu sebabnya banyak corak serta desain keramik dari Singkawang ini yang merupakan perpaduan antara kebudayaan Indonesia dan Tiongkok.

Demikian beberapa sentra kerajinan keramik yang paling terkenal di Indonesia. Tertarik untuk mendekorasi rumah Anda dengan kerajinan keramik? Yuk, dicoba! 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer